Tolong, saya tidak ingin hal – hal ini menimpa diri

Penyakit ini dapat menyerang pada siapa saja, baik itu tetangga, teman, sahabat bahkan juga saudara sendiri.

1,426 views   |   shares
  • Dalam kehidupan sosial kita pasti banyak kita temui orang dengan berbagai karakter mulai dari yang sangat baik dan mungkin ada juga yang cukup jahat dan kurang peduli dengan orang lain. Karena perbedaan karakter tersebut sering terjadi gesekan sehingga menimbulkan konflik. Tak jarang iri hati menjadi salah satu alasan seseorang untuk membenci orang lain. Penyakit iri hati ini menyerang siapa saja. Dalam kamus besar Indonesia iri hati didefinisikan sebagai merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain atau kecemburuan melihat kelebihan orang lain. Iri hati tidak hanya memberikan dampak buruk pada segi sosial dan juga psikologis tetapi juga kepada hubungan kita dengan Tuhan dan juga segi kesehatan.

  • 1. Tidak pernah bersyukur karena tidak pernah merasa puas

  • Hal ini yang membuat seseorang memiliki rasa iri kepada orang lain atas benda atau pencapaian yang telah dicapainya. Dengan iri hati ini membuat seseorang tidak bisa menyadari betapa baiknya Tuhan dengan memberikan berkat – berkat-Nya untuk kita. Apakah berkat Tuhan hanya berbentuk materi saja? Apa tidak ada yang lain?. Hal ini yang harus disadari bukan malah sibuk dengan apa yang orang lain miliki.

  • 2. Menghalalkan segala cara

  • Karena hati dan pikiran hanya diisi dengan iri hati, berusaha untuk bisa sepadan atau bahkan lebih dari orang yang sudah membuat rasa iri maka banyak cara yang akan dilakukan untuk bisa mewujudkan ambisi tersebut. Tidak jarang sampai melakukan hal yang negatif untuk mendapatkannya.

  • 3. Mulai dijauhi orang sekitar termasuk keluarga

  • Iri hati menimbulkan kebencian kepada orang lain, sehingga orang yang berada di sekitarnya juga bisa merasakan rasa iri hatinya tersebut. Hal ini yang membuat orang di sekitarnya merasa tidak nyaman karena setiap hari topik pembicaraannya selalu sama yaitu berbicara tentang orang yang membuatnya iri.

  • 4. Hidup tidak nyaman, tenang, dan jauh dari kebahagiaan

  • Hal ini sudah pasti dirasakan oleh orang yang memiliki iri hati terhadap orang lain. Terus memikirkan kelebihan orang lain yang membuatnya iri, momen – momen berharga yang dapat memberikan kebahagian pun tidak akan pernah dirasakan karena hanya berfokus kepada iri hatinya.

  • 5. Memicu berbagai penyakit untuk datang (segi kesehatan)

  • Karena stres berat yang disebabkan terlalu berpikir secara berlebihan mengakibatkan daya tahan tubuh melemah dan penyakit apapun mudah untuk menyerang. Tanda – tanda yang sering muncul seperti susah tidur, pusing kepala, rasa gelisah, dada berdebar – debar dan lain sebagainya. Tentunya hal ini membuat tidak nyaman, dan jika dibiarkan saja penyakit – penyakit berat pun mulai menggerogoti tubuh si penderita iri hati ini.

  • Advertisement
  • 6. Membuat hubungan kita dengan Tuhan menjadi tidak baik

  • Bukan hanya membuat hubungan dengan sesama tidak akur tetapi hubungan dengan Tuhan juga tidak baik. Iri hati juga perbuatan yang dapat mendukakan hati Tuhan. Tuhan mempercayakan suatu hal sesuai dengan kemampuan dan kekuatan seseorang. Bukan sebuah kesuksesan yang akan diperoleh tetapi kegagalan dan keberuntungan akan menjauh dari seseorang karena terlalu sibuk berurusan dengan rasa iri hati bukan sibuk membangun hubungan yang baik dengan Tuhan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Tolong, saya tidak ingin hal – hal ini menimpa diri

Penyakit ini dapat menyerang pada siapa saja, baik itu tetangga, teman, sahabat bahkan juga saudara sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr