Perbuatan baik akan membuahkan hasil yang besar

Semua agama tentu memberikan pengajaran akan hal-hal baik yang harus Anda lakukan selama hidup di dunia ini. Manusia tidak bisa hidup dengan dirinya sendiri. Bagaimanapun kuat dan mandirinya Anda, tetap saja Anda membutuhkan orang lain.

3,258 views   |   6 shares
  • Semua agama tentu memberikan pengajaran akan hal-hal baik yang harus Anda lakukan selama hidup di dunia ini. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Bagaimanapun kuat dan mandirinya Anda, tetap saja Anda membutuhkan orang lain. Hidup bersosialisasi akan lebih indah dan bermakna dibanding hidup sendiri.

  • Di antara sesama manusia, kita harus peduli, saling menolong dan memperhatikan orang lain demi kesejahteraan kita bersama, tanpa melihat siapa orang itu. Semua orang berhak menerima pertolongan Anda, jika memang mereka membutuhkannya. Pernahkah Anda mendengar atau membaca kalimat "memberi lebih baik daripada menerima"? Orang yang memberi pada saat dirinya kekurangan, ternyata adalah orang yang paling kaya daripada orang yang memberi pada saat dirinya berlimpah.

  • Ketika Anda memberi, berilah yang terbaik dari apa yang Anda punya, bukan berbicara soal besar kecilnya pemberian Anda, tetapi berbicara tentang sudahkah Anda menolong mereka yang membutuhkan? Jangan biarkan Anda termasuk kedalam kategori orang-orang yang tidak peduli dengan orang lain yang sesungguhnya membutuhkan Anda. Jangan menutup mata dan telinga Anda, ketika seseorang berseru mengharapkan bantuan Anda. Apapun yang Anda lakukan kepada orang lain, hendaknya Anda melakukannya tanpa mengharapkan balasan.

  • Beberapa penelitian memberi gambaran, bagaimana perbuatan baik yang dilakukan secara spontan tanpa rekayasa mampu memberikan kebahagiaan yang berbeda bagi dirinya sendiri. Tanamkan dalam diri Anda, bahwa dengan memberi, Anda belajar untuk ikhlas dan tulus menolong orang lain. Motivasi Anda merupakan hal penting, lakukanlah dengan perhatian dan datang dari hati tanpa paksaan. Jangan pikirkan hukum timbal balik. Lakukan saja bagian Anda. Dengan memberi, Anda telah menyaksikan kebahagiaan orang lain. Dengan berbuat baik, Anda telah menunaikan ibadah Anda. Semua yang baik akan melahirkan hal yang baik pula.

  • Lalu, Mengapa perbuatan kecil seperti memberi bisa membuahkan hasil yang begitu besar?

  • "Semua manusia tidak akan pernah tahu nasib hidupnya besok seperti apa, termasuk saya. Mungkin hari ini saya bisa memberi. Tetapi besok, saya tidak tahu apakah saya masih diberi kesempatan untuk memberi dan berbuat baik kepada orang lain? Kalau hal kecil ini saja saya tidak bisa lakukan hari ini, bagaimana mungkin saya bisa mengharapkan hal yang besar besok akan terjadi pada diri saya? Berbuat baiklah selagi kita diberi kesempatan " (Imel, 28 Tahun, IRT, Balikpapan)

  • "Sejak kecil, orangtua saya selalu mengajarkan untuk dapat selalu memberi atau membantu orang yang kesusahan dalam keadaan apapun. Didikan orangtua saya melekat pada diri saya hingga saat ini, dan saya turunkan pada anak-anak saya. Sekarang saya tahu mengapa orangtua saya mengajarkan saya untuk melakukan itu, dengan memberi secara tulus, saya menerima banyak berkat dalam hidup saya. Bukan secara materi saja, tetapi saya mendapatkan berkat kebahagian atas cinta yang besar yang ada dalam keluarga saya." (Mita, 32 Tahun, Pengusaha, Balikpapan)

  • Advertisement
  • Jadi, jawabannya adalah dengan pemberian yang kecil, kebahagiaan yang besar akan Anda peroleh. Perbuatan baik akan memberikan pengaruh dan dampak yang sangat kuat bagi Anda dan orang lain walaupun berupa perbuatan kecil. Apapun penjelasannya, pesan praktisnya akan lebih jelas Anda rasakan jika Anda langsung melakukannya. Sudahkah hari ini Anda berbuat baik kepada sesama Anda? Ketika ada peluang berbuat baik, lakukanlah tanpa berpikir panjang.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Perbuatan baik akan membuahkan hasil yang besar

Semua agama tentu memberikan pengajaran akan hal-hal baik yang harus Anda lakukan selama hidup di dunia ini. Manusia tidak bisa hidup dengan dirinya sendiri. Bagaimanapun kuat dan mandirinya Anda, tetap saja Anda membutuhkan orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr