6 tips mengasuh agar anak merasa dihargai dan disayangi

Terkadang sikap orangtua yang selalu merasa benar dalam mengasuh anak dapat membuat anak merasa tidak dihargai dan menjadi memberontak. Untuk itu, janganlah terlalu keras dalam mengasuh anak-anak Anda.

5,113 views   |   8 shares
  • Mengasuh anak tidaklah mudah karena apa yang menurut Anda baik belum tentu baik di mata anak-anak Anda, apalagi anak-anak yang mulai mengerti dengan sekitarnya. Terkadang sikap orangtua yang selalu merasa benar dalam mengasuh anak membuat anak merasa tidak dihargai dan menjadi memberontak. Untuk itu, janganlah terlalu keras dalam mengasuh anak-anak Anda. Buatlah mereka merasa disayangi dan dihargai, dengan begitu mereka akan lebih mendengar dan menghargai Anda. Bagaimana caranya? Ini tipsnya.

  • 1. Kontak mata

  • Ajarkanlah anak menatap mata lawan bicara. Setiap kali anak Anda berbicara dengan Anda, lakukanlah kontak mata secara langsung, sebagai tanda Anda merespon perkataannya. Sesekali, berikan pula mereka senyuman saat berbicara dengan Anda, agar mereka terbiasa belajar ramah ketika berbicara dengan orang lain dalam kondisi apapun.

  • 2. Kata-kata kasih sayang

  • Jangan berbicara dengan anak dengan teriakan atau kata-kata kasar. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orangtua yang arogan. Sebaliknya, bicaralah pada anak Anda dengan lemah lembut dan sering menggunakan kata-kata sayang, misalnya "baik, Sayang", "anakku tersayang", "hati-hati ya anakku sayang", "kamu pasti bisa, Sayang", dan sebagainya. Ketika mereka sedang melakukan kesalahan sekalipun, jangan meneriaki atau mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan karena akan membuat hati mereka terluka. Dengan melakukan hal ini, secara tidak langsung Anda akan membuat anak Anda merasa sangat dicintai dan dihargai oleh Anda.

  • 3. Komunikasi yang lancar

  • Berkomunikasilah dalam segala hal dengan anak-anak Anda. Tanyakaapa yang mereka alami hari ini, kendala yang mereka hadapi, hal menarik yang mereka sukai hari ini dan sebagainya. Jangan pernah bosan bertanya pada mereka, agar mereka juga dapat terbiasa berkomunikasi dengan Anda. Komunikasi yang lancar antara Anda dan anak akan membuat hubungan kalian semakin dekat dan selalu terjaga.

  • 4. Memberikan motivasi

  • Sesekali, ajak anak berbicara empat mata sambil melakukan hal menarik agar anak tidak bosan. Berikanlah anak Anda wejangan atau motivasi untuk hidup mereka. Anda dapat mengambil contoh dari teladan keluarga atau lingkungan sekitarnya. Ini bertujuan agar memberikan pemahaman untuk menjadi anak yang baik.

  • 5. Memberi pujian

  • Jangan pernah bosan memberikan pujian pada anak Anda, karena ini akan mendorongnya untuk menjadi lebih baik. Berikan pujian dalam aktivitas sehari-hari atau saat dia berlomba. Baik menang atau kalah, tetaplah berikan dia pujian. Katakan padanya betapa Anda sangat bangga padanya dan bahwa dia telah berusaha dengan baik.

  • Advertisement
  • 6. Mau mendengarkan pendapat anak

  • Banyak orang dewasa yang selalu merasa dirinya benar dibanding anak-anak. Padahal, tidak hanya orangtua yang selalu mau didengar dan dihargai, anak-anak pun juga begitu. Meskipun Anda mungkin tidak setuju dan menganggap anak Anda salah, tetapi sebaiknya Anda menghargai pendapat mereka. Cukup dengan mendengarkan pendapat anak, anak akan merasa dihargai oleh Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

6 tips mengasuh agar anak merasa dihargai dan disayangi

Terkadang sikap orangtua yang selalu merasa benar dalam mengasuh anak dapat membuat anak merasa tidak dihargai dan menjadi memberontak. Untuk itu, janganlah terlalu keras dalam mengasuh anak-anak Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr