Latihan untuk otak: benarkah dapat mempertajam ingatan?

Sekarang ini banyak latihan diciptakan untuk mempertajam ingatan guna mencegah penyakit seperti Alzheimer. Tetapi apakah hal ini benar-benar bermanfaat?

3,130 views   |   1 shares
  • Sekarang ini banyak latihan diciptakan untuk mempertajam ingatan guna mencegah penyakit seperti Alzheimer. Tetapi apakah hal ini benar-benar bermanfaat? Orang-orang tua khawatir memikirkan kesehatan pikirannya karena dengan bertambahnya usia mereka dapat menjadi pikun atau lebih parah lagi alzheimer.

  • Dengan membayar $14.95 sebulan, situs Lumosity memberi janji untuk "melatih" otak dengan game yang dirancang guna mencegah kemunduran mental. Pemakai situs itu melihat serangkaian gambar burung dan nomor-nomor misalnya untuk menguji kemampuan memusatkan perhatian. Bisnis melatih pikiran sedang berkembang pesat. Happy Neuron dari Mountain View, California, menjanjikan "otak yang cerdas seumur hidup." Cogmed, milik perusahaan pendidikan Pearson dari Inggris, mengatakan program pendidikannya akan membuat siswa-siswa bertambah perhatian dan kapasitas belajarnya. Neuronix, sebuah perusahaan dari Israel sedang mengembangkan stimulasi otak dan program latihan pemikiran yang disebut perusahaan itu "harapan baru bagi penyakit Alzheimer"

  • Bulan lalu, ada gebrakan yang dapat menambah kemajuan prospek keuangan para pebisnis permainan otak. Pusat Pelayanan Kesehatan Amerika, Medicare and Medicaid Services, mulai meminta pendapat umum bagi sebuah petisi untuk penggantian ongkos "kegiatan latihan ingatan."

  • Cara yang manjur untuk mencegah hilangnya ingatan atau Alzheimer—khususnya bila itu hanyalah permainan di situs atau video game—merupakan kunci bagi rahasia ilmu syaraf, kata Dr. Murali Doraiswamy, direktur program gangguan syaraf pemikiran di Duke Institute for Brain Sciences. Masalahnya, tutur Dr. Doraiswamy, belum banyak orang yang mahir dalam ilmu latihan pemikiran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

  • "Hampir semua pernyataan yang dilontarkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada agak berlebihan," katanya. "Kita memerlukan penelitian berskala nasional sebelum kita dapat memutuskan bahwa kita sudah siap."

  • Selama berabad-abad, para ilmuwan percaya bahwa sebagian besar perkembangan otak terjadi pada beberapa tahun pertama dari kehidupan kita. Bahwa sesudah dewasa, otak tidak banyak mengalami perkembangan. Tetapi selama 20 tahun terakhir, penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa otak terus membentuk jaringan syaraf sepanjang hidup.

  • Namun masih diragukan apakah latihan yang menantang otak, seperti teka-teki silang, belajar bahasa asing atau main video game dapat benar-benar meningkatkan kecerdasan atau mencegah hilang ingatan yang tidak parah.

  • Advertisement
  • Serangkaian penelitian menunjukkan bahwa latihan tertentu dapat mempertajam otak seseorang. Namun pada bulan Februari 2013, analisa atas 23 dari beberapa studi terbaik untuk latihan otak, yang dipimpin oleh peneliti Universitas Oslo, Monica Melby-Lervag, memutuskan bahwa meskipun para pesertanya mengalami kemajuan, ketrampilan mereka di bidang lain tidak meningkat. Dengan kata lain, bermain Sudoku atau permainan internet lainnya membuat Anda terampil dalam permainan itu, tetapi tidak membuat Anda lebih mahir dalam matematika atau mengingat nama.

  • Tetapi studi-studi lain lebih memberi harapan. September lalu, jurnal Nature menerbitkan studi yang diadakan para peneliti Universitas California, San Francisco, yang menunjukkan bagaimana permainan mengemudi dapat menambah ingatan berjangka pendek dan fokus yang berjangka panjang pada orang-orang dewasa. Penemuan ini bermakna besar karena ternyata prestasi tidak hanya terbatas pada permainan, tetapi juga berkaitan dengan meningkatnya kemampuan otak untuk tugas-tugas yang menyangkut ingatan dan perhatian.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Latihan untuk otak: benarkah dapat mempertajam ingatan?

Sekarang ini banyak latihan diciptakan untuk mempertajam ingatan guna mencegah penyakit seperti Alzheimer. Tetapi apakah hal ini benar-benar bermanfaat?
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr