Begini ternyata caranya meningkatkan bakat dan kreativitas si kecil!

Latihlah anak untuk meningkatkan bakat dan kreativitasnya sejak dini, untuk memudahkan anak menemukan impian dan jati dirinya nanti. Bagaimana caranya? Simaklah langkah-langkah sederhana berikut ini.

1,592 views   |   shares
  • Setiap manusia tentu saja memiliki bakat alami atau talenta masing-masing. Namun tidak semua menyadari bakatnya. Ini mungkin karena sejak kecil orangtuanya tidak mengarahkan bakat si anak, sehingga anak tidak menyadari bakatnya, dan tidak mengasahnya. Memang, ada beberapa anak yang terlahir memiliki bakat dan kreativitas alami tanpa perlu diarahkan, tetapi tak semua begitu. Bagaimana dengan anak Anda?

  • Jika Anda belum mengetahui apa bakat anak Anda, yuk segera cari tahu! Kemudian bantulah dia mengasah bakatnya. Bagaimana caranya? Simak tip berikut ini.

  • Memberi pilihan

  • Saat anak sudah bisa bicara, Anda sudah memberinya berbagai pilihan. Misalnya dengan bertanya pada si kecil, dia suka warna apa, atau suka menari atau musik, atau olahraga apa yang disukainya. Bebaskanlah anak untuk memilih, dan pintar-pintarlah membaca selera anak sehingga Anda dapat membantu mengarahkannya.

  • Membaca

  • Membaca adalah awal tepat meningkatkan kreativitas si kecil. Luangkan waktu setiap hari untuk membaca bersama si kecil. Manfaatkanlah gadget dan tablet untuk mengajak si kecil membaca buku secara online melalui internet. Tugas Anda sebagai orangtua adalah mengawasi pemakaian teknologi bagi si kecil. Dengan membuat si kecil gemar membaca, ia akan mendapatkan banyak informasi berguna, dan kreativitasnya akan bertambah.

  • Tidur yang cukup

  • Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kreativitas si kecil lho. Ketika anak tidur dengan cukup, otomatis dia tidak akan merasa mudah lelah saat beraktivitas. Tidur yang nyenyak mampu membantu si kecil menciptakan imajinasi melalui mimpinya. Mimpi yang indah inilah ternyata dapat meningkatkan kreativitas dalam otak si kecil.

  • Latihan

  • Latihlah bakat si kecil baik dengan mengajarinya secara langsung atau mendaftarkannya les yang dibimbing oleh guru pribadi. Dengan sering berlatih, tentu bakat si kecil akan semakin berkembang, dan dia dengan sendirinya pula akan menjadi kreatif dalam mengeksplorasi dirinya sendiri. Dan ketika si kecil selalu disiplin dalam berlatih, apa pun bakat yang dimilikinya, tentu masa depannya akan semakin cerah.

  • _Refreshing_

  • Tidak hanya orang dewasa yang perlu refreshing, si kecil juga perlu istirahat sejenak untuk menghilangkan penat atau kebosanan dari rutinitasnya. Untuk itu, berikanlah dia waktu istirahat setelah beraktivitas, misalnya dengan memberikan dia untuk melakukan apa saja yang disukainya selama sejam, seperti nonton, bermain dan sebagainya. Lakukan secara bergantian, antara belajar, latihan, dan bermain. Dengan begitu si kecil tidak pernah bosan. Dan jika perlu, ajaklah si kecil pada akhir pekan ke tempat liburan keluarga.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Begini ternyata caranya meningkatkan bakat dan kreativitas si kecil!

Latihlah anak untuk meningkatkan bakat dan kreativitasnya sejak dini, untuk memudahkan anak menemukan impian dan jati dirinya nanti. Bagaimana caranya? Simaklah langkah-langkah sederhana berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr