Gagap bicara seharusnya tidak menghambat karier Anda

Orang yang gagap sering merasa rendah diri sehingga menyulitkan kemajuan karier, pergaulan sosial, dan perkembangan diri.

1,357 views   |   0 shares
  • Orang yang gagap sering merasa rendah diri sehingga menyulitkan kemajuan karier, pergaulan sosial, dan perkembangan diri. Tetapi seperti kekurangan lainnya, baik yang berbentuk jasmani maupun mental, hal ini dapat diatasi dengan kemauan teguh. Jangan biarkan kekurangan Anda menghambat cita-cita. Sebaliknya buatlah itu menjadi batu loncatan.

  • Mengapa gagap?

  • Ada orang yang gagap karena stres atau penyebab lain. Ada pula yang gagap karena gugup sehingga tidak mampu menjawab dengan lancar. Semua orang pernah mengalami kegagapan, mungkin saat didesak dengan pertanyaan-pertanyaan beruntun. Anak-anak yang sedang belajar bicara sering juga gagap, tetapi sesudah usia tertentu gagap itu akan hilang.

  • Kisah Nyata

  • Raja George VI dari Inggris menderita penyakit gagap. Sebetulnya dia bukanlah pewaris tahta kerajaan. Kakak tertuanya, Edward, melepaskan haknya sebagai putra mahkota untuk dapat menikahi janda Amerika Wallis Simpson. George harus menggantikan kedudukan kakaknya bila ayahnya meninggal. Sebagai raja Inggris, dia harus sering memberikan pidato. Pada penutupan British Empire Exhibition di Stadium Wimbledon, dia memberikan pidato penutupan dengan susah payah. Dia merasa putus asa tetapi istrinya menganjurkan supaya dia belajar dari seorang ahli terapi, Lionel Logue, yang melatihnya teknik pernapasan. Dia berhasil menyampaikan pidato yang penuh semangat kepada bangsanya ketika menyatakan perang melawan Jerman di Perang Dunia II.

  • Hal ini ditayangkan dalam film The King's Speech. Penulis skenario film ini David Seidler, juga gagap ketika masih muda. Dia menulis hubungan antara sang raja dan ahli terapinya pada tahun 1980-an. Tetapi atas permintaan Ratu Elizabeth dan ibu suri, janda Raja George, film ini ditangguhkan sampai ibu suri meninggal (2002). Film ini selesai dibuat pada tahun 2010 dan memenangkan Oscar untuk film terbaik, aktor terbaik (Colin Firth), sutradara terbaik (Tom Hooper), skenario asli terbaik (David Seidler). Film ini juga menerima nominasi terbanyak dalam Oscar ke 83.

  • Cara penyembuhan

  • Dibutuhkan evaluasi yang cermat, karena hal ini menentukan cara penyembuhan yang tepat.

  • Mengendalikan kecepatan berbicara

  • Ini mencakup melatih pembicaraan yang lancar dengan perlahan sekali memakai kalimat-kalimat pendek. Orang itu diajar untuk memperpanjang huruf hidup dan mati sementara mengendalikan napasnya. Dengan banyak latihan, lambat laun orang tersebut dapat berbicara lancar memakai kalimat yang lebih panjang. Latihan ini hendaknya dilakukan terus menerus sehingga gagapnya tidak akan muncul kembali.

  • Advertisement
  • Mengendalikan napas

  • Sementara orang itu berusaha mengucapkan kalimat yang lebih panjang, dia mulai dapat mengendalikan napasnya.

  • Berbicara dengan orang gagap

  • Sering kali kita merasa kasihan bila berbicara dengan orang gagap. Kita cenderung menyelesaikan kata-katanya yang terputus. Baginya, hal ini menunjukkan bahwa kita kurang sabar. Orang yang gagap sadar akan kekurangannya dan bila dia menyadari bahwa kita tidak sabar, dia akan makin gagap. Jangan pula menyuruhnya bersikap santai dan menarik napas dalam-dalam. Tujuan kita mungkin baik tetapi malah akan membuat dia lebih stres. Sebaiknya kita bersikap sabar dan tenang. Fokuskan perhatian kita kepada pesan yang ingin disampaikan bukan kepada cara penyampaiannya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Gagap bicara seharusnya tidak menghambat karier Anda

Orang yang gagap sering merasa rendah diri sehingga menyulitkan kemajuan karier, pergaulan sosial, dan perkembangan diri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr