Menulis Riwayat Hidup Anda Sendiri: Satu Jam Otobiografi

Menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat sebagai pedoman untuk memulai menulis riwayat hidup Anda.

1,988 views   |   1 shares
  • Menulis riwayat hidup pribadi sendiri terdengar seperti suatu hal yang menakutkan. Anda berharap Anda bisa memulainya tahun lalu, namun, sayangnya, kenangan Anda hanya disimpan di situ- disimpan di kepala Anda di mana tidak ada orang lain yang dapat menemukannya. Apa yang harus dilakukan?

  • Pilihlah alat-alat tulis yang Anda suka: pulpen dan kertas, ketik dokumen di komputer, laptop atau tablet, perekam digital atau apa pun teknologi baru untuk merekam pikiran Anda, dan mari kita bermain beberapa pertanyaan. Lebih baik lagi, serahkan daftar pertanyaan ini kepada anak atau cucu Anda dan biarkan mereka mewawancarai Anda. Wawancara ini akan menjadi waktu berharga yang Anda luangkan bersama.

  • Setel alarm penghitung waktu selama satu jam dan jawablah dengan singkat. Pertanyaan-pertanyaan ini adalah sebagai pedoman. Hanya jawab pertanyaannya saja. Jangan menjawab dengan terlalu rumit. Anda hanya memiliki satu jam. Siap, ....mulai.

    1. Nama lengkap (termasuk nama gadis, jika berlaku).

    2. Tanggal dan lokasi Lahir (hari / bulan / tahun; nama rumah sakit, kota, kabupaten,provinsi/ negara).

    3. Kewarganegaraan saat lahir (kota, daerah, provinsi/ negara).

    4. Nama orangtua, termasuk nama gadis orang tua.

    5. Kewarganegaraan lainnya (kota, daerah, provinsi / negara).

    6. Nama dan lokasi SMA dan kuliah. (Hanya nama SMA dan tahun lulus Anda, dan jangan menuliskan tentang seseorang yang Anda taksir di SMA, ingat Anda hanya punya waktu satu jam).

    7. Nama pasangan Anda, termasuk nama gadisnya.

    8. Pasangan Anda berasal dari mana (kota, daerah, provinsi/negara)

    9. Tanggal dan lokasi pernikahan. (Jangan menghabiskan waktu menuliskan tentang resepsi pernikahan. Jam terus berdetak. Akan ada waktu untuk itu nanti).

    10. Tempat tinggal saat menikah (kota, daerah, provinsi/ negara).

    11. Tempat tinggal sekarang (buat daftar, tapi jangan menuliskan warna rumah pertama Anda atau menuliskan tentang Anda merenovasi rumah Anda untuk menambahkan kamar tidur untuk si kembar. Maju ke pertanyaan berikutnya).

    12. Pekerjaan (kerja apa, di mana, tanggal pensiun jika berlaku).

    13. Keanggotaan klub/Organisasi Relawan.

    14. Hobi / Bakat / Penghargaan.

    15. Nama anak-anak dan suami istri mereka (termasuk nama gadisnya) dan tempat tinggal mereka (kota, daerah, provinisi / negara).

    16. Cucu (jumlah cucu laki-laki dan cucu perempuan, dan nama dari masing- masing cucu).

    17. Cicit (jumlah cicit laki-laki dan cicit perempuan, dan nama masing-masing cicit).

    18. Saudara-saudara, pasangan mereka dan tempat tinggalnya (nama kota mereka tinggal dan provinsinya saja).

  • Advertisement
  • Sekarang taruh pensil Anda. Anda baru saja selesai membuat kerangka otobiografi Anda. Jika Anda perhatikan, Anda juga baru saja menulis Anda sendiri. Terkejut? Jangan berpikir bahwa menulis riwayat hidup itu mengerikan. Kerabat Anda akan berterima kasih ketika saatnya tiba. Berbaikhatilah dan anggaplah ini sebagai persiapan pidato Anda. Keluarga dan kerabat Anda akan merasa berterima kasih kepada Anda karena mereka dapat melakukannya dengan benar.

  • Jika masih ada waktu, masukkan beberapa pertanyaan lainnya seperti cerita favorit, nyanyian favorit, lagu yang sedang populer, makanan favorit, warna dan tempat liburan favorit. Daftar ini tak ada habisnya. Setelah Anda mulai mengenang masa-masa kehidupan Anda, Anda akan merasa kecanduan untuk tetap menulis. Jangan hiraukan waktu, teruslah menulis.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Writing your own life story: One-hour autobiography” karya Susan Knight.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Susan Knight is an award-winning journalist from southeastern Pennsylvania and happy Utah transplant. Contact her at: tobel.knight@gmail.com.

Menulis Riwayat Hidup Anda Sendiri: Satu Jam Otobiografi

Menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat sebagai pedoman untuk memulai menulis riwayat hidup Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr