Memutuskan untuk Melahirkan di Rumah atau di Rumah Sakit

Jika anda sedang mencoba untuk memutuskan memilih antara persalinan di rumah atau di rumah sakit, pertanyaan penting yang mungkin muncul adalah, “Jenis layanan kesehatan apa yang saya perlukan ketika melahirkan anak saya nanti?”

3,433 views   |   0 shares
  • Ketika memutuskan untuk memilih antara melahirkan di rumah atau di rumah sakit, sangat penting untuk mempelajari terlebih dahulu dampak baik dan buruk dari keduanya. Deborah Flansburg adalah seorang bidan bersertifikat dari Logan, Utah, menjelaskan, “Rumah sakit memiliki pro dan kontra. Pro, obat-obatan untuk rasa sakit dan unit gawat darurat adalah 2 alasan utama mengapa wanita yang akan melahirkan kebanyakan dirujuk ke rumah sakit. Hal yang kontra di rumah sakit terlalu banyak penanganan sehingga memperbesar kemungkinan infeksi. Dengan memilih melahirkan di rumah Anda bisa merasakan kehangatan lingkungan dan mengurangi kemungkinan untuk terserang infeksi, tapi Anda perlu ingat rumah tidak dilengkapi dengan peralatan untuk mendukung keadaan darurat.”

  • Jo Olivarez, seorang ibu dari empat anak yang pernah memiliki pengalaman melahirkan di rumah sakit dan di rumah, berharap para wanita bisa diberi kebebasan memilih selama masa kehamilan dan persalinan, tidak perlu khawatir dan hanya bergantung pada satu pendapat. “Tidak setiap persalinan harus dilakukan di rumah dan tidak setiap persalinan memerlukan penanganan di rumah sakit. Dia mengatakan. “Dimanapun Anda melahirkan, penting adanya ahli yang memahami bagaimana seharusnya kelahiran yang normal tanpa gangguan berlangsung.”

  • Menurut Olivarez, yang lebih suka melahirkan di rumah, hal terbaik ketika melahirkan di rumah adalah, “Anda bisa bersandar pada suami mengendong bayi yang baru dilahirkan dengan tali pusat yang masih menempel dan berdenyut serta kulit yang belum dibersihkan,” Olivarez juga mengatakan, dia menikmati suasana tenang ketika orang-orang yang terlibat dalam proses persalinan menatap bayi yang baru dilahirkannya.

  • Olivarez memiliki beberapa nasehat bagi para ibu yang sedang mencari paramedis profesional yang berkualitas. “Sama seperti ketika Anda mewawancarai dan mensyaratkan jenjang pendidikan tertentu untuk perawatan anak Anda, Anda harus melakukan hal yang sama ketika mencari seorang bidan. Anda harus mengetahui jenis perbedaan pendidikan mereka, berapa lama mereka praktek, rintangan apa sajakah yang sering mereka hadapi selama membantu proses persalinan, bagaimana sikap mereka ketika dalam menghadapi tekanan dan yang penting Anda harus menyukai mereka.”

  • Memilih jenis proses persalinan untuk bayi Anda

  • Jika Anda sedang mencoba untuk memutuskan memilih antara persalinan di rumah atau di rumah sakit, pertanyaan penting yang mungkin muncul adalah, “Jenis jasa layanan kesehatan apa yang saya perlukan ketika melahirkan anak saya nanti?”

  • Advertisement
  • Jasa layanan persalinan di rumah

  • Para bidan membantu proses persalinan di rumah dan mereka lulusan sekolah bidan atau telah mempelajari ketrampilan itu sendiri. Calon ibu dapat meminta rujukan dari teman atau keluarga untuk mencari bidan yang berpengalaman.

  • Jasa layanan persalinan di rumah sakit

  • Dokter kandungan adalah dokter medis yang memiliki spesialisasi dalam kesehatan wanita dan persalinan bayi. Mereka dapat melakukan bedah sesar dan persalinan khusus di rumah sakit. Tugas mereka adalah membantu para ibu dan bayi agar selamat dengan menerapkan metode-metode medis yang diperlukan. Mereka seringkali menangani para ibu yang memerlukan pengobatan atas rasa sakit selama proses persalinan atau mereka yang memiliki kehamilan beresiko tinggi.

  • Pelatih persalinan

  • Nicki Hope, seorang pelatih kelahiran dan siswa kebidanan yang sedang belajar untuk menjadi bidan profesional bersertifikat, mengakui bahwa di awal karirnya sebagai pelatih kelahiran, melahirkan di rumah kelihatan sangat radikal. “Saya tidak pernah bertemu dengan seseorang yang pernah melahirkan di rumah,” Dia berkata, “dan saya tidak pernah membayangkannya bagi diri saya pribadi. Namun lambat laun saya menjadi penuh semangat dengan pilihan saya mengenai pendidikan persalinan ini.”

  • Tetapi melalui seluruh pengalamannya sebagai pelatih kelahiran dan bidan pandangan dia tentang pilihan melahirkan di rumah dan kebidanan menjadi berubah. “Bidan sebenarnya adalah seorang profesional yang telah terlatih dan untuk berjaga-jaga mereka selalu membawa perlengkapan darurat bersamanya.” Hope menjelaskan, “Kami mengenal pasien kami dengan sangat baik selama kehamilan, sehingga masalah utama telah bisa diselesaikan atau sebelum persalinan terjadi bisa membuat rujukan kepada seorang dokter. Tetapi kesempatan itu jarang terjadi, para bidan sangat terlatih untuk menangani hal-hal seperti “bayi yang terlambat bernapas, pendarahan, dan lain sebagainya. Para bidan juga siap merujuk ke rumah sakit jika dirasa perlu.”

  • Sejak tujuh belas tahun yang lalu Deborah telah menjadi seorang perawat. “Saya telah membantu kelahiran beberapa bayi – secara tidak sengaja – ketika bekerja sebagai seorang perawat di rumah bersalin. Saya sangat menikmatinya. Saya suka menjadi penasihat untuk para wanita dan bayi.” Bagaimanapun juga, dia menganjurkan untuk melahirkan di rumah sakit. “Saya pernah melihat bayi meninggal yang seharusnya masih bisa diselamatkan jika seandainya mereka dilahirkan ke rumah sakit.”

  • Advertisement
  • Sementara itu antara melahirkan di rumah sakit atau di rumah memiliki tantangan dan kenyamanan yang berbeda, keduanya juga menyediakan pengalaman-pengalaman yang unik dan kenangan sekali seumur hidup – kelahiran anak anda. Tidak peduli apapun keputusan yang Anda buat, yang terpenting adalah membuat keputusan yang tepat buat Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli "Home births vs. hospital births" karya Miranda H. Lotz.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Miranda H. Lotz is an avid book lover, mother and adoring wife. She blogs about her journey as a mother of a special-needs child at timeinthevineyard.blogspot.com.

Memutuskan untuk Melahirkan di Rumah atau di Rumah Sakit

Jika anda sedang mencoba untuk memutuskan memilih antara persalinan di rumah atau di rumah sakit, pertanyaan penting yang mungkin muncul adalah, “Jenis layanan kesehatan apa yang saya perlukan ketika melahirkan anak saya nanti?”
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr