Saran Pemberian Makanan pada Bayi Selama Tahun Pertama

Andalah yang memastikan makanan apa yang masuk ke dalam mulut anak Anda sesuai dengan usia mereka.Artikel ini memberikan informasi terkini mengenai pemberian makanan pada bayi Anda selama tahun pertama.

1,968 views   |   0 shares
  • Bayi senang memasukan benda-benda ke dalam mulut mereka. Andalah yang memastikan makanan apa yang masuk ke dalam mulut anak Anda sesuai dengan usia mereka. Saran medis tentang makanan bayi sering berubah. Artikel ini memberikan informasi terkini mengenai pemberian makanan pada bayi Anda selama tahun pertama.

  • Usia 0-6 bulan

  • Makanan bayi untuk usia 6 bulan pertama sangat terbatas jenisnya. Dari lahir hingga usia 6 bulan, bayi hanya boleh minum ASI. Tidak ada sereal, tidak ada puree sayur, dan yang pasti tidak ada es krim. The menaikan standar usia untuk mulai memberikan makanan padat dari 4 bulan ke 6 bulan, sesuai dengan penelitian yang menunjukkan hasil tentang manfaat pemberian ASI hingga usia paling sedikit 6 bulan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang hal ini, tanyakanlah kepada dokter anak Anda.

  • Usia 6-9 bulan

  • Sekarang adalah waktu yang telah Anda tunggu-tunggu. Bayi Anda sudah mulai tertarik dengan makanan Anda dan waktu makan keluarga. Dia dapat duduk dan memasukkan tangannya ke dalam mulutnya. Walaupun Anda dapat mulai memberikan buah-buahan atau sayur-sayuran kepada bayi Anda, mungkin juga Anda ingin memilih gandum sederhana seperti sereal beras atau oatmeal/havermut bayi. Campurkan dengan ASI, rasanya mudah diterima oleh bayi.

  • Beberapa orang menyarankan untuk memberikan sayur-sayuran sebelum memberikan buah-buahan supaya bayi tidak lebih menyukai makanan yang manis. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang biasanya diperkenalkan pada tahap awal pemberian makanan padat adalah ubi jalar, wortel, kacang polong, buncis, labu, buah pir, saus apel, dan pisang. Anak saya menyukai rasa yang ringan dan tekstur yang lembut dari alpukat. Anda dapat juga mencampur puree sayuran dengan sereal beras untuk menetralkan rasa dan mengentalkan sereal. Pastikan untuk memberikan sedikit demi sedikit. Saat Anda memulai dengan makanan padat, bayi Anda mungkin tidak akan makan banyak. Itu adalah hal yang normal. Kebutuhan nutrisi yang diperlukannya masih tersedia dari ASI.

  • Pada usia ini Anda juga dapat memperkenalkan puree kacang-kacangan dan puree daging atau tahu. Perkenalkan makanan satu persatu dan tunggu dua atau tiga hari sebelum memperkenalkan makanan baru. Hati-hati dengan tanda-tanda alergi, seperti kulit kemerahan, diare, atau muntah-muntah.

  • Usia 9-12 bulan

  • Sekarang ketika bayi Anda dapat memegang makanan dan menelan dengan mudah, ada banyak pilihan. Jika gigi bayi Anda sudah tumbuh, atau kemampuan untuk mengunyah dan menelannya sudah baik, Anda dapat memulai dengan makanan yang mudah digenggam seperti sepotong roti, sereal kering, sedikit pasta, potongan pisang, dan biskuit untuk melatih pertumbuhan gigi.

  • Advertisement
  • Selain makanan yang digenggam sendiri, Anda dapat memperkenalkan produk-produk olahan dari susu seperti yogurt (carilah yang kadar gulanya rendah, dan mengandung lemak), dan keju-kejuan. Telur rebus atau telur dadar juga dapat menjadi sumber protein pilihan bagi bayi yang lebih besar. Daging harus benar-benar dihaluskan atau dipuree dengan makanan lain untuk mencegah agar bayi tidak tersedak. Pada usia ini kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran sudah tidak perlu dipuree, cukup ditumbuk saja.

  • Makanan yang perlu dihindari

  • Semestinya bayi tidak minum madu selama tahun pertama untuk menghindari risiko botulisme pada bayi, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan sakit parah. Anda juga perlu menghindari makanan yang dapat menyebabkan tersedak, seperti anggur dan tomat ceri atau makanan keras seperti wortel. Selai kacang terlalu lengket untuk ditelan oleh bayi; beberapa permen juga memiliki masalah yang sama. Hindari memberikan susu sapi sampai usia satu tahun, karena protein yang berasal dari susu sapi sulit untuk dicerna oleh bayi.

  • Jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi makanan, tanyakan kepada dokter Anda cara menanganinya. Misalnya, beberapa dokter menyarankan untuk tidak memberikan kacang-kacangan hingga usia dua tahun untuk keluarga yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

  • Bayi Anda mungkin siap menerima makanan lebih cepat dari yang disarankan di sini. Tetapi, bayi Anda yang berusia 8 bulan mungkin belum siap untuk makanan yang dapat dipegang hingga usia 10 bulan. Pastikan untuk membahas perkembangan anak Anda bersama dokter anak Anda saat Anda membawanya ke dokter, dan selamat makan!

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Baby buffet: Feeding tips for baby's first year” karya Amy Peterson.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Amy M. Peterson, a former high school English teacher, currently lives in Oregon with her husband and four children. She spends her days writing, reading, exercising and trying to get her family to eat more vegetables.

Saran Pemberian Makanan pada Bayi Selama Tahun Pertama

Andalah yang memastikan makanan apa yang masuk ke dalam mulut anak Anda sesuai dengan usia mereka.Artikel ini memberikan informasi terkini mengenai pemberian makanan pada bayi Anda selama tahun pertama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr