Memanfaatkan media sosial secara bijak

Sebagai pemakai media sosial, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan membuat hidup Anda menjadi bergantung padanya. Untuk itu, gunakalah media sosial dalam kehidupan sehari-hari Anda sebijaksana mungkin.

3,272 views   |   24 shares
  • Facebook, Twitter, Instagram, PathLine dan yang lainnya. Siapa sih yang tidak kenal situs-situs tersebut?. Bukan hanya kita yang ada di Indonesia yang tahu, namun seluruh dunia pun memanfaatkan situs-situs tersebut. Situs-situs tersebut diciptakan seiring berkembangnya teknologi informasi yang ada. Dan kenyataannya, perkembangannya yang pesat sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi kehidupan kita sehari-hari. Untuk mengakses situs-situs tersebut, Anda tentunya harus menggunakan fasilitas internet. Dewasa ini kehidupan Anda, sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya internet. Kebutuhan akan internet memudahkan Anda bersosialisasi melalui media sosial yang ditawarkan lewat smartphone, tablet, laptop atau komputer Anda. Apalagi sekarang ini situs-situs tersebut, sudah sangat mudah diakses melalui gadget kesayaangan Anda. Jadi, sudah menjadi pemandangan biasa, jika Anda melihat atau bertemu dengan orang-orang yang sibuk memainkan gadgetnya hanya untuk mengakses situs-situs tersebut. Tidak mengenal usia, gender, jabatan, waktu dan tempatnya. Semua orang seperti terhipnotis dengan adanya situs-situs tersebut, seperti ada yang kurang jika dalam sehari tidak meng-update atau mengutak-atik situs favoritnya. Bahkan bagi sebagian besar orang, hal ini sudah menjadi candu. Parahnya lagi ada istilah "kampungan" atau "tidak gaul" jika tidak memiliki akun di media sosial. Kehidupan manusia sekarang seolah-olah bergantung pada media sosial tersebut. Setiap orang tentu mempunyai alasan mengapa mereka menggunakannya. Pengaruhnya sangat besar, bukan hanya menimbulkan manfaat positif bagi yang menggunakannya, tetapi bisa berdampak negatif jika salah menggunakannya. Berikut manfaatnya bersosial media bagi kehidupan Anda:

  • 1. Untuk Bersosialisasi

  • Ya namanya juga media sosial, tentu manfaat utamanya adalah bersosialisasi. Di sini Anda bisa mengobrol, curhat atau membahas apa saja yang membuat Anda lama kelamaan menjadi penasaran. Anda bisa berbagi foto, data, informasi, gambar, cerita-cerita lucu kepada orang-orang yang Anda inginkan.

  • 2. Memperluas pertemanan

  • Melalui media sosial, Anda dapat terhubung dengan teman, saudara, keluarga, rekan kerja atau bahkan seseorang yang belum Anda kenal sekalipun. Anda bebas menambah teman baru yang cocok untuk ditambahkan dalam kontak akun Anda. Media sosial juga membantu Anda untuk menemukan teman yang lama Anda ingin cari atau rekan kerja Anda yang lost contact.Bahkan pernah terjadi, dua orang saudara yang berpuluh-puluh tahun terpisah akhirnya dipertemukan, melalui bantuan media sosial tersebut.

  • Advertisement
  • 3. Tempat Promosi

  • Ternyata media sosial bisa juga membantu Anda menghasilkan uang. Di sinilah tempat orang atau grup atau perusahaan menjajakan atau mempromosikan produknya secara online. Promosi secara online melalui media sosial ternyata lebih menguntungkan. Anda bisa memanfaatkannya dengan menjual atau membeli kapan dan di mana pun Anda berada.

  • 4. Media Komunikasi

  • Fasilitas chat dan video call yang disediakan oleh berbagai macam media sosial yang ada, membantu Anda untuk terhubung dengan seseorang yang tinggal berjauhan dengan Anda secara mudah.

  • 5 . Sumber Informasi

  • Informasi terkini termasuk lowongan pekerjaan, gosip terhangat, informasi kesehatan, pendidikan dan lainnya dapat Anda temui dengan mudah melalui media sosial.

  • Sebagai pemakai media sosial, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan membuat hidup Anda menjadi bergantung padanya. Untuk itu, gunakalah media sosial dalam kehidupan sehari-hari Anda sebijaksana mungkin demi memberikan dampak positif bagi hidup Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Memanfaatkan media sosial secara bijak

Sebagai pemakai media sosial, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan membuat hidup Anda menjadi bergantung padanya. Untuk itu, gunakalah media sosial dalam kehidupan sehari-hari Anda sebijaksana mungkin.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr