Mengapa saya tidak kunjung hidup mapan?

Walaupun saya sudah memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji yang terbilang cukup tetapi mengapa saya masih kehabisan uang di akhir bulan dan terpaksa untuk berhutang? Apa ada yang salah dengan diri saya?

24,099 views   |   65 shares
  • Menjadi seorang yang sukses dan mapan dalam kehidupan ini adalah hal yang pasti diinginkan semua orang. Walaupun saya sudah memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji yang terbilang cukup tetapi mengapa saya masih kehabisan uang di akhir bulan dan terpaksa untuk berhutang? Apa ada yang salah dengan diri saya?, jika begini terus bagaimana saya dapat hidup mapan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita harus mencari tahu penyebabnya.

  • 1. Gaya hidup

  • Gaya hidup juga mempengaruhi pengeluaran Anda, jika gaya hidup Anda suka menghambur - hamburkan uang dan hidup boros sampai kapanpun Anda tidak akan pernah bisa hidup mapan. Gaya hidup yang konsumtif akan memperburukan keadaan Anda, uang yang seharunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda dibuat untuk membeli barang yang tidak terlalu penting fungsinya.

  • 2. Memburu pujian dengan membeli barang - barang yang mewah

  • Hanya karena memburu pujian semata Anda rela untuk mengeluarkan uang banyak bahkan sampai menghabiskan gaji Anda untuk membeli barang mewah agar terlihat sebagai orang yang berada, hal ini sudah salah dan tidak benar untuk dilakukan. Pikirkan lagi jikamembeli barang - barang mewah yang sebenarnya dapat diganti dengan barang yang cukup terjangkau.

  • 3. Kurang menganggap penting mencatat pengeluaran

  • Tidak semua orang diberikan kemampuan untuk dapat mengolah keuangan dengan baik, sehingga banyak perusahaan yang mempekerjakan seorang akuntan profesional. Walaupun kita bukan seorang akuntan profesional ada baiknya kita juga harus bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran kita. Hal ini biasanya malas kita lakukan tetapi jika kita tidak perhitungan pemasukan dan pengeluaran kita, kita tidak akan tahu untuk apa saja uang yang telah kita keluarkan.

  • 4. Mudah tergiur ajakan teman untuk pergi hangout

  • Faktor lingkungan juga bisa membuat kita hidup tidak kunjung mapan. Karena mudahnya tergiur ajakan teman untuk pergi jalan - jalan kita sampai susah untuk mengatur pengeluaran kita. Tidak ada salahnya untuk pergi jalan atau hangoutbersama teman, tetapi sebaiknya kita juga harus bisa membatasi diri kita jangan terus menerus. Bukannya tidak setia kawan tetapi kita juga harus tahu seberapa kemampuan keuangan kita.

  • 5. Sudahkan Anda menabung?

  • Menabung adalah salah satu cara agar penghasilan kita tetap terjaga aman. Menabung juga suatu bentuk usaha kita untuk menuju hidup yang mapan. Tabungan juga bisa menjadi dana darurat di saat Anda sudah kehabisan uang pada akhir bulan dan Anda tidak perlu berhutang kepada orang lain. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung jika Anda ingin hidup mapan.

  • Advertisement
  • 6. Tidak berani untuk berinvestasi atau berbisnis

  • Berinventasi memang cukup memiliki berbagai resiko, jika Anda selamanya jadi seorang karyawan maka selamanya pendapatan yang Anda terima hanya sebesar itu - itu saja. Tetapi jika Anda berani untuk berinvestasi atau membuka suatu usaha maka peluang untuk berhasil akan terbuka dan juga menjanjikan kesuksesan dan kehidupan yang mapan. Memang diperlukan kerja keras dan usaha yang lebih lagi untuk menjadi seorang pegawai dan juga seorang wiraswastawan.

  • 7. Tidak ada rencana yang jelas untuk masa depan

  • Seseorang yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang akan menggunakan uang tersebut dengan seenaknya saja. Bersyukurlah di usia Anda yang sekarang Anda masih bisa menghasilkan uang dan seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya. Buatlah rencana keuangan yang jelas untuk masa depan Anda, ingat bahwa tidak selamanya Anda bisa menghasilkan uang. Usia akan bertambah begitu juga kekuatan dan kesehatan yang kita miliki akan berkurang dan memasuki masa pensiun.

  • 8. Kurangnya berbagi dengan sesama

  • Hal ini juga tidak luput dari pandangan kita, terlalu berfokus dengan diri sendiri juga tidak baik. Kita hidup di dunia ini juga berdampingan dengan orang lain. Daripada uang Anda gunakan uang membeli barang yang tidak penting lebih baik kita gunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Walaupun kita tidak menerima balasan dari orang lain atas perbuatan kita, tetapi percayalah Tuhan pasti juga memperhitungkan apa yang telah kita lakukan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Mengapa saya tidak kunjung hidup mapan?

Walaupun saya sudah memiliki pekerjaan yang mapan dengan gaji yang terbilang cukup tetapi mengapa saya masih kehabisan uang di akhir bulan dan terpaksa untuk berhutang? Apa ada yang salah dengan diri saya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr