7 Tips untuk Mengekang Kecanduan Belanja Online

Ketika Anda punya akses mudah ke komputer atau smartphone, berbelanja secara online dapat menjadi godaan yang selalu ada.

3,317 views   |   4 shares
  • Bayangkan toko favorit Anda. Sewaktu Anda memasuki pintunya, Anda disambut pajangan, pencahayaan, wewangian, dan nuansa keseluruhannya. Mungkin Anda di sana untuk membeli barang tertentu, atau hanya untuk menghabiskan waktu melihat-lihat rak dan lorong di sekitar Anda. Hati Anda terpikat melihat jajaran barang bagus di hadapan Anda, dan Anda tahu barang itu dapat segera menjadi milik Anda.

  • Sekarang, wujudkan gambaran toko itu menjadi gambar dua dimensi yang dapat Anda lihat di layar komputer Anda. Dengan kartu kredit di tangan, sama bagusnya, kan? Atau bahkan terlihat lebih baik?

  • Ketika Anda punya akses mudah ke komputer atau , berbelanja secara online dapat menjadi godaan yang selalu ada. Kemudahan dalam menjelajahi situs web toko eceran favorit Anda dari kursi atau tempat tidur tidak dapat terkalahkan.

  • Namun, jika pembelian secara online menjadi tidak terkendali, Anda dapat tertolong jika dapat memahami mengapa daya tariknya begitu besar. Situs web ramah pengguna itu tahu apa yang mereka lakukan. Mereka dirancang untuk menghasilkan banyak uang melalui web. Situs yang terorganisasi dengan baik dan mudah dijelajahi hanyalah bagian dari daya tariknya.

  • Sebagian besar situs web belanja menampilkan konten baru hampir setiap hari. Mereka menyediakan alur yang jelas dari satu barang ke barang lainnya, atau dari barang ke keranjang belanja ke proses pembelian. Jika Anda seorang pelanggan tetap, mereka akan menyimpan informasi kartu kredit dan alamat pengiriman Anda sehingga Anda tidak perlu menyediakannya lagi. Mereka juga menawarkan layanan pelanggan yang mudah diakses.

  • Setelah Anda melakukan pembelian, surel tindak lanjut berisi ucapan terima kasih segera muncul di kotak masuk Anda, seperti jabatan tangan hangat dan ucapan selamat. Beberapa hari kemudian, paket yang terbungkus dengan rapi tiba di kotak surat atau di depan pintu rumah Anda layaknya hadiah. (Anda lupa bahwa Anda membelinya.)

  • Tidak heran pengalaman berbelanja secara online begitu menyenangkan. Jika Anda sudah harus mengurangi kegiatan berbelanja seperti ini, pertimbangkan untuk menerapkan tips berikut:

    • Jika Anda harus memesan, belilah hanya barang-barang yang menawarkan bebas ongkos kirim. Ini adalah aturan pribadi saya. Atau berbagi ongkos kirim dengan teman yang juga tertarik untuk membeli sesuatu.

    • Jika Anda adalah seorang penggemar pakaian atau sepatu, pikir dahulu sebelum membeli. Tentu saja pakaian atau sepatu itu terlihat fantastis pada model, tapi apakah ukuran, gaya, kenyamanan dan bahannya akan sesuai dengan keinginan Anda? Apakah Anda siap menghadapi kemungkinan proses pengembalian barang yang rumit? Lebih baik Anda mencoba barang itu di toko sebelum membelinya.

    • Temukan situs web non-belanja untuk Anda jelajahi. Apa minat Anda? Tandai dan bacalah situs web yang mengajarkan seni, olahraga, memasak, sejarah keluarga, orang-orang terkenal atau lokasi eksotis.

    • Sebelum melakukan pembelian apapun, carilah kupon. Ada beberapa situs web yang menawarkan kode kupon, kupon online, dan kupon yang dapat dicetak untuk berbagai jenis toko.

    • Klik “unsubscribe” atau “berhenti berlangganan” untuk berhenti menerima surel notifikasi dari toko online Anda. Dalam surel seperti ini, tampaknya semua barang sedang diskon atau laku keras. Daripada harus terus-menerus melihat semua penawaran “luar biasa” itu, hilangkan godaan itu dari kotak masuk Anda. Bukalah situs web belanja ketika Anda benar-benar memerlukan sesuatu, atau Anda tahu akan ada penawaran bagus, seperti seminggu sebelum hari raya.

    • Di waktu luang Anda, gantikan komputer atau Anda dengan buku. Temukan cara-cara menyenangkan lainnya untuk menghabiskan waktu Anda.

    • Jika Anda perlu bantuan profesional atau tambahan lainnya mengenai kecanduan belanja online, kunjungi shopaholicsanonymous.org.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "7 tips to curb an online shopping addiction" karya Megan Gladwell.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Megan Gladwell is an Indiana native and mother of four. She blogs at bookclub41.blogspot.com.

7 Tips untuk Mengekang Kecanduan Belanja Online

Ketika Anda punya akses mudah ke komputer atau smartphone, berbelanja secara online dapat menjadi godaan yang selalu ada.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr