Nutrisi otak yang cukup untuk mengusir kesedihan

Kesedihan yang berlarut hanya akan memberikan dampak buruk bagi kita. Salah satu cara untuk menyingkirkannya adalah dengan nutrisi yang cukup bagi otak.

3,550 views   |   4 shares
  • Seseorang pernah berkata; Kesedihan itu melemahkan hati dan merusak niat berbuat baik. Anda setuju?

  • Pernah nonton film-film rasa depresi seperti The Disappearence of Eleanor Rigby? Apa yang Anda rasakan setelah menonton? Ikut depresi atau sibuk mempertanyakan mengapa bisa ada orang yang sesedih itu? Tidak bisa melanjutkan kehidupan setelah terbentur ujian berat, seperti kematian orang tersayang?

  • Manusia memang jenis mahluk sempurna yang diciptakan Tuhan, namun terlalu rumit untuk dipelajari. Setiap orang memiliki rasa yang berbeda dari yang lain. Inilah yang kemudian amat menyulitkan.

  • Untungnya, manusia masih memiliki otak, organ terpenting yang sebetulnya bisa diukur dengan kurva dan bisa diberi standar kemampuan. Keberadaannya yang kemudian harus membantu setiap manusia untuk bisa bangkit dari keterpurukan, serta menyingkirkan dominasi rasa yang kerap mengganggu. Menurut teori, semakin sering seorang manusia memaksimalkan kinerja otak, semakin ia menjadi orang yang kurang sensitif. Berbagai macam rasa itu kemudian tersingkir karena kesibukan otak.

  • Menurut Con Stough, profesor psikologi dan cognitive neuroscience dari Universitas Teknologi Swinburne di Melbourne, Australia, otak butuh nutrisi dari berbagai aspek. Dengan belajar, berkegiatan, membaca dan sebagainya, kita sedang menutrisi otak dengan menyambungkan neuron satu dan lainnya. Begitu pun dengan makan sehat, olahraga dan tidur cukup. Namun, bukan meningkatkan kapasitas otak, melainkan melatih otak agar tetap bekerja dengan baik.

  • Otak manusia telah digunakan dengan maksimal dan bukan hanya 10 persennya, menurut Stough. Namun, memang butuh selalu diberikan nutrisi sama seperti organ lainnya. Menurut penelitian dari Universitas Leiden di Belanda, ada bagian otak yang bernama Me Center yang tugasnya memproses informasi terkait diri kita sendiri dan pengalaman yanng dirasakan. Me center ini amat "dekat" dengan sebutan sentral ketakutan. Stres atau takut akan menyalakan me center di otak dan mengakibatkan kecemasan berlebih. Di saat itulah kita merasa sedih.

  • Syukurlah, Tuhan tidak tidur. Ia menciptakan kesedihan, dan obatnya sekaligus. Cara efektif untuk meredam gejolak Me center adalah membangun koneksi antar neuron, sehingga kita bisa menguatkan koneksi antara otak kita dengan sensasi tubuh serta reaksi ketakutan. Kita bisa menyikapi segala tekanan dengan berpikir rasional.

  • Intinya, semakin banyak kita memberi nutrisi pada otak, alias membangunkan koneksi antar neuron di otak kita, maka kita semakin pandai berpikir rasional dalam menghadapi apa pun. Inilah jawaban dari misteri abad ini, tentang rasa yang terlalu dominan dalam kehidupan seseorang. Enyahkanlah rasa sedih yang mengganggu serta rasa galau yang membuat seseorang tidak bisa bangkit.

  • Advertisement
  • Berikan nutrisi yang otak kita butuhkan: makan sehat, tidur cukup, olahraga, perbanyak ibadah dan rutin belajar. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kita akan membuat otak bekerja dengan stabil, lalu membuatnya mampu mendominasi rasa. Kita akan mampu menjaga diri sendiri dari perbuatan "gila" seperti niat bunuh diri atau lari dari masalah. Percayalah, jika tak diatasi, rasa sedih akan terus mengejar tanpa henti. Jadi, berhentilah lari. Hadapi, dan beri nutrisi pada otak.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Nutrisi otak yang cukup untuk mengusir kesedihan

Kesedihan yang berlarut hanya akan memberikan dampak buruk bagi kita. Salah satu cara untuk menyingkirkannya adalah dengan nutrisi yang cukup bagi otak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr