Bahagiakanlah selagi mereka masih ada

Cintai dan hargai mereka disela-sela kesibukan Anda. Bila masih diberi kesempatan, jangan menunda-nunda waktu untuk membuat mereka bahagia. Kebahagiaan mereka adalah masa depan Anda.

5,113 views   |   14 shares
  • "Setiap orang akan menghadapi yang namanya hari tua, orangtua kita yang sekarang adalah masa depan kita" (star magazine). Kutipan ini tentu akan sangat berarti dan menyentuh setiap hati pembacanya. Artinya masa depan kita dibangun oleh orangtua kita. Anda yang saat ini sedang menjalani kehidupan menjadi orangtua tentu setuju dengan pendapat ini. Anda tentu akan berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak Anda. Baik tenaga, perlindungan, kasih sayang, materi, segala kebutuhan sandang pangan, termasuk waktu dalam hidup Anda. Lalu, mengapa setiap orangtua rela melakukan semua hal itu? Tentu saja di balik pengorbanannya, mereka hanya ingin melihat anaknya bahagia.

  • Memang semua pengorbanan mereka adalah tanggung jawab dan kewajiban yang harus mereka lakukan. Tidak perlu kita tuntut pun, mereka akan melakukannya demi kita. Namun, mereka tidak hanya melakukan semuanya hanya karena tanggung jawab dan kewajiban semata. Mereka melakukan semuanya juga atas dasar cinta dan kasih yang tulus tanpa mengharapkan balasan dari Anda. Mereka tidak berpikir, menjadi orangtua adalah tugas dan kewajiban. Namun, mereka akan lebih bahagia jika berpikir, menjadi orangtua adalah anugrah terbesar dan tidak ternilai harganya, yang harus mereka lalui dan tuntaskan sampai anak-anak mereka tumbuh menjadi seperti mereka dan dapat berkata " Terima kasih ayah ibuku, aku bahagia terlahir menjadi anakmu, aku bahagia tumbuh bersama kalian, aku bahagia menjadi bagian dari setiap waktu yang kalian lalui dan aku bersyukur memiliki orangtua seperti kalian".

  • Sungguh, harapan seperti itu adalah kebahagiaan yang sejati orangtua kita impikan. Lalu, bagaimana respons kita sebagai anak untuk mewujudkan impian mereka tersebut? Bisakah kita berlaku sepantasnya untuk membalas semua pengorbanan mereka? Pernahkah Anda membuat orangtua Anda menangis karena sikap dan tutur kata Anda yang menyakitkan? Mungkin, jika pertanyaan itu datang kepada Anda, Anda akan menjawab sambil menundukkan kepala dan menangis. Ironisnya, sadar atau tidak sadar yang terjadi seringkali kita membuat mereka sedih dan kecewa.

  • Seburuk, sejelek, seegois, sekuno bahkan sejahat-jahatnya orangtua kita, mereka tetap orangtua kita, yang bagaimana pun kondisi yang terjadi, cinta dan kasih sayang mereka tidak akan berubah kepada kita. Lakukan kewajiban kita sebagai anak. Menjaga hati dan perasaan mereka, menghormati setiap keputusan mereka, patuh dan, menyayangi mereka, membuat mereka bangga dan memberi mereka kebahagiaan itulah tugas kita. Jangan pernah menyakiti mereka dengan alasan apapun, jika Anda tidak ingin hidup Anda berujung dengan penyesalan. Seringkali tanpa kita sadari, hanya dengan tutur kata saja yang keluar dari mulut kita, kita sudah menyakiti hati mereka. Bagaimanapun keadaannya, tolong jangan ucapkan kalimat-kalimat seperti ini kepada mereka :

  • Advertisement
  • 1."Kok kalian cerewet banget sih"

  • Mereka hanya peduli dan memastikan Anda baik-baik saja.

  • 2. "Kalau tidak ada yang penting, nanti kalian telepon kembali, sekarang saya lagi sibuk, tidak bisa diganggu!!" Terkadang mereka tidak punya alasan hanya untuk sekedar mendengar dan berbicara kepada Anda.

  • 3."Orangtua tahu apa, sekarang zamannya beda, jangan ikut campur deh!"

  • Mereka mungkin tidak tahu pendapat atau masukan dari mereka itu baik atau tidak buat Anda, mereka hanya ingin tahu apa yang Anda hadapi.

  • 4. "Kalian kok kampungan banget sih, penampilan kalian itu sudah ketinggalan zaman!

  • Mungkin mereka kuno dan kampungan bagi Anda, tapi tidakkah Anda berpikir, dari penampilan mereka yang kuno itu, terlahir penampilan yang modern di diri Anda yang sekarang?

  • 5. "Jangan diingatkan lagi, saya sudah cukup besar dan mengerti!"

  • Mereka hanya berusaha membantu Anda sampai Anda dapat berkata "terima kasih telah mengingatkan saya"

  • 6." Kalau kalian tidak mengerti, jangan bertanya terus, saya bisa mengatasinya sendiri"

  • Mereka bertanya karena mereka khawatir, mereka hanya ingin terlibat membantu masalah Anda.

  • Posisikan diri Anda sebagai orangtua, maka Anda akan dapat merasakan apa yang mereka rasakan. Anda tidak akan pernah tahu, sampai kapan mereka akan hidup untuk Anda. Anda bahkan tidak akan tahu bagaimana masa depan Anda tanpa mereka. Sayangilah orangtua Anda selagi mereka ada. Cintai dan hargai mereka di sela-sela kesibukan Anda. Bila masih diberi kesempatan, jangan menunda-nunda waktu untuk membuat mereka bahagia. Kebahagiaan mereka adalah masa depan Anda.

Bantu kami menyebarkan

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Bahagiakanlah selagi mereka masih ada

Cintai dan hargai mereka disela-sela kesibukan Anda. Bila masih diberi kesempatan, jangan menunda-nunda waktu untuk membuat mereka bahagia. Kebahagiaan mereka adalah masa depan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr