Orangtua yang tidak kompak dalam mengasuh anak

Apakah semua orangtua yang kompak dan sejalan dalam mendidik anak mereka akan menghasilkan seorang anak yang baik?

3,131 views   |   20 shares
  • Apakah semua orang tua yang kompak dan sejalan, akan menghasilkan anak-anak yang berkepribadian baik? Benarkah pendapat yang menyatakan bahwa anak-anak yang bermasalah adalah mereka yang berasal dari keluarga broken home atau karena ketidakkompakan orangtua mereka? Pada kenyataannya, banyak juga anak-anak yang bermasalah, berasal dari keluarga yang utuh, dalam arti ayah dan ibunya masih bersama. Hal ini bisa saja terjadi kemungkinan disebabkan oleh tidak adanya kesatuan hati atau kesatuan prinsip antara ayah dan ibu dalam mengasuh anak-anak. Terkadang, walaupun kelihatannya orangtua sejalan dalam mendidik anak, namun sebenarnya jalan yang ditempuh mereka berbeda. Perbedaan prinsip dan cara mendidik yang tidak sama antara ayah dan ibu kerap kali menimbulkan perdebatan. Bahkan ironisnya lagi, perdebatan mereka terjadi di depan anak-anak mereka, sehingga dari kejadian itu anak belajar memanipulasi satu pihak yang dianggap benar atau pihak yang dianggap lemah.

  • Kompak dalam mengasuh anak sangat penting!

  • Seharusnya sebelum memiliki anak, setiap orangtua harus terlebih dahulu mendiskusikan bagaimana cara yang paling efektif dan tepat untuk mendidik dan mengasuh anak mereka kelak. Antara suami istri harusnya kompak menetapkan suatu peraturan dan menjalankannya secara konsisten. Sehingga jika nantinya salah satu dari suami atau istri melakukan kesalahan dalam melakukannya, Anda dapat menegur pasangan Anda seperti yang seharusnya. Namun, tetap ingat, tegurlah pasangan Anda di belakang anak Anda. Jika Anda berdua merasa peraturan yang Anda buat belum juga efektif dan tepat, tidak ada salahnya jika Anda membicarakannya lagi dengan pasangan untuk dilakukan perubahan.

  • Salah satu dari Anda harus bisa menjadi sosok yang disegani oleh anak. Antara ayah dan ibu harus ada yang menjadi bagian "negatif" dan lainnya bagian yang "positif". Bagian "negatif" bukan berarti Anda harus menjadi orangtua yang berperilaku buruk atau kasar, tetapi berperilaku yang tegas, disiplin namun tetap dalam batas sewajarnya.

  • Ada ayah yang mengeluhkan anaknya susah diatur dan suka membangkang jika disuruh belajar. Berbagai peraturan beserta sangsinya sudah diterapkan. Sayangnya, sang istri malah menegur suaminya, karena menganggap suaminya terlalu keras kepada anaknya. Yang terjadi, pada saat sang suami sedang menjalankan tugasnya untuk membuat anaknya agar mau belajar, sang istri karena rasa ibanya, berkata "tidak usah belajar terlalu keras, ada saatnya dia akan mau belajar sendiri". Dua perbedaan sikap dari orangtuanya ini, akan membuat anak bingung dan tanpa berpikir panjang yang dipilih anak adalah yang menyenangkannya dan membuat anak merasa bebas dari tanggung jawabnya. Ketika sang ibu berusaha menjadi pahlawan di depan anaknya, artinya ia sedang menunjukkan suatu kelemahan yang besar pada dirinya sendiri dan juga kepada anaknya.

  • Advertisement
  • Dampak negatif jika orangtua tidak kompak dalam mengasuh anak

  • Terkadang Anda diharuskan untuk sedikit tega demi masa depan anak Anda. Jika Anda dan pasangan Anda tidak kompak dalam mengasuh ini hanya akan memberikan dampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Sikap yang terlalu memanjakan dan mengikuti keinginan anak juga tidak baik, karena lama kelamaan anak akan menjadi pribadi yang suka membangkang, seenaknya, tidak punya rasa hormat kepada orangtua dan menganggap remeh semua peraturan yang ada. Karena sang anak tidak merasa punya tanggung jawab.

  • Hidup Anda dikelilingi oleh berbagai peraturan, terapkan juga pada anak-anak Anda. Kompaklah dalam berbagai hal yang menyangkut kehidupan anak Anda, jika Anda benar-benar sayang kepada mereka. Kompaklah dalam membuat peraturan belajar, bermain, dan bersosialisasi. Kompaklah demi pertumbuhan anak Anda agar menjadi pribadi yang baik dan kompaklah demi pertumbuhan hubungan Anda dan pasangan Anda menjadi lebih erat.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Orangtua yang tidak kompak dalam mengasuh anak

Apakah semua orangtua yang kompak dan sejalan dalam mendidik anak mereka akan menghasilkan seorang anak yang baik?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr