Jangan biarkan rasa cemburu dalam persaudaraan terjadi pada anak-anak Anda!

Jangan biarkan itu terjadi pada anak-anak Anda. Jika si sulung akan menjadi kakak, ajarkanlah padanya sejak dini untuk dapat mencintai adik-adiknya. Agar kebiasaan ini terus dijaga oleh anak-anak Anda yang lainnya kelak.

823 views   |   0 shares
  • Ada banyak pasangan yang telah menikah, tentu menginginkan keturunan. Setelah memiliki satu anak, rasanya ingin menambah lagi. Namun, ketika Anda dan pasangan sangat semangat untuk menambah momongan dalam keluarga kecil Anda, belum tentu anak Anda memiliki semangat seperti Anda berdua, dan bisa menerima hadirnya saudara baru dalam hidupnya.

  • Karena merasa selalu diperhatikan dan dimanja sebagai anak tunggal, tidak sedikit anak-anak di luar sana dilema dengan adanya saudara baru. Banyak anak-anak menjadi cemburu jika memiliki saudara baru, karena takut tersaingi oleh saudaranya sendiri. Jangan biarkan itu terjadi pada anak-anak Anda. Jika si sulung akan menjadi kakak, ajarkanlah padanya sejak dini untuk dapat mencintai adik-adiknya. Agar kebiasaan ini terus dijaga oleh anak-anak Anda yang lainnya kelak. Untuk itu, simaklah tips mengatasi kecemburuan dalam persaudaraan di antara anak-anak Anda.

  • Tumbuhkan rasa saling memiliki

  • Sejak adiknya dalam kandungan, jelaskan pada si sulung, bahwa sebentar lagi dia akan menjadi kakak sehingga dia akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar.Tekankan pada si sulung bahwa adiknya yang baru lahir bukan hanya milik ayah dan ibu saja, tetapi milik kakak juga. Jelaskan padanya, jika nanti adik sudah keluar dari perut ibu, adik pasti akan senang bermain dengan kakak, makan bersama kakak, dan adik pasti akan menyayangi kakak. Untuk itu kakak harus selalu ada buat adik nantinya.

  • Bagi waktu dan perhatian secara adil

  • Pada awal-awal hadirnya si kecil dalam hidup Anda, perhatian Anda dan pasangan biasanya menjadi tertuju pada si kecil, sehingga tidak jarang si sulung akan merasa tidak diperhatikan lagi oleh orangtuanya. Jangan biarkan hal ini terjadi. Libatkanlah si kecil dalam segala hal di rumah, agar dia merasa dibutuhkan dan tidak merasa sendiri. Dan jangan lupa pula, bagi waktu dan perhatian Anda secara adil bagi si sulung maupun si kecil.

  • Libatkan si sulung saat Anda merawat adiknya

  • Dalam merawat si kecil, libatkanlah si sulung untuk membantu Anda. Misalnya dengan mengajari si sulung menganti popok adiknya, atau ikut memandikan adiknya, memberikan makan adiknya atau menjaga adiknya ketika Anda sedang melakukan hal lain. Jika si sulung terbiasa merawat atau mengurus adik-adiknya, ini akan membuat anak-anak Anda menjadi lebih pengasih dan peduli terhadap satu sama lain. Dan juga kebiasaan ini sangat baik sebagai pelajaran untuk masa depan anak ketika mereka berkeluarga nantinya.

  • Advertisement
  • Memberikan barang atau hadiah

  • ka Anda membelikan buat yang satu, belikan pula buat yang lainnya. Agar tidak menimbulkan kecemburuan di antara mereka. Dan jika Anda ingin memberikan anak-anak Anda hadiah, jangan memberikan mereka hadiah tanpa sebab. Berikanlah hadiah bagi mereka pada momen tertentu. Bilang pada meraka, bahwa Anda akan memberikan hadiah pada saat ulang tahun, oleh-oleh ketika Anda baru pulang dari luar kota atau jika mereka mendapatkan nilai yang bagus. Jika mereka tidak mendapatkan nilai rapot yang bagus, berarti itu resiko yang harus mereka terima karena malas belajar. Dengan melakukan ini akan membuat anak-anak Anda termotivasi untuk selalu giat belajar agar mendapatkan hadiah seperti saudara-saudaranya yang lain.

  • Didiklah anak-anak untuk saling berbagi dan menolong

  • Dalam masa pertumbuhan mereka, didiklah anak-anak Anda untuk saling berbagi dalam bersaudara. Misalnya berbagi kasih, berbagi waktu, berbagi perhatian, berbagi makanan, berbagi minuman, dan berbagi apa saja. Katakan pada mereka dalam bersaudara, ketika saudara membutuhkan bantuan apapun mereka harus saling menolong. Katakan juga pada mereka, persaudaraan tidak dapat dipisahkan, untuk itu mereka harus saling berbagi dan menolong saudara sendiri dalam segala hal.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Jangan biarkan rasa cemburu dalam persaudaraan terjadi pada anak-anak Anda!

Jangan biarkan itu terjadi pada anak-anak Anda. Jika si sulung akan menjadi kakak, ajarkanlah padanya sejak dini untuk dapat mencintai adik-adiknya. Agar kebiasaan ini terus dijaga oleh anak-anak Anda yang lainnya kelak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr