Cara Anda Menemukan Kedamaian ketika Orang Lain Menyinggung

Mengampuni orang lain dan berusaha mencari pengampunan dari mereka, akan membuat hati kita menemukan kedamaian, kedamaian yang mutlak dan lengkap.

22,288 views   |   71 shares
  • Novel George Eliot, Silas Marner, menceritakan tentang seorang pria yang meskipun disakiti berulang kali dalam hidupnya, akhirnya mampu memaafkan dan menyatakan, "Ini luarbiasa - hidup kita indah." Roger Chillingsworth dalam kisah klasik karya Nathaniel Hawthorne, The Scarlet Letter, membiarkan obsesinya untuk balas dendam membakar dirinya sampai dia benar-benar lemah dan mengkerut. Boleh dikata Silas menemukan zen dalam arti ia menemukan kedamaian, sedangkan Roger tidak.

  • Ketika orang lain menyakiti hati kita bisa mencari cara untuk menemukan kedamaian seperti Silas, atau kita bisa tetap menyimpan dendam sampai hal tersebut menjadi kanker yang memakan jiwa kita seperti yang terjadi pada Roger. Martin Luther King, Jr, mengatakan, "Pengampunan bukanlah tindakan yang sesekali, itu adalah sikap yang tetap." Untuk mengembangkan sikap tersebut, terapkan petunjuk berikut dalam hidup anda.

  • 1. Jangan cepat tersinggung

  • Sangat mudah untuk menumpuk kelalaian kecil atau kata-kata yang tidak baik sampai menjadi sakit hati setinggi gunung. Belajarlah untuk tidak cepat marah. Jangan mengipasi bara kecil yang ditimbulkan oleh kesalahan orang lain menjadi dendam yang membara di hati Anda.

  • 2. Jangan membalas

  • Ketika orang lain mengatakan hal-hal yang menyinggung perasaan, abaikan dorongan untuk membalas. Dalam kisah klasik Disney, Bambi, Thumper mengatakan dengan bijak, "Jika kamu tidak dapat mengatakan sesuatu yang baik, lebih baik jangan berkata sama sekali. Dalam kitab Mazmur dikatakan "Jawaban yang lemah lembut meredakan kemarahan." Kemarahan yang reda itu mungkin adalah kemarahan yang tumbuh di hati Anda. Salah satu perkataan suami saya yang paling saya sukai adalah "Anjing mengonggong kafilah tetap berlalu" dalam kata lain, anggaplah kata-kata yang tidak baik itu seperti anjing menggonggong yang tidak perlu Anda perhatikan.

  • 3. Lepaskanlah kemarahan Anda

  • Dalam kata lain, mudahlah untuk memaafkan. Seorang korban yang selamat dari pembantaian holocaust Corrie Ten Boom mengatakan, "Mengampuni adalah kemauan, dan kemauan dapat berfungsi untuk menurunkan temperatur suasana hati." Katakan pada diri anda bahwa anda ingin meninggalkan kemarahan. Kemudian katakan kepada orang yang telah membuat anda tersinggung bahwa anda telah memaafkannya. Mungkin contoh yang terbaik mengenai masalah ini adalah masyarakat golongan Amish di AS yang mengunjungi janda seorang pria yang telah membantai anak-anak mereka dan memberitahu dia bahwa mereka telah memaafkan suaminya. Perasaan terluka mungkin masih tersisa, tetapi melepaskan kemarahan akan menenangkan hati Anda.

  • Advertisement
  • 4. Jangan menyimpan dendam

  • Presiden Abraham Lincoln suatu kali pernah berkata, "Terkadang ada upaya yang tidak baik untuk menjatuhkan seorang pemuda dan mereka akan berhasil, jika ia mengizinkan pikirannya dialihkan dari sumber yang benar untuk memupuk rasa dendam." Tetap menyimpan rasa dendam hanya akan membuat hal tersebut tumbuh dan membusuk di dalam diri Anda.

  • 5. Berusaha melupakannya

  • Berbicara mengenai pengampunan kita atas dosa-dosa kita, Tuhan mengatakan, "Dan atas dosa-dosa mereka dan pelanggaran mereka Aku tidak akan mengingatnya lagi." Kita juga harus belajar untuk tidak lagi mengingat hal-hal yang telah membuat kita tersinggung. Confucius mengatakan, "Tidak apa-apa jika selalu disalahkan, kecuali Anda terus mengingatnya."

  • "Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Tuhanmu yang di surga mengampuni kesalahan-kesalahanmu." Mengampuni orang lain dan berusaha mencari pengampunan dari mereka, akan membuat hati kita menemukan kedamaian, kedamaian yang mutlak dan lengkap. Memiliki kedamaian tersebut akan membimbing kita ke arah kebahagiaan dan hidup yang sehat.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “How to find your zen when others offend” karya Robyn Carr.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Robyn Carr is a graduate of Brigham Young University, the mother of 5 and grandmother to 1. She currently lives in North Carolina. Comments welcomed at mrsincredible41@yahoo.com

Cara Anda Menemukan Kedamaian ketika Orang Lain Menyinggung

Mengampuni orang lain dan berusaha mencari pengampunan dari mereka, akan membuat hati kita menemukan kedamaian, kedamaian yang mutlak dan lengkap.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr