6 rahasia agar ‘bebas cemas’ dalam menghadapi masalah

Persoalan hidup selalu ada dan rasa cemas tidak akan membantu dan bermanfaat dalam mengatasinya. Karena “setiap masalah adalah sebuah karunia dan tanpa masalah kita tidak dapat tumbuh dan berkembang” (Anthony Robbins).

3,183 views   |   1 shares
  • Persoalan dalam kehidupan akan terus bergulir selama masih ingin hidup di dunia. Memang itulah faktanya. Saat ini banyak di antara kita yang hidup dengan banyak rasa cemas dan kekhawatiran. Bagaimana caranya agar dapat memerangi rasa cemas menghadapi masalah hidup? Kebahagiaan dalam hidup tidak pernah absen dengan persoalan. Persoalan hidup selalu ada dan rasa cemas tidak akan membantu dan bermanfaat dalam mengatasinya. Karena "setiap masalah adalah sebuah karunia dan tanpa masalah kita tidak dapat tumbuh dan berkembang" (Anthony Robbins).

  • 1.Pilah-pilah masalahnya

  • Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah mencegah rasa cemas ini mengambil alih kehidupan Anda. Bila rasa cemas berlarut-larut, tanggung jawab Anda menjadi terganggu sebagai ibu rumah tangga, istri dan bahkan sebagai wanita karier. Seperti halnya perahu bocor yang tidak segera ditambal lama-lama bisa menenggelamkan orang-orang yang berada di dalamnya. Segeralah isolasi masalah yang timbul sehingga tidak merembet ke yang lain. Usahakan masalah tersebut tidak mengganggu kegiatan Anda sebagai ibu maupun ayah agar anak-anak tidak cemas, dan berdampak dalam hubungan keluarga atau pun keuangan Anda.

  • 2.Kuasai masalahnya

  • Apabila timbul masalah yang berpotensi menyebabkan Anda cemas, 'berhentilah' sejenak. Hindari bertindak berlebihan sebelum Anda memahami dan mempunyai cukup informasi tentang masalah tersebut. Memang lebih mudah merasa takut bila tidak tahu, cobalah untuk memahami apa yang menyebabkan masalah itu terjadi. Semakin baik Anda mengerti sesuatu, berkuranglah rasa cemas tentang hal tersebut.

  • 3.Antara harapan dan kenyataan

  • Selalu berusaha yang terbaik, memiliki harapan dan bahkan mukjizat dari Sang Pencipta memang perlu dilakukan. Pada saat yang sama, Anda bersiap untuk kemungkinan yang terburuk. Harus diketahui apa realitanya, kemudian menyusun alternatif penyelesaian masalah. Kadang-kadang masalah tidak bisa diselesaikan sepenuhnya, paling tidak memperkecil dampak buruknya. Petuah kuno menyatakan, 'bila kamu siap kamu akan tidak takut'.

  • 4.Buatlah keputusan

  • Membiarkan masalah dengan harapan masalah itu akan selesai dengan sendirinya kadang tidak efektif. Setiap masalah perlu pemecahan. Agar mendapatkan solusi yang terbaik, perlu dibuat alternatif penyelesaian sekaligus memerinci risiko yang akan timbul bila keputusan dibuat. Bila perlu dan masalahnya tidak terlalu pribadi, diskusikan dengan mereka yang sudah punya pengalaman. Bagaimanapun beratnya persoalan, keputusan harus dibuat untuk mengatasinya.

  • Advertisement
  • 5.Lakukan tindakan

  • Segera setelah keputusan dibuat, lakukan tindakan. Dengan bertindak maka Anda akan tahu hasilnya. Dalam kondisi lingkungan yang terus bergerak cepat, bisa saja tindakan Anda yang sudah dipertimbangkan dengan masak-masak masih belum menuntaskan masalah. Terus lakukan penyempurnaan seiring tindakan-tindakan Anda.

  • 6.Biarkanlah masalah itu berlalu

  • Setelah selesai melakukan segala sesuatunya Anda harus siap dengan segala konsekuensi yang akan timbul, bahkan kemungkinan yang terburuk sekalipun. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi 'cemas' mengenai hal itu setelah tidak dapat melakukan apa pun. Berdamailah dengan diri Anda atas masalah tersebut dan maju untuk menghadapi babak baru dalam kehidupan.

  • Seperti halnya para calon binaragawan yang mesti latihan beban dengan tekun untuk berhasil, demikianlah pula Sang Pencipta membiarkan 'beban' menghampiri hidup Anda agar menjadi kuat. Yang perlu dijaga adalah jangan sampai karena tutur kata dan perilaku yang tidak 'pas', Anda menanggung masalah dalam hidup. Setiap dari Anda diberi kekebasan untuk memilih apa saja yang Anda ingin lakukan, namun ingatlah bahwa tidak seorangpun bisa memilih akibat yang ditimbulkannya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

6 rahasia agar ‘bebas cemas’ dalam menghadapi masalah

Persoalan hidup selalu ada dan rasa cemas tidak akan membantu dan bermanfaat dalam mengatasinya. Karena “setiap masalah adalah sebuah karunia dan tanpa masalah kita tidak dapat tumbuh dan berkembang” (Anthony Robbins).
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr