Tetap sehat berpuasa dengan makanan dan minuman yang tepat

Pantangan-pantangan apa yang harus Anda hindari agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa? Untuk itu, simak tips sehat menjalankan ibadah puasa berikut ini.

611 views   |   0 shares
  • Bulan ini adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Ya bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Muslim. Di bulan suci ini semua umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Lalu, makanan dan minuman apa saja yang Anda harus konsumsi untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat? Pantangan-pantangan apa yang harus Anda hindari agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa? Anda tentu berharap ibadah puasa Anda dapat berjalan lancar dan diberkahi bukan? Untuk itu, simak tips sehat menjalankan ibadah puasa berikut ini.

  • Saat Sahur

  • Jangan pernah lupa untuk makan sahur. Makan sahur sangat penting Anda lakukan, karena saat sahur merupakan awal dari tubuh Anda untuk diberi asupan gizi, sehingga Anda bisa mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas selama berpuasa. Istilahnya, sebelum berperang, Anda harus mengisi peluru atau bahan bakar agar pada saat berperang Anda bisa maju dan melawan. Makanlah makanan yang berkarbohidrat seperti nasi dan kentang, berprotein seperti ikan, telur, ayam dan makanan yang mengandung banyak air seperti sayur dan buah-buahan. Suplemen dan vitamin juga perlu Anda konsumsi untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh Anda. Dan juga minumlah air putih secukupnya, kurang lebih 2 gelaslah. Jika diperlukan, Anda dapat minum susu atau susu kedelai untuk mencegah Anda merasa lemas di siang hari. Hindari kopi, teh, makanan dan minuman manis, fast food, gorengan, makanan bersantan dan makanan pedas karena dapat membuat tubuh lebih mudah lemas setelah mengonsumsinya.

  • Saat Berpuasa

  • Saat berpuasa tentu Anda tidak akan minum atau makan kan? Namun, beberapa tips berikut dapat membantu Anda tetap fit dan sehat sampai waktu berbuka tiba. Pertama, hindari aktivitas yang menguras banyak tenaga. Kedua, kerjakan pekerjaan Anda dengan rileks dan santai, jangan biarkan tekanan dalam pekerjaan membuat Anda stres, karena stres bisa membatalkan puasa Anda. Ketiga, pada saat siang hari, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat atau tidur sebentar sambil meregangkan atau meluruskan otot-otot kaki, tangan dan badan. Keempat, hindari panas matahari secara langsung dan berpergian yang jauh untuk mencegah dehidrasi

  • Saat Berbuka

  • Saat berbuka puasa adalah saat yang dinantikan ketika seseorang berpuasa. Saat berbuka, berbukalah dengan segelas air putih. Memang dianjurkan bahwa bukalah dengan makanan atau minuman yang manis, namun sebaiknya Anda bisa selektif memilih makanan atau minuman yang manis namun tetap sehat. Seperti takjil berbahan dasar buah-buah segar, jus buah segar atau buah kurma bisa menjadi pilihan. Hindari minuman dingin, minuman bersoda, makanan pedas dan bersantan. Jangan langsung berbuka puasa dengan makan besar agar lambung Anda tidak kaget dan menghindari kram pada perut. Terkadang, beberapa dari Anda ketika berbuka langsung kalap melahap makanan yang ada, wajar sih karena mungkin Anda sudah sangat lapar. Tapi, perlu diketahui perut juga perlu waktu untuk mencerna semua makanan yang Anda makan setelah sebelumnya beristirahat. Ketika Anda sahur ataupun berbuka puasa, pilihlah makanan dan minuman yang tepat agar selama berpuasa, tubuh Anda tetap sehat dan semua aktivitas Anda dapat berjalan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa!

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tetap sehat berpuasa dengan makanan dan minuman yang tepat

Pantangan-pantangan apa yang harus Anda hindari agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa? Untuk itu, simak tips sehat menjalankan ibadah puasa berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr