Mencuri ilmu dari seorang Bob Sadino

Memiliki ratusan pengawal bukan jaminan keselamatan. Tapi kerendahan hati, keramahan dan tidak mencari musuh itulah kunci keselamatan sebenarnya.

6,998 views   |   34 shares
  • Lampung, 9 Maret 1933, lahirlah seorang anak laki-laki bernama Bambang Mustari Sadino yang kemudian akrab dipanggil sebagai Bob Sadino. Bob Sadino selama ini dikenal sebagai sosok pengusaha sukses nan inspiratif, dan juga nyentrik karena gemar mengenakan celana pendek dalam setiap aktivitasnya.

  • Om Bob saat ini telah meninggal dunia. Namun, seperti pepatah mengatakan "Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama." Jasa seorang Bob Sadino tidak akan pernah dilupakan meskipun yang bersangkutan telah terlebih dahulu meninggalkan kita.

  • Ada banyak hal telah diteladankan oleh sosok Bob Sadino, salah satunya bagaimana cara beliau memandang kehidupan. Seperti dikutip dari buku karyanya yang berjudul Mereka Bilang Saya Gila, inilah beberapa poin yang bisa kita pelajari dari beliau:

  • 1. Memiliki ratusan pengawal bukan jaminan keselamatan. Tapi kerendahan hati, keramahan dan tidak mencari musuh itulah kunci keselamatan sebenarnya.

  • 2. Berbagai macam jenis obat bukan jaminan tubuh sehat. Tapi menjaga ucapan, cukup istirahat, menjaga hati, pikiran, makan dengan gizi yang seimbang serta olahrga dengan teratur, itulah kunci hidup sehat yang sebenarnya.

  • 3. Rumah mewah dan harta bukan jaminan keluarga bahagia. Tapi saling mengasihi, saling menghormati, kesabaran, dan kesediaan diri untuk mau saling memaafkan, itulah kunci untuk memiliki keluarga yang bahagia sebenarnya.

  • 4. Penghasilan tinggi tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur kepuasan dalam hidup seseorang. Tetapi kemampuan masing-masing orang untuk bersyukur, bersedia saling berbagi, serta saling mengasihi, itulah kunci kepuasan hidup yang sesungguhnya.

  • 5. Kekayaan yang Anda miliki tidak bisa menjamin diri Anda mampu hidup secara terhormat. Akan tetapi, melalui kejujuran, sopan-santun, kemurahan hati, dan kesediaan untuk menghargai orang lain, itulah kunci mencapai kehormatan yang sesungguhnya.

  • 6. Hati-hatilah dengan kebiasan hidup berfoya-foya, karena itu bukan jaminan Anda memiliki banyak sahabat. Tapi sikap setia kawan, kebijaksanaan, bersedia saling menghargai, tidak memilih teman, murah senyum, dan suka menolong, itulah sebenarnya kunci untuk bisa memiliki teman yang setia.

  • 7. Untuk para wanita, kosmetik bukan jaminan kecantikan. Tetapi kelembutan hati, kasih sayang, ketulusan hati, senyuman, kebaikan budi pekerti, itulah kunci kencantikan yang sesungguhnya.

  • 8. Sekuriti dan sistem pengamanan yang canggih bukan jaminan hidup Anda bisa tenang. Tetapi, keimanan yang bak, hati yang damai, keluarga yang bahagia, teman yang setia, tidak memiliki musuh, dan tidak adanya kebencian dalam hati adalah kunci untuk memperoleh ketenangan yang sebenarnya.

  • Advertisement
  • 9. Lihatlah ke langit. Hidup kita sebaiknya seperti bulan dan matahari, yang tetap akan bersinar, tidak peduli apakah ada yang memerhatikan atau tidak.

  • 10. Jangan mudah mengeluh karena masih banyak orang yang hidupnya jauh lebih susah. Jangan pula bilang Anda kaya, karena masih ada banyak orang yang jauh lebih kaya. Ingatlah, di atas langit masih ada langit. Yang Anda miliki saat ini semuanya sementara, Anda tidak akan membawanya serta ketika mati.

  • 11. Hidup adalah proses belajar, maka teruslah mengucap syukur dan mengasihi sesama. Karena Anda tidak akan pernah tahu kapan saatnya Tuhan memanggil Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Mencuri ilmu dari seorang Bob Sadino

Memiliki ratusan pengawal bukan jaminan keselamatan. Tapi kerendahan hati, keramahan dan tidak mencari musuh itulah kunci keselamatan sebenarnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr