7 prinsip mencintai dalam pernikahan

Jika dalam suatu pernikahan, antara suami dan istri mau berkomitmen untuk setia dan taat akan "prinsip mencintai dalam pernikahan", maka pernikahan yang bahagia akan menjadi bagian mereka.

21,614 views   |   41 shares
  • Pernikahan adalah suatu hubungan sakral dan intim yang terjalin antara sepasang suami istri atas dasar saling mencintai. Cinta bagi setiap pasangan merupakan kunci membuka lembaran baru dalam dunia pernikahan. Cinta juga merupakan dasar untuk membangun kehidupan berumah tangga. Namun, cinta bukanlah satu-satunya hal yang bisa menjamin kebahagiaan pernikahan Anda. Cinta membutuhkan pelengkap-pelengkap lain untuk menyempurnakan pernikahan Anda. Karena Anda tidak sempurna, maka Anda memerlukan seseorang untuk menyempurnakan hidup Anda. Jika dalam suatu pernikahan, antara suami dan istri mau berkomitmen untuk setia dan taat akan "prinsip mencintai dalam pernikahan", maka pernikahan yang bahagia akan menjadi bagian mereka. Berikut 7 prinsip mencintai yang harus Anda lakukan agar pernikahan Anda selalu bahagia.

  • 1.Mendengar tanpa menyela

  • Masalah yang sering terjadi dalam pernikahan adalah ketika Anda gagal menjadi pendengar yang baik bagi pasangan Anda. Ini bisa menjadi masalah yang serius dalam hubungan antar pribadi. Manusia memang cenderung ingin berbicara daripada mendengar. Sepertinya mendengar adalah sesuatu yang berat untuk Anda lakukan. Namun, jika Anda sudah menjadi pasangan suami dan istri, Anda harus mulai belajar untuk mendengar apapun yang pasangan Anda ingin ceritakan, baik menyangkut masalah kehidupan, perasaan, kebutuhan dan harapannya. Belajarlah menjadi pendengar yang baik tanpa harus menyela. Beri kesempatan pasangan Anda untuk berbicara. Maka, pasangan Anda merasa dia dihargai.

  • 2 .Memberi tanpa batas

  • Suami dan istri yang saling mencintai pastinya akan rela memberikan apa saja yang terbaik yang ada dalam dirinya untuk bisa membahagiakan pasangannya. Memberi terus menerus dan selalu memberi tanpa batas itulah prinsip mencintai. Apa saja yang Anda bisa berikan? Misalnya cinta, perhatian, kasih sayang, perlindungan, kebutuhan keluarga dan kenyamanan. Semuanya harus Anda berikan kepada orang yang Anda cintai sampai selama-lamanya. Orang yang berani memberi tanpa batas, artinya dia menjadikan dirinya seperti payung, yang rela memberikan perlindungan untuk pasangannya pada waktu hujan atau panas.

  • 3 .Mendoakan tanpa henti

  • Anda pasti yakin pasangan hidup Anda yang sekarang adalah pasangan yang sepadan yang Tuhan berikan kepada Anda. Tetapi jika di kemudian hari dalam pernikahan Anda, Anda kerap kali menemukan ketidakcocokkan atau sering terjadi perselisihan dengan pasangan Anda, apakah Anda masih bisa berpikir bahwa pasangan Anda adalah orang yang tepat yang diberikan oleh Tuhan? Untuk itu, Anda sebaiknya meminta pimpinan dan perlindungan dari Tuhan dalam menjalani pernikahan Anda. Mendoakan pasangan Anda tanpa henti adalah satu-satunya cara bahwa Anda mencintai pasangan yang Tuhan sudah tempatkan dalam hidup Anda.

  • Advertisement
  • 4 .Menjawab tanpa berbantah

  • Nah ini yang sering kali membuat cinta seseorang memudar kepada pasangannya. Jika Anda atau pasangan Anda adalah tipe orang yang suka berbantah jika ditanya atau diajak berbicara, hatilah-hatilah, ini awal dari percekcokkan. Mulailah untuk belajar menjawab setiap pertanyaan yang ada tanpa berbantah apalagi dengan nada yang tinggi.

  • 5.Mengasihi tanpa berpura-pura

  • Mengasihi pasangan Anda harus benar-benar Anda nikmati dengan kejujuran hati perasaan Anda. Akan sungguh sangat mengganggu dan menyakitkan apabila Anda hanya bersandiwara mengasihi pasangan Anda. Apapun keadaannya cinta kasih lah yang mempersatukan Anda berdua.

  • 6 .Mengerjakan tanpa bersungut

  • Berani mengambil keputusan untuk berumah tangga, berarti harus berani melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Suami bertanggung jawab mengerjakan tugasnya sebagai kepala rumah tangga, menjamin kehidupan keluarganya. Istri bertanggung jawab mengerjakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, mengatur kehidupan dalam keluarga. Masing-masing tugas itu hendaknya Anda kerjakan dengan kesesungguhan hati tanpa perlu mengeluh dan bersungut-sungut. Karena itulah pernikahan.

  • 7 .Memaafkan tanpa dendam

  • Anda dan pasangan Anda pasti pernah melakukan kesalahan baik itu kesalahan yang kecil ataupun kesalahan yang sangat fatal yang bisa berdampak pada pernikahan Anda. Kesalahan atau perbuatan yang tidak mengenakkan bagi pasangan Anda, baik yg sedang terjadi ataupun yang pernah terjadi di masa lalu Anda berdua, jangan jadikan itu senjata untuk menyerang pasangan Anda. Semua pasangan suami istri di dunia ini pernah melakukan kesalahan. Tetapi tidak semua dari mereka mau mengampuni dan memaafkan pasangannya. Bahkan yang lebih parahnya ada dendam yang tidak pernah padam. Jangan sampai itu terjadi pada pernikahan Anda. Tidak memaafkan dan menaruh dendam, hanya membuat rumah tangga Anda jatuh dan tidak berarti.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

7 prinsip mencintai dalam pernikahan

Jika dalam suatu pernikahan, antara suami dan istri mau berkomitmen untuk setia dan taat akan "prinsip mencintai dalam pernikahan", maka pernikahan yang bahagia akan menjadi bagian mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr