Cinta itu (seharusnya) bahagia

Bisakah Anda menerjemahkan arti cinta? Sulit ya.Karena cinta adalah hal yang kompleks, dan dirasakan berbeda oleh setiap orang. Namun bahagia? Tentunya lebih mudah didefinisikan. Maka, mari sibukkan diri dengan rasa bahagia.

3,207 views   |   15 shares
  • Banyak yang bilang cinta bukan komponen penting dalam membina hubungan dengan pasangan. Bahkan pepatah lama mengatakan cinta biasanya hanya bertahan paling lama empat tahun, setelah itu lenyap dan berganti dengan pengertian.

  • Sebetulnya, apa itu cinta? Rasanya tidak ada yang bisa memberikan definisi cinta, karena yang namanya rasa, ya hanya bisa dirasakan. Tak bisa dikisahkan apalagi dikalkulasi.

  • Jadi, bahwa cinta akan lenyap dan berganti dengan pengertian rasanya sulit dipercaya. Mungkin akan lebih baik jika kita menggunakan kata 'bahagia' ketimbang 'cinta' karena bahagia, lebih mudah dirasakan.

  • Bangun pagi dengan sebuah kecupan manis di kening, takkan bisa didefinisikan sebagai cinta. Tapi, jika Anda bahagia dengan perlakuan itu, Anda akan tahu persis rasanya. Menyiapkan sarapan kesukaan pasangan juga begitu. Saat pasangan Anda tersenyum dan memeluk lalu mengatakan terima kasih, Anda akan turut tersenyum dan merasa bahagia.

  • Jadi mungkin benar, bahagia itu sederhana. Karena itu, bertahanlah dalam kebahagiaan. Hubungan Anda akan terus terasa menyenangkan, jika Anda berdua merasa bahagia. Mungkin di situlah letak cinta. Saat Anda merasa bahagia, dan bisa membahagiakan. Lalu bagaimana jika kebahagiaan itu mulai luruh dan menghilang? Tak ada lagi rasa senang melihat pasangan saat bangun tidur, hingga Anda lupa memberi kecupan. Tak ada lagi keinginan untuk menyiapkan sarapan kesukaannya hingga hari-hari berlalu begitu saja.

  • Tanyakanlah hal itu pada diri Anda sendiri, mengapa Anda tidak lagi bahagia. Lalu apa yang Anda inginkan? Jika Anda masih ingin berada dalam hubungan ini hingga maut memisahkan, maka tak ada lagi cara lain, kecuali berbahagia.

  • "Salah satu cara terbaik untuk membuat diri Anda bahagia adalah dengan membuat orang lain bahagia. Dan salah satu cara terbaik untuk membuat orang lain bahagia, adalah dengan memunculkan rasa bahagia itu dalam diri Anda sendiri," tutur Gretchen Rubin dalam bukunya The Happiness Project.

  • Jadi, mulailah lakukan kembali hal-hal yang membahagiakan pasangan Anda. Mulailah dari diri sendiri. Kebahagiaan itu seperti virus flu, mudah sekali menular. Senyum dibalas senyum, dan peluk dibalas peluk. Lakukan hal yang sangat sederhana, murah, dan mudah ini setiap kali bersama dengannya.

  • Bahagiakan diri Anda dengan membahagiakannya. Saat Anda sudah merasa bahagia, ia pun akan kembali berbahagia. Mungkin di dalam kebahagiaan itulah munculnya rasa cinta. Jadi, seharusnya cinta tak akan menghilang, selama Anda berdua selalu merasa bahagia dan ingin membahagiakan yang lain.

  • Advertisement
  • Eric Weiner di buku The Geography of Bliss mengatakan, "Sumber terpenting dari rasa bahagia adalah orang lain. Dan apa yang uang telah lakukan? Uang seolah mengizinkan kita untuk membangun tembok. Kita berpindah dari asrama mahasiswa yang saling berdekatan ke apartemen, lalu ke sebuah rumah. Bahkan saat kita menjadi semakin kaya, kita pindah ke rumah mewah yang tinggi dan kokoh. Saat itu, kita berpikir bahwa kita sudah melakukan pencapaian. Padahal yang sebenarnya terjadi, kita hanyalah membentengi diri sendiri."

  • Maka, runtuhkanlah benteng itu, dan mulailah kembali pada rasa bahagia dan mulailah lagi membahagiakan satu sama lain.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Cinta itu (seharusnya) bahagia

Bisakah Anda menerjemahkan arti cinta? Sulit ya.Karena cinta adalah hal yang kompleks, dan dirasakan berbeda oleh setiap orang. Namun bahagia? Tentunya lebih mudah didefinisikan. Maka, mari sibukkan diri dengan rasa bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr