6 Fakta penting yang perlu ibu ketahui tentang MPASI

Berikan kebiasaan makanan sehat bayi Anda dengan menu MPASI saat si kecil memasuki usia enam bulan untuk membentuk pola makan yang seimbang sampai ia besar nanti.

3,219 views   |   12 shares
  • Saat bayi Anda memasuki umur empat bulan, pernahkah Anda mengalami saat ketika ia sangat tertarik dengan apa yang Anda makan dan mencoba untuk memegang makanan tersebut? Apabila tidak diberi, biasanya ia akan marah dan mulai menggigit jari–jari tangannya bahkan setiap benda yang ia pegang.

  • Apalagi disaat berbincang dengan para ibu yang mempunyai pengalaman yang sama atau bahkan sang nenek yang berkata, "Kasih saja pisang, dulu waktu kamu umur empat bulan, sudah makan pisang."

  • Lalu dalam hati: "Apa yang sebaiknya saya lakukan?"

  • Jawabannya adalah, tetap beri anak anda ASI secara eksklusif selama minimal enam bulan, apabila memang tidak ada masalah dengan produksi ASI Anda, kemudian perkenalkanlah bayi dengan makanan tambahan atau yang dikenal dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) disaat bayi memasuki usia tersebut.

  • Sebelum memulai, simaklah 7 fakta penting yang harus Anda ketahui sebelum mempersiapkan si kecil memasuki tahapan menu MPASI dalam pertumbuhannya.

  • 1. Pemberian ASI eksklusif, saat bayi memasuki usia 6 bulan hanya memenuhi sekitar 60% – 70% kebutuhan bayi, sehingga selain ASI mereka membutuhkan nutrisi tambahan yang berasal dari makanan. Saat itu pula sistem pencernaan semakin baik sehingga tubuhnya siap menerima dan memproses makanan dari tahap mengunyah, menelan hingga mencerna walaupun masih dengan makanan bertekstur lembut, tanpa mengandung zat tepung dan protein.

  • 2. Sebaliknya jika bayi diberi MPASI dini atau sebelum usia enam bulan, maka bayi akan berisiko alergi, diare, batuk, pilek, sembelit, konstipasi lambung yang menghasilkan gas berlebihan pada perut bayi bahkan obesitas. Hal ini disebabkan karena beberapa enzim pemecah protein, seperti pepsin, lipase, amilase dan asam lambung baru diproduksi secara sempurna saat bayi berusia enam bulan

  • 3. Dalam memperkenalkan makanan pertamanya, sebaiknya jangan memberikan bubur bayi instan tapi berikan makanan bayi yang Anda buat sendiri atau

  • home-made. Mengapa? Karena bayi tidak bisa merasakan rasa asli dari buah atau sayuran yang terkandung dalam bubur bayi instan. Misalkan bubur rasa pisang, memang bubur tersebut memiliki aroma yang sama dengan pisang tapi rasa pasti berbeda karena biasanya lebih manis daripada rasa buah asli.

  • 4. Berikan bayi satu jenis menu setiap tiga hari sekali dalam dua minggu pertama pemberian MPASI. Di hari ke-4 baru diberikan menu yang lain, hal ini dimaksudkan untuk melihat adakah reaksi alergi yang ditimbulkan dari makanannya.

  • Advertisement
  • Puree buah yang dikukus seperti pisang, pepaya, apel atau bubur beras merah saring dengan tambahan ASI merupakan menu makan yang cocok sebagai pengenalan rasa bagi bayi.

  • 5. Selain itu jangan memberikan gula dan garam dalam MPASI hingga anak Anda berusia diatas 1 tahun. Bayi sangat sensitif terhadap garam yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, selain itu ginjal bayi masih sangat rapuh dan langit – langit pada mulut bayi tidak terlalu memiliki preferensi terhadap rasa asin. Menurut Anda mungkin makanan bayi terasa hambar, tapi sebaliknya bagi mereka makanan hambar tersebut terasa enak.

  • 6. Sebenarnya ASI, sayur, kacang – kacangan dan daging memiliki kadar gula alami yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi jangan takut bayi Anda kekurangan garam. Sebagai gantinya penambahan bumbu makan alami seperti bawang, jahe dan lain – lain akan menghasilkan aroma makanan yang menggugah selera makan bayi. Sedangkan gula dapat menyebabkan diabetes dan kegemukan pada bayi.

  • Mari beri kebiasaan makanan sehat dari MPASI home-made yang bervariasi sejak buah hati masih kecil, untuk membentuk pola makan yang seimbang sampai ia besar nanti.

Bantu kami menyebarkan

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

6 Fakta penting yang perlu ibu ketahui tentang MPASI

Berikan kebiasaan makanan sehat bayi Anda dengan menu MPASI saat si kecil memasuki usia enam bulan untuk membentuk pola makan yang seimbang sampai ia besar nanti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr