Hobi unik memandikan jenazah

Lakukan kegemaran atau hobi untuk melayani orang lain dengan kesungguhan hati dan keikhlasan di dalam jiwa Anda, niscaya akan mendatangkan pahala bagi kehidupan Anda.

1,035 views   |   4 shares
  • Setiap individu memiliki kegemaran dan kesenangan yang berbeda. Dan biasanya seseorang akan puas dan bahagia bila dapat melakukan kegemarannya tersebut. Tetapi, bagaimana dengan kegemaran yang satu ini, yaitu memandikan jenazah? Adakah rasa senang dan puas? Kalau perawat rumah sakit dan petugas itu sudah kewajibannya. Ada juga tradisi agama yang mewajibkan beberapa anak lelaki memandikan ayahnya. Apa sebabnya seseorang bisa memiliki kegemaran yang satu ini, simak ceritanya.

  • Pengalaman pertama Siti (20 th)

  • Seorang wanita bernama Siti memiliki teman wanita Tini yang suatu hari mengalami kecelakaan sewaktu bekerja sebagai asisten rumah tangga. Dia mengalami kecelakaan serius yang dengan cepat sekali menyebabkan kematiannya. Sore itu Siti langsung membawa jenazah temannya ke Rumah Sakit dan meletakkannya di kamar jenazah. Keesokan paginya dia ke ruangan itu dan mendapati jenazah temannya belum dimandikan. Sedikit bingung apa yang harus dilakukannya yang jelas tubuh temannya perlu dibersihkan. Segera dia mencari sabun dan handuk dengan meminjam pada petugas. Inilah kali pertama bagi Siti memandikan jenazah. Dia memakaikan pakaian putih panjang pada tubuh Tini dan meriasnya agar terlihat rapi dan cantik.

  • Mengapa dia mau melakukannya?

  • Hati seseorang tidak pernah bisa ditebak, begitu pula halnya dengan Siti semangat dan keinginannya yang tercurah begitu saja. Kalau dipikir-pikir ada banyak petugas di kamar jenazah, mengapa tidak bayar mereka saja untuk memandikannya. Hal yang terbesit dalam hati kecilnya adalah keinginan melayani temannya pada saat itu. Perasaan Siti yang tulus mengalahkan segala-galanya, tanpa ada rasa ngeri atau takut dia melakukannya, meski ada banyak mayat di ruangan tersebut.

  • Pelayanan berubah menjadi hobi

  • Memang bila ingin melayani sesama Anda harus bisa melupakan sifat-sifat manusia yang hanya memikirkan untung ruginya. Bagi seorang Siti melayani jenazah dalam hal ini memandikan serta meriasnya menjadi kesenangannya. Apalagi jenazah tersebut tidak akan terlihat pucat tetapi bisa tampil seperti semasa hidupnya. Dia tidak segan-segan memakai kebutuhan pribadinya seperti pemerah bibir ataupun bedak untuk dioleskan ke wajah jenazah. Itulah kegemarannya dan dia merasa berbahagia bila dapat melakukan kebiasaan tersebut.

  • Hobi 'unik' yang terus berlanjut

  • Pengalaman pertama menjadikan Siti menikmati dan berlanjut terus melakukan hobi 'unik'nya dengan melayani sesama tanpa dibayar. Tidak bisa dihitung jumlah orang yang sudah dimandikannya. Dari satu keluarga ke keluarga lainnya dia menyalurkan kegemarannya pada saat kedukaan akibat kematiaan orang-orang terkasih. Dalam kondisi seperti itu Siti merasa beruntung karena dia diingatkan kembali untuk selalu bersyukur atas kehidupannya. Sekarang di usia Siti yang memasuki 57 tahun dengan keterbatasan fisik oleh karena kesehatan tubuhnya dia mulai mengajak orang-orang di sekitarnya untuk melakukan hobi yang sama dengan dirinya yang tidak lagi dapat menyalurkan hobinya sesering yang dia lakukan semasa muda.

  • Advertisement
  • Hobi yang memberi rasa syukur dan damai

  • Perasaan Siti tidak terbebani dalam melakukan hobi 'unik'nya malahan pengertiannya bertambah tentang arti kehidupan. Dia tahu bahwa tidak ada seorang pun di dunia yang akan luput dari maut. Baik kaya atau miskin semua akan mengalaminya. Itulah hikmah karunia kehidupan dari yang Maha Kuasa hingga memberikan rasa syukur dan damai bagi jiwanya.

  • Pesan Siti, lakukan kegemaran atau hobi untuk melayani orang lain dengan kesungguhan hati dan keikhlasan di dalam jiwa Anda. Niscaya akan mendatangkan pahala bagi kehidupan Anda.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Hobi unik memandikan jenazah

Lakukan kegemaran atau hobi untuk melayani orang lain dengan kesungguhan hati dan keikhlasan di dalam jiwa Anda, niscaya akan mendatangkan pahala bagi kehidupan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr