Cara sederhana menumbuhkan rasa cinta anak pada alam sekitarnya

Bermain dan mencintai alam, kreativitas anak-anak Anda juga akan bertumbuh menjadi lebih baik. Ajarkan anak Anda, bahwa alam adalah aspek terpenting di dunia ini yang mendukung kelangsungan hidup umat manusia.

1,115 views   |   2 shares
  • Mengajak anak-anak Anda untuk bisa terbiasa beraktivitas di alam terbuka bukanlah hal yang mudah. Apalagi di zaman yang semakin maju dan berkembang ini, kebanyakan anak-anak lebih menyukai bermain bersama teknologi ketimbang bermain bersama dengan alam. Padahal, alam adalah dasar ilmu pengetahuan di bumi ini. Alam jugalah yang berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Jika, anak-anak Anda bukan salah satu pecinta alam, jangan patah semangat. Ada banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak Anda mencintai alam sekitarnya. Mulailah dengan cara-cara sederhana seperti berikut.

  • Menanam biji- bijian

  • Langkah awal yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk memperkenalkan alam bagi si kecil adalah dengan mengajak si kecil menanam biji-bijian seperti biji kacang hijau, kedelai, kacang merah, kacang tanah dan sebagainya. Karena biji-bijian adalah salah satu tumbuhan yang mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu menyiapkan gelas plastik dan mengisinya dengan kapas basah, lalu masukkan biji-bijian tersebut di atasnya. Arahkan anak Anda untuk memperhatikan setiap proses pertumbuhannya setiap saat. Dengan melakukan ini buah hati Anda pasti akan senang melihat hasil karyanya sendiri tumbuh dengan baik.

  • Menanam bunga atau pohon

  • Ambillah beberapa cabang bunga atau pohon, dan arahkan anak Anda untuk menanamnya di tanah, atau jika Anda tidak memiliki pekarangan rumah yang besar Anda dapat mengarahkan anak Anda untuk menanamnya di pot yang telah disesuaikan ukurannya. Dengan menyaksikan bunganya tumbuh dan mekar atau pohonnya menjadi semakin tinggi, ini akan memacunya untuk mencobanya lagi dan lagi tanpa perlu Anda paksa.

  • Me rawat tanaman setiap hari

  • Ajaklah anak Anda untuk merawat tumbuhan yang ditanamnya setiap hari. Mulai dari menyiraminya, memotong-motong daunnya jika ada yang layu, bahkan memberikannya pupuk jika perlu. Dengan melakukan ini, anak Anda dapat belajar untuk bertanggung jawab merawat tanaman peliharaannya.

  • Membersihkan halaman

  • Sore hari adalah waktu terbaik untuk melakukan ini karena matahari mulai terbenam atau bisa juga saat akhir pekan, agar sekalian Anda dapat mengajak keluarga untuk berperan melakukan kerja bakti bersama. Dengan rutin melakukan ini, anak akan terpanggil untuk peduli dengan alam sekitarnya dan bahkan dapat membuatnya mencintai alam.

  • Ke kebun saat liburan

  • Selain melakukan yang diatas, akanlah lebih baik pula bila Anda mengajak anak Anda untuk langsung melihat kebun yang sebenarnya. Misalnya, ke kebun buah seperti kebun stoberi. Arahkanlah anak Anda untuk terjun langsung, mengaplikasikan ilmu yang telah Anda ajarkan di rumah begaimana cara menanam dan sebagainya. Katakan kepada mereka, berkebun sendiri jauh lebih hemat dibanding membeli buah, atau sayuran.

  • Advertisement
  • Dengan melakukan beberapa hal di atas, anak Anda secara tidak langsung terlatih untuk ikut menjaga alam sekitarnya. Tidak hanya itu, dengan sering bermain dan mencintai alam, kreativitas anak-anak Anda juga akan bertumbuh menjadi lebih baik. Ajarkan anak Anda, bahwa alam adalah aspek terpenting di dunia ini yang mendukung kelangsungan hidup umat manusia. Kebiasaan yang baik mesti diajarkan pada anak-anak Anda sedini mungkin, dan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana agar anak Anda dapat tumbuh dengan bekal pengetahuan yang baik dan menjadi lebih bijaksana dalam hidupnya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Cara sederhana menumbuhkan rasa cinta anak pada alam sekitarnya

Bermain dan mencintai alam, kreativitas anak-anak Anda juga akan bertumbuh menjadi lebih baik. Ajarkan anak Anda, bahwa alam adalah aspek terpenting di dunia ini yang mendukung kelangsungan hidup umat manusia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr