5 kelebihan berbisnis di rumah

Ingin tetap optimal mengurus rumah, tetapi juga ingin berkarya sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki? Solusinya adalah bekerja dari rumah. Tetapi tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihannya?

2,796 views   |   8 shares
  • Sebagai seorang ibu yang aktif dan produktif saya yakin pasti kita ingin bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain sesuai dengan kemampuan dan bidang yang kita tekuni. Tetapi, terkadang kendalanya adalah kita harus kehilangan waktu dengan keluarga. Lalu apa yang bisa kita lakukan, untuk tetap bekerja sesuai dengan passionkita, tanpa harus meninggalkan kesempatan emas mendampingi buah hati?

  • Salah satu solusinya adalah bekerja dari rumah. Bisa membuka usaha kecil-kecilan mulai dari rumah seperti rumah makan, toko, tempat kursus sampai usaha lain seperti persewaan buku dan lain-lain. Ini jika memang pekerjaan yang kita pilih membutuhkan banyak printilan-printilan dan atribut di dalamnya. Tetapi ada juga beberapa pekerjaan dan usaha yang dapat kita tekuni hanya dengan bermodalkan koneksi internet yang baik dan media sosial.

  • Apapun usaha dan pekerjaan yang kita pilih dari rumah, tentu saja semua punya kelebihan dan kekurangan. Dan hal tersebut harus kita ketahui sebelum kita akan memulai usaha yang akan kita tekuni. Apa saja kelebihan yang dapat kita peroleh dengan memilih bekerja dari rumah?

  • Menjadi lebih dekat dengan keluarga

  • Ya benar adanya jika kita berkarier dan bekerja dari rumah memang lebih mudah mengakses kondisi anak-anak dan suami. Apa saja yang harus segera dibutuhkan oleh mereka, dapat kita penuhi saat itu juga. Tetapi dengan kondisi ini, tetap prioritaskan kepentingan keluarga di atas segala-galanya. Jangan sampai karena asyik membalas email para rekan bisnis, sepanjang hari kita jadi memegang handphone atau terpaku di depan laptop. Sehingga akan mengabaikan tujuan awal dan utama bekerja dari rumah, yaitu karena ingin dekat dengan keluarga.

  • Lebih leluasa dalam mengatur waktu

  • Rencanakan semua agenda kita selama satu minggu ke depan. Sesuaikan dengan jadwal rutin harian keluarga yang memang sudah menjadi prioritas. Seperti jam tidur anak, jam makan, istirahat, jam bermain bersama anak, memasak, membersihkan rumah dan lain-lain. Atur jadwal sefleksibel mungkin mana waktu untuk mengurus pekerjaan, dan mana waktu untuk keluarga.

  • Punya banyak kesempatan untuk melakukan beberapa hal sekaligus

  • Karena semuanya dapat dilakukan bersamaan, maka kita menjadi punya banyak waktu untuk tetap bisa mengerjakan semuanya. Tentu saja, hal itu dilakukan tanpa harus keluar rumah dan terbebas dari kemacetan. Selain itu, sisa waktu yang ada dapat juga dipergunakan untuk memperluas jejaring sosial, berkomunikasi dengan orang-orang yang mempunyai ketertarikan di bidang yang sama, atau bisa juga dipergunakan untuk mengikuti kursus online guna memajukan usaha yang sedang kita geluti saat ini.

  • Advertisement
  • Modal sedikit, usaha tetap lancar

  • Berbisnis dari rumah apalagi hanya bermodalkan koneksi internet, memang menjadi sangat hemat biaya. Belum lagi ongkos transportasi yang seharusnya dipakai untuk ke kantor (misalnya), dapat kita sisihkan untuk modal selanjutnya. Jika usaha yang kita lakukan adalah pelayanan jasa dengan lokasi di rumah, ini juga mengurangi budget untuk menyewa tempat. Dan tentu saja kita tidak perlu banyak modal untuk merubah penampilan menjadi lebih stylish seperti kerja kantoran.

  • Hati lebih senang dan tidak tertekan

  • Merasa lebih nyaman karena hati terasa lebih bahagia, karena bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan dan sesuai dengan bakat yang kita miliki. Kita sendiri yang mengatur waktunya, kita yang menentukan targetnya, kita juga yang menuai hasilnya. Tidak tertekan dengan atasan ataupun target yang tidak sampai. Karena kitalah pimpinan dari usaha kita sendiri.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

5 kelebihan berbisnis di rumah

Ingin tetap optimal mengurus rumah, tetapi juga ingin berkarya sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki? Solusinya adalah bekerja dari rumah. Tetapi tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihannya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr