Memasak bersama si kecil banyak manfaatnya loh!

Memasak dengan si kecil memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya. Untuk itu janganlah ragu untuk memasak bersama si kecil. Anda hanya perlu mengarahkannya sesuai kemampuannya dan mengajarkannya dengan penuh kasih sayang.

581 views   |   shares
  • Banyak orangtua yang beranggapan bahwa memasak bersama si kecil adalah sesuatu yang memusingkan. Alasannya pun berbeda-beda. Ada yang beranggapan bahwa jika si kecil ikut memasak, dapat membuang banyak waktu, si kecil hanya akan menimbulkan kekacauan di dapur, dan berbagai alasan lainnya. Padahal, ternyata faktanya tidak seburuk yang dibayangkan loh. Berikut adalah manfaatnya!

  • Belajar untuk bertanggung jawab

  • Ketika memasak bersama si kecil, tentu saja Anda akan memberikan si kecil tugas. Misalnya memberinya tugas mengocok telur, mencuci sayur dan sebagainya. Dengan memberikannya tugas, si kecil akan belajar untuk bertanggung jawab dengan sendirinya. Dia akan merasa memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas itu tanpa perlu Anda paksa. Anda juga dapat menjanjikannya hadiah jika dia berhasil menyelesaikan tugasnya, agar membuatnya lebih termotivasi dan semangat.

  • Mengasah kreativitas si kecil

  • Sama halnya dengan mengasah kreativitas saat di sekolah, si kecil akan diarahkan oleh gurunya untuk terlibat langsung dalam berbagai aktivitas sekolah, agar dia dapat menjadi lebih kreatif dan aktif. Demikian juga dengan memasak bersama orangtuanya. Ketika Anda melibatkan si kecil untuk masak bersama, misalnya membuat pencake dengan berbagai toping, memotong sayur atau membuat kue kering yang berkarakter seperti kue pohon terang atau kue karton. Tentu si kecil akan menjadi aktif dan kreatif dalam menciptakan kreasi masakan buatannya sendiri. Dengan begitu, ini dapat mengasah kreativitasnya.

  • Melatih sel motorik si kecil

  • Tidak hanya perlu dididik dalam hal pelajaran saja, sel motorik si kecil juga perlu dilatih agar tubuhnya dapat selalu aktif bergerak. Pada masa pertumbuhannya, akan lebih baik jika si kecil dibiasakan melakukan berbagai macam aktivitas yang dapat menggerakkan tubuhnya, salah satunya dengan mengajaknya memasak bersama dengan Anda. Kegiatan memasak ini akan melibatkan sel motorik si kecil, sehingga si kecil dapat aktif bergerak sehingga akan melatih korelasi kerja antara otak dan tangan.

  • Mengajarkan si kecil untuk saling membantu sesama

  • Mengajarkan si kecil agar memiliki keinginan sendiri dalam hal membantu sesama, baik dalam keluarga ataupun di lingkungan sekitarnya sangat baik diajarkan sejak dini. Dengan mengajak si kecil untuk membantu Anda memasak bagi keluarga dapat mengajarkan si kecil agar dapat membantu sesamanya. Sambil memasak bersama, jelasakan pula padanya bahwa bantuannya sangat berarti, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Dengan sering melakukan ini, si kecil akan memiliki keinginan tersendiri untuk membantu Anda bahkan orang-orang sekitarnya dan dia akan merasakan kepuasan tersendiri dalam hatinya.

  • Advertisement
  • Dapat menjadi lebih dekat dan kompak dengan si kecil

  • Jarang-jarang si kecil dapat bersama dengan Anda sambil bertukar cerita. Biasanya jika si kecil bermain, dia akan melupakan Anda sejenak dan menjadi sibuk sendiri. Nah, kegiatan memasak bersama ini dapat membantu Anda memiliki quality time bersama si kecil. Anda dapat memasak sambil bercanda tawa dengannya dan memancingnya untuk bercerita, membicarakan tentang bagaimana sekolahnya, teman-temannya, pelajarannya, kesulitan apa yang dialaminya, dan sebagainya. Ini akan membuat Anda berdua menjadi semakin dekat dan bahkan dapat meningkatkan kekompakan di antara keluarga.

  • Saat mengajari si kecil memasak bersama, awalnya mungkin akan sulit, tetapi jika Anda dapat bersama dan penuh kasih dalam mengajarnya memasak si kecil akan menjadikan memasak bersama Anda sebagai kegiatan yang mengasikkan. Semakin sering Anda melibatkan si kecil dalam memasak atau melakukan pekerjaan di rumah lainnya, si kecil kelak akan lebih cepat mandiri dan menjadi anak yang bertanggung jawab. Selamat mencoba

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Memasak bersama si kecil banyak manfaatnya loh!

Memasak dengan si kecil memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya. Untuk itu janganlah ragu untuk memasak bersama si kecil. Anda hanya perlu mengarahkannya sesuai kemampuannya dan mengajarkannya dengan penuh kasih sayang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr