Kuat di jiwa, kuat di raga berkat rajin membantu sesama

Dalam kegiatan bersosialisasi, banyak yang bisa dilakukan, seperti berbagi dan saling membantu dengan orang lain, yang ternyata bisa membawa banyak sekali manfaat baik untuk diri kita sendiri.

2,052 views   |   shares
  • Manusia merupakan makhluk sosial, yang sejatinya perlu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan bersosialisasi tersebut, banyak yang bisa dilakukan, seperti berbagi dan saling membantu dengan orang lain, yang ternyata bisa membawa dampak positif bagi kehidupan.

  • Menurut Ratih Ibrahim, seorang psikolog dari Personal Growth, faktanya kegiatan saling membantu, salah satunya dengan menjadi relawan misalnya, memiliki hubungan dengan tingkat kesehatan seseorang. "Ya! Dengan menjadi relawan, seseorang dapat merasa senang, memberi kepuasan pribadi, menenangkan pikiran, yang berujung pada mental yang sehat dan kesehatan fisik yang lebih baik," ungkap Ratih dalam sebuah konferensi pers bersama Nutrifood, pekan lalu.

  • Oleh sebab itu, dengan ragam manfaat kebaikan yang bisa didapatkan, alangkah baiknya jika kebiasaan baik menolong orang lain ditanamkan dalam keluarga. Tentu kehidupan keluarga akan menjadi lebih tenteram dan damai. Terlebih jika kita tanamkan pada anak-anak kita sedini mungkin.

  • Cara paling mudah tentu dengan membiasakan anak untuk berbagi kepada teman-temanya yang membutuhkan. Ia menambahkan, orang tua sebagai pendidik anak paling utama, juga dapat menjadi contoh yang baik untuk menunjukkan kebiasaan tersebut kepada buah hatinya.

  • "Namun terkadang, kesibukan sebagai orang tua tentu membuat ada banyak keterbatasan terutama hal waktu. Namun, ternyata banyak cara untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan menjadi relawan. Misalkan berbagi cerita profesi dan motivasi cita-cita melalui sebuah yayasan pendidikan, menyumbangkan buku atau ikut berpatisipasi dalam iuran publik, bakti sosial, dan masih banyak lagi," jelas Ratih.

  • Ratih juga mengingatkan, dengan semakin banyaknya kebaikan yang diberikan seseorang bagi orang lain di sekitarnya, maka makin sehat pula jiwa orang tersebut. "Nah, jiwa yang sehat, melahirkan fisik yang kuat dan sehat pula, karena sel-sel di dalam tubuh kita sedang bekerja dengan baik. Ini sudah pasti banyak memberi kebaikan dalam hidup," lanjutnya.

  • Anda pun bisa mulai menerapkannya dengan lebih peka dan meperhatikan orang-orang di lingkungan Anda. Dengan saling mebantu, Anda juga bisa menyambung tali silaturahmi dan memperbaiki hubungan dengan orang lain. Selain itu, Anda juga bisa membangun citra dan pikiran positif dalam kehidupan Anda.

  • "Dalam hidup ini, jadilah orang yang bermanfaat. Jika tidak bisa, jadilah orang yang menyenangkan orang lain. Jika tidak bisa juga, minimal jadilah orang yang tidak merugikan atau menyusahkan orang lain." -Ridwan Kamil, Walikota Bandung-

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Kuat di jiwa, kuat di raga berkat rajin membantu sesama

Dalam kegiatan bersosialisasi, banyak yang bisa dilakukan, seperti berbagi dan saling membantu dengan orang lain, yang ternyata bisa membawa banyak sekali manfaat baik untuk diri kita sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr