Pergelangan kaki bengkak, mengapa?

Pergelangan kaki bengkak adalah biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi pergelangan kaki yang terus bengkak atau yang diiringi dengan gejala-gejala lain dapat menandakan masalah kesehatan yang serius.

4,812 views   |   6 shares
  • Pergelangan kaki bengkak itu hal yang umum dan tidak perlu dikhawatirkan, khususnya bila Anda terlalu banyak berdiri atau berjalan. Tetapi pergelangan kaki yang terus bengkak atau diiringi gejala lain dapat menandakan masalah kesehatan yang serius. Ada beberapa penyebab pembengkakan pergelangan kaki, di bawah ini ada saran-saran kapan mesti ke dokter.

  • Komplikasi kehamilan

  • . Pergelangan kaki yang bengkak pada masa kehamilan adalah normal. Tetapi pembengkakan yang mendadak mungkin merupakan tanda bahwa tekanan darah tinggi dan protein pada air seni meningkat sesudah minggu ke-20 kehamilan. Jika Anda mengalami pembengkakan serius diiringi gejala-gejala lain seperti nyeri di bagian perut, sakit kepala, buang air kecil tidak teratur, mual-mual dan muntah, atau perubahan penglihatan, pergilah ke dokter segera.

  • Cedera pada pergelangan kaki

  • Cedera pada pergelangan kaki dapat mengakibatkan pembengkakan. Yang paling umum ialah keseleo pergelangan kaki. Hal ini terjadi bila cedera atau salah langkah, menyebabkan otot yang mengikat pergelangan kaki pada tempatnya terentang melebihi kemampuannya. Untuk mengatasinya, hindari berjalan dengan kaki yang sakit itu, kompres pergelangan kaki dengan es dan naikkan kaki ke bangku. Jika pembengkakan dan rasa sakit parah atau tidak membaik dengan perawatan di rumah, pergilah ke dokter.

  • Lymphedema

  • Ini adalah kumpulan cairan getah bening pada jaringan tubuh yang dapat terjadi karena tidak adanya kelenjar getah bening atau karena adanya masalah dengan kelenjar ini. Getah bening adalah cairan penuh protein yang biasanya bergerak antara jaringan kelenjar dan kapilari. Cairan ini disaring melalui kelenjar getah bening, yang menangkap dan menghancurkan zat-zat yang tidak diinginkan, seperti bakteria. Namun bila ada persoalan dengan kelenjar itu, getah beningnya tidak dapat mengalir. Kumpulan getah bening yang tidak dibereskan dapat memperlambat kesembuhan luka, mengakibatkan peradangan dan cacat tubuh. Lymphedema umum terjadi sesudah terapi dengan radiasi atau pada pasien yang kena kanker dan harus dibuang kelenjarnya. Jika Anda pernah mengalami terapi untuk kanker dan mengalami pembengkakan, pergilah ke dokter segera.

  • Penyakit hati, jantung atau ginjal

  • Bila ginjal tidak berfungsi dengan semestinya, cairan dapat terbentuk pada tubuh. Penyakit hati atau liver dapat mempengaruhi albumin, yaitu semacam protein yang diproduksi hati guna menjaga agar darah tidak bocor keluar dari kapsulnya dan membasahi jaringan di sekitarnya. Kekurangan albumin dapat menyebabkan kebocoran cairan. Daya tarik bumi mengakibatkan berkumpulnya cairan di kaki dan pergelangannya. Namun cairan juga dapat berkumpul di perut dan dada. Jika pembengkakan disertai gejala-gejala lain, termasuk kelelahan, kehilangan selera makan, dan bertambahnya berat badan, pergilah ke dokter segera. Jika Anda merasa sesak napas atau dada terasa sakit, tertekan, atau terhimpit, panggillah ambulans.

  • Advertisement
  • Dampak samping dari obat-obatan

  • Obat-obatan seperti hormon estrogen (yang terdapat pada obat anti hamil dan terapi pergantian hormon), anti depresan, obat kencing manis, darah tinggi dan beberapa lainnya dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Kadang-kadang ada baiknya menanggung kaki yang bengkak demi kesembuhan penyakit Anda. Tetapi bila bengkaknya parah Anda hendaknya meminta dokter mengganti obat supaya bengkak di kaki hilang.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pergelangan kaki bengkak, mengapa?

Pergelangan kaki bengkak adalah biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi pergelangan kaki yang terus bengkak atau yang diiringi dengan gejala-gejala lain dapat menandakan masalah kesehatan yang serius.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr