Waspada “gagal ginjal”, kenapa bisa terjadi?

Ginjal adalah organ tubuh yang tersembunyi dan meski kerjanya sudah tidak beres tetapi masih ‘low profile’. Penurunan fungsi ginjal dapat diketahui dari hasil laboratorium.

11,599 views   |   3 shares
  • Ginjal adalah organ tubuh yang tersembunyi dan meski kerjanya sudah tidak beres tetapi masih 'low profile'. Karena seseorang tidak akan merasakan suatu perubahan yang drastis walaupun kondisi ginjalnya menurun. Barulah jika sudah lanjut penderita mulai sering sakit kepala, kelelahan atau gatal-gatal (tidak selalu). Gagal ginjal yang dialami kebanyakan orang memiliki ragam penyebab. Uraian di bawah ini dapat memberikan gambaran sekilas tentang seluk beluk gagal ginjal.

  • 1.Penyebab Gagal Ginjal Kronik

  • Menurut Dokter Sidabutar yang pernah melakukan penelitian pada tahun 1981 ada beberapa hal-hal yang bisa menyebabkan Gagal Ginjal Kronik. Dengan hasil berikut ini: Glomerulonefritis Kronik atau peradangan sel-sel ginjal yang berfungsi sebagai penyaring, sumbatan dan infeksi, diabetes mellitus, lupus eritematosus, ginjal polikistik dan hipertensi essensial dan lain-lain yang tidak jelas. Di bawah ini adalah pengalaman seorang ibu dengan penyakit yang membuat fungsi ginjalnya menurun.

  • 2.Pengalaman ibu S (45 th)

  • Kedua orangtua dari ibu S meninggal akibat stroke karena penyakit tekanan darah tinggi. Di usia 39 th beliau pun mengalami nasib yang sama, atas saran dokter dianjurkan untuk minum obat penurun tekanan darah tinggi seumur hidup. Perjalanan penyakitnya berlangsung terus hingga pada tahun 1998 dia mulai terserang penyakit diabetes mellitus, kondisi kadar gula dalam tubuhnya tidak normal. Dia sering buang air kecil pada malam hari, merasa haus, bobot tubuhnya bertambah kurus. Setelah berkonsultasi dengan dokter yang memeriksanya dia dianjurkan minum obat pengendali gula. Apakah semua masalahnya selesai sampai di sini?

  • 3.Penyakit 'antri' mendatanginya

  • Tentu saja tidak, pada tahun 2003 di bulan Agustus beliau merasakan kejanggalan yang 'aneh' setiap menyantap hidangan berprotein. Hal ini berlangsung selama seminggu, perutnya tidak terasa mulas tetapi setiap kali buang air besar (BAB) terjadi 'penghancuran' dalam absesnya. Segera dia ke dokter penyakit dalam dan dianjurkan tes laboratorium untuk kreatinin dan ureumnya. Hasil laboratorium kreatinin dan ureum sudah di bawah normal terindikasi terjadi 'kebocoran' di ginjal sang ibu yang kerjanya hanya 35% saja. 'Kebocoran' ini menyebabkan protein yang dikonsumsinya keluar bersama BABnya. Sumber penyebabnya adalah kedua penyakit yang dideritanya jelas-jelas dapat membuat gagal ginjal. Menurut dokter beliau menderita 'gagal ginjal kronik' yang fungsi ginjalnya menurun secara menetap

  • Advertisement
  • 4.Bagaimana tindakan selanjutnya?

  • Dalam kehidupannya dia harus diet 'super' ketat dari penggunaan garam, gula dan protein yang dikonsumsi semua harus dibatasi. Petunjuk dokter penyakit dalam mengatakan beliau harus tetap minum obat darah tinggi, pil diabet dan vitamin ginjal untuk mempertahankan fungsi ginjalnya agar tidak bertambah buruk. Di tahun 2011 saat melakukan cek laboratorium untuk ureum dan kreatininnya didapati hasil yang kurang memuaskan ginjalnya hanya tinggal 10% fungsinya. Ini berarti hanya 8 tahun saja kerja ginjalnya dan sekarang sudah 'kepayahan' hingga harus "cuci darah" atau "transplantasi" ginjal.

  • 5.Gagal ginjal terminal adalah akhir dari gagal ginjal kronik

  • Akhirnya beliau mengalami gagal ginjal 'terminal' dan menjalani "cuci darah" untuk membersihkan 'racun' dari tubuhnya. Tidak selesai sampai di situ perjuangan beliau setelah 5 bulan "cuci darah", beliau memutuskan mengikuti program 'transplantasi' ginjal yang diperoleh dari adiknya yang memiliki kecocokan ginjal dengannya.

  • Waspadalah meski tidak semua penyakit bisa dicegah, gaya hidup sehat mampu mengurangi risiko. Faktor keturunan sangat dominan untuk beberapa jenis penyakit. Jika garis keturunan Anda memiliki sejarah penyakit tertentu, mulailah menyesuaikan pola makan Anda sebagai langkah preventif.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Waspada “gagal ginjal”, kenapa bisa terjadi?

Ginjal adalah organ tubuh yang tersembunyi dan meski kerjanya sudah tidak beres tetapi masih ‘low profile’. Penurunan fungsi ginjal dapat diketahui dari hasil laboratorium.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr