Tanda-tanda kecanduan teknologi. Anda mengidap salah satunya?

Apakah Anda menggunakan teknologi digital seperti ponsel, surel, video game, dan lain-lain? Banyak di antara Anda yang akan menjawab ya. Alat-alat elektronik memegang peranan penting di tempat kerja, pergaulan sosial dan bidang hiburan.

2,372 views   |   6 shares
  • Apakah Anda menggunakan teknologi digital seperti ponsel, surel, video game, dan lain-lain? Banyak di antara Anda yang akan menjawab ya. Alat-alat elektronik memegang peranan penting di tempat kerja, pergaulan sosial dan bidang hiburan. Sayangnya banyak orang, khususnya remaja, sangat tergantung pada penggunaan teknologi.

  • Ketergantungan ini bahkan dapat disebut kecanduan. Contohnya Jenni yang baru berusia 20 tahun, dia terpaksa mengakui bahwa teman baiknya adalah ponselnya. Dia memastikan bahwa ponselnya selalu berada di dekatnya. Dia kelabakan bila berada di area yang tidak terjangkau jaringan satelit ponsel. Sesudah setengah jam berlalu dia mencoba memeriksa ada pesan atau tidak. Sungguh kacau!

  • Dan tentu ada lebih dari satu Jenni di dunia ini, yang kecanduan dengan teknologi. Tidak peduli apa nama gejala ini, penggunaan teknologi digital yang tidak bijaksana dapat menimbulkan masalah. Dalam kasus tertentu, hal ini mengakibatkan keretakan keluarga. Keluh seorang gadis remaja, "Ayahku tidak tahu lagi apa yang terjadi dalam hidupku. Dia duduk di ruang tamu sambil menulis surel sementara berbicara kepadaku. Dia tidak pernah meletakkan ponselnya. Ayahku mungkin sayang kepadaku tetapi kadang-kadang tampaknya dia tidak peduli."

  • Rehabilitasi

  • Negara-negara seperti Cina, Korea Selatan, Inggris dan Amerika telah mendirikan pusat "penyembuhan" digital untuk menanggulangi penyalahgunaan teknologi. Di tempat ini orang yang kecanduan dilarang memakai internet dan alat digital selama beberapa hari. Misalnya, Brett, seorang remaja yang main game selama 16 jam sehari. "Bila aku main game, rasanya seperti melayang sehabis minum narkoba," kata Brett. Dia kehilangan pekerjaan, tidak memperhatikan kebersihan badannya, dan tidak mempunyai teman. Ketika menyadari keadaannya, Brett masuk ke sebuah pusat penyembuhan.

  • Pemakaian teknologi

  • Tentukan dampak pemakaian teknologi digital dalam hidup Anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini:

    • Apakah aku merasa tidak tenang, bahkan mudah marah, jika aku tidak dapat menggunakan internet atau alat elektronik?

    • Apakah aku terus menggunakan internet atau alat elektronik jauh sesudah saat yang aku tentukan untuk berhenti.

    • Apakah aku kurang tidur karena memeriksa pesan-pesan di ponsel setiap malam?

    • Apakah penggunaan alat teknologi digital membuat aku melalaikan keluarga?

    • Apakah anggota keluargaku setuju dengan jawabanku atas pertanyaan ini?

  • Advertisement
  • Jika penggunaan internet Anda mengakibatkan Anda melalaikan hal-hal yang lebih penting, termasuk keluarga dan kewajiban-kewajiban lain, sekaranglah saatnya untuk membuat perubahan.

  • Batasi penggunaan alat teknologi digital

  • Sesuatu yang baik, jika terlalu banyak, dapat merugikan. Jadi tidak peduli apakah Anda menggunakan teknologi digital untuk bisnis atau bersantai, batasilah penggunaannya, dan tepati keputusan itu. Mintalah bantuan keluarga atau teman untuk mengingatkan Anda. Dengan adanya alat teknologi yang makin canggih makin besar penyalahgunaannya. Namun jangan biarkan kemajuan teknologi menyeret Anda ke arah kecanduan. Untuk menghindari hal ini, aturlah waktu Anda sebijaksana mungkin. Jika Anda mempunyai anak-anak, perhatikanlah berapa lama mereka bermain dengan alat teknologi digital setiap harinya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Tanda-tanda kecanduan teknologi. Anda mengidap salah satunya?

Apakah Anda menggunakan teknologi digital seperti ponsel, surel, video game, dan lain-lain? Banyak di antara Anda yang akan menjawab ya. Alat-alat elektronik memegang peranan penting di tempat kerja, pergaulan sosial dan bidang hiburan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr