12 tips dapur yang memudahkan Anda memasak

Ketika akan membuat kue, usahakan tidak mengocok telur ketika baru dikeluarkan dari dalam lemari es, jika tidak adonan kue yang Anda buat tidak akan mengembang.

1,917 views   |   4 shares
  • Kesalahan dalam mengolah makanan seringkali membuat rasa dan bentuk masakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Seorang pemenang ajang pencarian bakat MasterChef, Lucky, memberikan beberapa tips dalam mengolah makanan agar hasil yang diperoleh memuaskan, berikut ini di antaranya:

  • 1. Agar telur yang baru saja direbus mudah dikupas, masukkan telur panas-panas segera ke dalam air es.

  • 2. Anda takut menggoreng cabe karena khawatir akan meletup dan melukai kulit? Iris sedikit cabe supaya udara dapat keluar sewaktu digoreng, sehingga tidak akan meletup.

  • 3. Agar tahu tahan lama dan tidak berbau segera siram dengan air panas, kemudian keringkan dan simpan di dalam tempat yang rapat seperti Tupperware.

  • 4. Ketika akan mengolah kangkung, selada, atau sayuran air lainnya, cuci bersih lebih dulu dan pastikan tidak ada cacing, ulat, dan sebagainya. Setelah dipotong, segera rendam sayuran ke dalam cairan berisi larutan garam selama beberapa menit.

  • 5. Hati-hati dengan telur busuk. Seringkali ibu-ibu mengalami kerugian akibat terlanjur memasukkan telur busuk ke dalam adonan kue atau makanan yang sedang dimasak. Tes sederhana adalah masukkan telur ke dalam air, kemudian lihat apakah ada yang mengambang atau tidak. Yang mengambang sudah mengalami proses pembusukan.

  • 6. Ketika akan membuat kue, usahakan tidak mengocok telur yang baru dikeluarkan dari lemari es, jika tidak adonan kue yang Anda buat tidak akan mau mengembang.

  • 7. Ketika menyimpan sayuran ke dalam lemari es, bungkuslah dengan kertas agar air embun dapat diserap oleh kertas, sehingga tidak membuat sayuran menjadi cepat busuk.

  • 8. Sediakan satu wajan khusus untuk mengoreng ikan dan satu khusus untuk menumis bumbu. Jika Anda menggunakan wajan yang sama, ikan akan lengket dan tekstur ikan rusak.

  • 9. Mata pedih akibat mengupas bawang merah itu sudah biasa, karena bawang mengandung senyawa flavonoid, fenol dan minyak astiri dalam jumlah besar. Untuk itu, rendam dulu bawang merah ke dalam larutan garam setelah dikupas, atau olesi talenan dengan cuka sebelum mengiris.

  • 10. Kulkas yang bau sangat menyebalkan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengupas kulit jeruk lemon dan meletakkannya di dalam kulkas, atau meletakkan bubuk kopi ke dalam wadah terbuka. Namun, cara paling efektif adalah menjaga kebersihan kulkas dengan mencucinya minimal seminggu sekali dan hindari menyimpan benda-benda berbau tajam dalam jangka lama.

  • 11. Jika Anda menyimpan daging ke dalam freezer, potonglah kecil-kecil terlebih dahulu sesuai yang Anda butuhkan. Agar daging awet dan tidak berbau, usahakan daging tidak terlalu sering keluar masuk lemari pendingin yang memungkinkan bakteri pembusuk cepat berkembang biak.

  • Advertisement
  • 12. Gunakan baking soda membersihkan noda pada peralatan memasak seperti bekas kunyit atau noda kecoklatan akibat panas dari api. Campur baking soda dengan sedikit air, diamkan sesaat, kemudian gosokkan pada peralatan memasak. Ulangi beberapa kali jika noda masih membandel.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

12 tips dapur yang memudahkan Anda memasak

Ketika akan membuat kue, usahakan tidak mengocok telur ketika baru dikeluarkan dari dalam lemari es, jika tidak adonan kue yang Anda buat tidak akan mengembang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr