5 langkah menuju puncak karier

Anda seorang yang berambisi dan tidak ingin melakukan pekerjaan yang sama bertahun-tahun tanpa kemajuan? Apa yang harus Anda lakukan supaya berhasil menaiki anak tangga karier?

1,912 views   |   2 shares
  • Anda seorang yang berambisi dan tidak ingin melakukan pekerjaan yang sama bertahun-tahun tanpa kemajuan? Apa yang harus Anda lakukan supaya berhasil menaiki anak tangga karier? Tanpa bantuan keluarga alias koneksi, Anda dapat berhasil meningkatkan karier Anda, tentu dengan kerja keras. Inilah tipsnya:

  • 1. Tunjukkan kemampuan

  • Meskipun memulai dari bawah, Anda memiliki kesempatan menunjukkan kemampuan. Saya kenal seorang manajer toko yang semula jabatannya adalah pegawai biasa. Karena mampu menunjukkan tanggung jawab, dia dinaikkan jabatan. Sebagai siswa, dia juga rajin sampai meraih gelar sarjana. Lambat laun, sesudah dinaikkan jabatan beberapa kali, dia diangkat menjadi manajer. Tunjukkanlah bahwa Anda pekerja keras, dapat dipercaya dan terampil. Atasan akan terkesan dengan prestasi Anda.

  • 2. Jangan ragu mengambil kesempatan

  • Apabila ada lowongan di tempat Anda bekerja yang menawarkan jabatan lebih tinggi, janganlah ragu mengambil kesempatan itu. Bila Anda ragu, Anda terlihat tidak percaya diri mengisi lowongan itu. Jika Anda tidak percaya kepada kemampuan Anda sendiri, siapa yang akan percaya? Anda sudah bekerja di kantor tersebut, paling tidak Anda mengetahui seluk-beluknya. Sedikit tambahan tanggung jawab tidak akan menyulitkan. Dengan kenaikan jabatan, Anda akan lebih mudah mencari pekerjaan lain bila perlu.

  • 3. Keberhasilan mencapai prestasi

  • Mencetak prestasi. Itulah yang harus Anda terus lakukan untuk berhasil dalam jabatan yang baru. Bila dalam jabatan ini Anda harus memimpin beberapa anak buah, ajaklah mereka bekerja sama menyelesaikan pekerjaan. Jangan khawatir jika mereka memiliki pendapat berbeda dalam jabatan yang baru ini. Hargailah pendapat-pendapat itu. Akan membosankan jika di dunia ini tidak ada perbedaan. Justru perbedaan dapat dipakai sebagai kekuatan bukan kelemahan. Perbedaan memberi bumbu pada kehidupan.

  • 4. Tidak goyah menghadapi tantangan

  • Jangan takut menghadapi tantangan, karena justru inilah kesempatan untuk menunjukkan keterampilan dan keuletan Anda. Buktikan bahwa Anda tidak menyerah dan selalu mencari jalan keluar untuk meraih pemecahannya. Anda mengasah otak sendiri di samping menggali pendapat rekan-rekan kerja Anda guna memperoleh jawaban bagi kesulitan itu.

  • 5. Hidup secara sehat

  • Bekerja keras memerlukan fisik yang sehat. Untuk itu, Anda harus mengatur hidup supaya seimbang. Tidur cukup, makan makanan sehat, dan olah raga. Jangan karena memburu karier, Anda melupakan salah satu dari ketiga hal ini. Bekerja keras bukan alasan untuk mengurangi tidur atau melalaikan jam makan. Olah raga jangan dilupakan karena tubuh yang sehat menunjang otak yang cerdas.

  • Advertisement
  • Tentu saja rohani juga perlu diperhatikan supaya kehidupan keluarga dan pekerjaan dapat berjalan harmonis. Permasalahan di rumah memang seharusnya ditinggalkan di rumah, tetapi kita tidak dapat memungkiri bahwa kekacauan dalam hidup tetap saja mengganggu pikiran. Jika tidak diatasi, pekerjaan Anda akan terganggu karena Anda sulit untuk memusatkan perhatian. Lambat laun, hal ini akan menghambat karier Anda. Inilah pentingnya memiliki hidup yang seimbang agar Anda - dan karier Anda - tidak terjatuh lebih dalam saat masalah datang melanda.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 langkah menuju puncak karier

Anda seorang yang berambisi dan tidak ingin melakukan pekerjaan yang sama bertahun-tahun tanpa kemajuan? Apa yang harus Anda lakukan supaya berhasil menaiki anak tangga karier?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr