Pentingnya buku harian bagi si kecil

Menulis adalah kegiatan yang amat berguna dalam membantu optimalisasi tumbuh kembang seorang anak. Sayangnya hal ini belum sering diperhatikan oleh orangtua. Padahal, caranya sangat mudah. Mulailah dengan menulis setiap hari di sebuah buku harian.

1,047 views   |   3 shares
  • Menulis dan mengungkapkan perasaan, bukan hal yang mudah untuk anak-anak. Padahal menulis merupakan kegiatan yang baik, karena berperan besar dalam mengolah pertumbuhan emosional, membangun kemampuan berpikir kritis, dan memperbaiki prestasi di sekolah.

  • Pam Allyn, dalam bukunya Your Child's Writing Life: How to Inspire Confidence, Creativity and Skill at Every Age, mengatakan kemampuan mengekspresikan diri sendiri adalah sebuah keterampilan. "Dengan membantu anak-anak Anda mengolah kemampuan ini, Anda telah memberikannya kekuatan yang amat berharga untuk mampu membagi ide-idenya pada dunia dengan cara yang terbaik; tulisan."

  • Iya, karena bahasa adalah alat yang dapat menyatukan kita. Mengajari anak mengekspresikan diri sejak usia muda akan membuat mereka mampu merintis tujuan hidup, niat, dan memanfaatkan kegemarannya di masa depan. Menulis akan membuat anak-anak memiliki rasa bahwa dirinya penting, dan akan membantunya memberikan suara pada seluruh dunia dengan bangga.

  • Sebuah studi oleh Departemen Pendidikan Amerika menyatakan bahwa menulis adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pencapaian akademis di sekolah. Menulis juga akan memperbaiki ekspresi diri dan kemandirian seorang anak. Ini terjadi karena saat menulis, mereka otomatis akan lebih banyak membaca agar tulisannya lebih berisi dan lebih baik lagi.

  • Mereka juga lebih banyak belajar agar tidak menuliskan hal-hal yang membosankan. Hal ini tentunya memperbaiki kualitas akademis seorang anak. Apalagi jika kegiatan menulis tersebut dilakukan di rumah dan di sekolah secara konsisten.

  • Lalu bagaimana cara termudah untuk membiasakan seorang anak untuk menulis?

  • Buku harian. Ini cara termudah, termurah, dan efektif. Menulis setiap hari melatih seseorang untuk menghasilkan cerita-cerita yang menarik meski hanya untuk dibacanya sendiri.

  • Membiasakannya menceritakan perasaan, dan menuangkannya ke dalam diary akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ia bisa menggambar untuk melengkapi tulisannya, atau menempelkan foto atau apapun yang ia alami hari itu. ia juga bisa melatih motorik halusnya dengan menulis. Hal ini tentu akan berperan besar di tengah generasi gadget sekarang ini.

  • Dukung ia untuk menulis di buku hariannya setiap hari. Berikan ide-ide segar saat Anda mengobrol dengannya. Berikan pancingan berupa pertanyaan yang akan membuatnya penasaran dan mencari tahu, kemudian menuliskannya di diary. Ungkapkan pendapat Anda atas kisah yang ia ceritakan.

  • Advertisement
  • Setelah itu, ajak dia untuk menuliskan diskusi tadi di buku hariannya. Katakan padanya untuk mencatat sebagai kenang-kenangan, dan teruslah menulis setiap hari. Namun jangan lupa, ingatkan bahwa di sekolah adalah waktunya belajar. Apa yang ia alami di sekolah bisa ia tuliskan di diary setelah pulang.

  • Yang penting bagi orangtua, hargai privasi anak-anak Anda. Jika Anda penasaran ingin membaca isi buku hariannya, mintalah izinnya. Jangan membuka dan membaca diary tanpa izin. Anda harus mendapatkan kepercayaannya, dan membuatnya merasa nyaman dengan menulis. Biarkan ia bebas menceritakan apa pun di buku itu, tanpa perlu khawatir akan dibaca oleh siapapun.

  • Dengan merasa nyaman, ia juga akan lebih gemar menulis dan bisa mengembangkan kemampuannya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Pentingnya buku harian bagi si kecil

Menulis adalah kegiatan yang amat berguna dalam membantu optimalisasi tumbuh kembang seorang anak. Sayangnya hal ini belum sering diperhatikan oleh orangtua. Padahal, caranya sangat mudah. Mulailah dengan menulis setiap hari di sebuah buku harian.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr