Tips merayakan kemerdekaan Indonesia bersama keluarga tercinta

Sambut dan rayakanlah hari kemerdekaan dengan penuh suka cita bersama keluarga tercinta dengan melakukan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat bagi keluarga Anda.

1,830 views   |   2 shares
  • Hari kemerdekaan Indonesia telah tiba. Pernak-pernik yang bernuansa merah putih telah bertebaran di sepanjang jalan-jalan. Semua masyarakat turut antusias menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia. Ada yang ikut berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan dan masih banyak lagi yang melakukan berbagai macam acara sebagai wujud semangat nasionalisme cinta pada bangsa. Bagaimana dengan keluarga Anda? Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan bersama keluarga untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

  • Membuat dekorasi kemerdekaan bersama

  • Pada umumnya setiap rumah selalu memasang bendera merah putih yang disertai umbul-umbul yang berwarna-warni untuk meramaikan suasanya. Dalam merayakan kemerdekaan ini, ajaklah seluruh anggota keluarga Anda untuk membuat dekorasi kemerdekaan bersama-sama. Baik dengan memasang bendera di depan rumah, memasang lampion-lampion merah putih dihalaman rumah, dan sebagainya. Anda bisa mengajarkan anak-anak mendekorasi rumah mengunggunakan barang bekas seperti bolol atau gelas plastik untuk dijadikan hiasan bergantungan dan mewarnainya bersama-sama.

  • Ikut meramaikan lomba di dekat rumah

  • Biasanya, di setiap kelurahan atau komples perumahan diadakan perlombaan bagi masyarakat setempat. Misalnya lomba-lomba yang berkaitan dengan kemerdekaan seperti berpuisi, membaca teks proklamasi, berbagai macam lomba untuk anak-anak dan yang paling melekat dengan perayaan kemerdekaan ini adalah lomba panjat pinang. Ajak keluarga Anda untuk ikut serta meramaikan kegiatan perayaan kemerdekaan di dekat rumah Anda. Tidak hanya dapat mengajarkan anak-anak pentingnya peringatan kemerdekaan bangsa kita, tetapi ini juga dapat mengajarkan anak untuk bersosialisasi dan rasa gotong royong dalam bermasyarakat. Di samping itu, anak-anak Anda juga akan semakin percaya diri.

  • Menonton upacara peringatan hari kemerdekaan bersama

  • Pada hari memperingati kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, selalu ada liputan upacara bendera di Istana Negara yang disiarkan secara langsung ke seluruh stasiun televisi di Indonesia. Jika Anda dan anak-anak tidak mengikuti upacara bendera secara langsung seperti di kantor atau di sekolah, ajaklah anak-anak dan keluarga untuk menonton siaran langsung upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia bersama. Sambil menonton bersama, jelaskan beberapa pengetahuan umum yang Anda ketehui tentang kemerdekaan dan upacara tersebut pada anak-anak Anda. Sehingga pelan-pelan, Anda dapat menanamkan semangat nasionalisme pada anak-anak Anda sejak dini dan anak akan mengetahui pentingnya kemerdekaan bagi masa depan mereka.

  • Advertisement
  • Ke tempat bersejarah

  • Cara menarik lainnya yang dapat Anda lakukan bersama keluarga untuk mengisi kebersamaan bersama keluarga di hari kemerdekaan adalah dengan mengunjungi tempat bersejarah di daerah sekitar Anda dan keluarga. Misalnya pergi ke Taman Proklamasi tempat pertama kali Soekarno Hatta memproklamasikan kemerdekaan, atau ke Monumen Nasional, ke Gedung Proklamasi di Jakarta, atau tempat bersejarah lainnya di kota Anda. Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga Anda dan semakin meningkatkan kebersamaan bersama keluarga Anda.

  • Berlomba bersama keluarga

  • Tips terakhir merayakan kemerdekaan bersama keluarga adalah dengan mengadakan perlombaan bersama. Tidak hanya mengikuti perlombaan di sekitar rumah saja, anak-anak tentu tetap semangat berlomba bersama keluarga. Lakukan perlombaan standar dan mudah seperti, makan kerupuk, mengambil koin menggunakan mulut, memasukkan pensil ke botol dan sebagainya. Kegiatan seru ini akan menambah keceriaan pada keluarga Anda di hari kemerdekaan ini.

  • Sambut dan rayakanlah kemerdekaan Anda dengan penuh suka cita bersama keluarga tercinta dengan melakukan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat bagi keluarga Anda. Selamat Hari Raya Kemerdekaan Indonesia!

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips merayakan kemerdekaan Indonesia bersama keluarga tercinta

Sambut dan rayakanlah hari kemerdekaan dengan penuh suka cita bersama keluarga tercinta dengan melakukan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat bagi keluarga Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr