5 Cara untuk Memperkuat Keluarga Melalui Dewan Keluarga

Mengadakan dewan pengambilan keputusan keluarga secara teratur adalah cara bagus untuk memperkuat ikatan keluarga dan meningkatkan keutuhan keluarga.

375 views   |   shares
  • Mengadakan dewan pengambilan keputusan keluarga secara teratur adalah cara bagus untuk memperkuat ikatan keluarga dan meningkatkan keutuhan keluarga. Karena setiap anggota keluarga terlibat dalam masalah keluarga dan berpartisipasi dalam memecahkan konflik, anak-anak belajar keterampilan hidup, termasuk komunikasi, pemecahan masalah, perencanaan, disiplin diri, dan rasa hormat bagi orang lain. Anggota keluarga didorong untuk mempertimbangkan banyak pilihan sebagai kemungkinan solusi masalah, membuat keputusan berdasarkan informasi yang tersedia, dan menerima konsekuensi dari keputusan mereka.

  • Jika Anda mengenali area di mana keluarga Anda dapat perbaiki, pertimbangkan dewan pengambilan keputusan keluarga sebagai kemungkinan solusi. Jika keluarga Anda sedang bebas masalah, Anda mungkin dapat menjadikan dewan keluarga sebagai kebiasaan sekarang untuk bersiap menghadapi masalah di masa depan, yang pasti akan muncul. Berikut adalah beberapa gagasan bagaimana Anda dapat menjadikan dewan keluarga sebagai bagian positif dalam rutinitas keluarga.

  • 1. Tentukan cara kerja dewan keluarga

  • Tentukan di mana pertemuan akan diadakan, seberapa sering, apa jenis hal-hal yang akan dibahas, siapa yang akan memimpin diskusi, berapa lama pertemuannya akan berlangsung, apa saja aturan pertemuan, dan bagaimana Anda memastikan kekhawatiran setiap orang didengar dan dibahas. Buatlah aturan bahwa setiap orang akan dapat berbagi opini mereka tanpa interupsi. Jangan izinkan pertengkaran. Memutuskan terlebih dahulu bagaimana dewan keluarga akan diadakan akan memberikan anggota keluarga kepercayaan diri dan akan memastikan pertemuannya akan berjalan lancar.

  • 2. Utamakan musyarawah mufakat alih-alih pengambilan suara

  • Pada kenyataannya, keluarga Anda tidak dapat berjalan sebagai demokrasi murni. Bayangkan semua anak Anda bekerja sama menuntut kenaikan uang saku, jam tidur yang lebih larut, dan permen sebagai menu makan malam. Oleh karena itu, bahaslah masalah yang telah Anda tentukan sebelumnya dan dengarkan saran mereka tentang cara memecahkan masalah itu. Berusahalah untuk mendengarkan gagasan dan saran semua orang, tetapi ingatlah Anda bertanggung jawab untuk mengambil keputusan akhir. Sebagai orang tua, keputusan Anda harus mempertimbangkan kepentingan dan kesejahteraan bersama, dan Anda tidak boleh membiarkan anak-anak Anda membuat keputusan yang akan merugikan mereka.

  • 3. Berbicaralah dengan saksama

  • Pastikan anak-anak memahami bahwa memperbolehkan mereka memberi masukan tentang masalah keluarga tidak berarti mereka sekarang dapat membuat keputusan sendiri. Ketika itu menyangkut aturan dan tanggung jawab keluarga, anak-anak Anda tidak boleh diberikan pilihan untuk mematuhinya atau tidak. Bicarakan masalah ini dengan saksama agar anak-anak Anda tahu bahwa mereka diberi batasan tentang hal-hal yang dapat mereka lakukan.

  • Advertisement
  • 4. Pastikan Anda menindaklanjuti keputusan yang telah dibuat

  • Agar keluarga Anda memperoleh kesan bahwa keputusan yang dibuat selama dewan keluarga adalah serius dan penting, Anda perlu selalu membahas dan menindaklanjutinya. Misalnya, jika Anda memutuskan bahwa setiap anak bertanggung jawab untuk menyelesaikan PR tanpa harus diminta, Anda harus mengkaji ulang masalah ini dan mencari tahu apakah ini dilaksanakan atau tidak. Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali keputusan ini dan mempertimbangkan pilihan lainnya. Apa pun itu, Anda tidak boleh membiarkan penyelesaian tugas dan tanggung jawab begitu saja.

  • 5. Gunakan dewan keluarga sebagai waktu untuk membahas jadwal dan kegiatan mendatang

  • Meluangkan waktu setiap minggu membahas apa yang sedang dijalani setiap anggota keluarga akan membangkitkan minat dalam kegiatan satu sama lain dan membantu menghindari konflik jadwal. Pertimbangkan mengisi kalender keluarga. Mintalah setiap orang menulis apa yang mereka lakukan setiap hari dalam seminggu. Putuskan apa kegiatan yang akan dihadiri semua anggota keluarga. Tentukan kapan dewan keluarga berikutnya akan diadakan. Berkoordinasi dengan cara ini akan memastikan tidak ada yang tertinggal ketika keluarga mulai sibuk mengerjakan tugas dan kegiatan masing-masing.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "5 ways to strengthen your family through family councils" karya Lynn Scoresby.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Cara untuk Memperkuat Keluarga Melalui Dewan Keluarga

Mengadakan dewan pengambilan keputusan keluarga secara teratur adalah cara bagus untuk memperkuat ikatan keluarga dan meningkatkan keutuhan keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr