Lebaran sebentar lagi! Sudahkah Anda mempersiapkan anggaran pengeluarannya?

Meskipun Anda memiliki banyak pengeluaran dalam menyambut lebaran ini, Anda juga sebaiknya harus pintar mengatur uang. Jangan sampai membuat Anda malah pusing setelah lebaran usai karena tidak punya uang atau bahkan karena berhutang.

927 views   |   1 shares
  • Tentu beberapa dari kita menanti-nantikan THR atau Tunjangan Hari Raya. Namun, kita juga harus berhati-hati dalam mengelolanya. Meskipun Anda memiliki banyak pengeluaran dalam menyambut lebaran ini, Anda juga sebaiknya harus pintar mengatur uang. Karena jangan sampai membuat Anda malah pusing setelah lebaran usai karena tidak punya uang atau bahkan karena berhutang. Untuk itu buatlah daftar kebutuhan untuk lebaran bersama keluarga dan simak referensi kebutuhan lebaran berikut ini.

  • Mudik

  • Jika Anda dapat melakukan mudik dengan mengunakan kendaraan pribadi, ini akan sangat menghemat biaya ketimbang harus membeli tiket untuk menggunakan transportasi umum seperti pesawat. Jangan lupa membuat anggarkan untuk membeli bensin, siapkan pula dana tambahan untuk keperluan di jalan atau membeli makan untuk seluruh keluarga. Namun jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga dapat mencoba menggunakan transportasi yang lebih murah ketimbang naik pesawat seperti menggunakan bus atau kereta api. Dan bagi Anda yang memang harus menggunakan pesawat karena kampung halaman Anda di pulau yang berbeda, sebaiknya belilah tiketnya jauh hari sebelum hari lebaran, karena biasanya menjelang lebaran harga tiket menjadi mahal.

  • Baju lebaran

  • Saat lebaran adalah momen spesial yang sangat dinantikan anak-anak untuk membeli baju baru. Beberapa bulan sebelum lebaran, banyak anak-anak akan berantusias bahkan merengek pada orang tua mereka untuk dibelikan baju lebaran. Lebaran hingga saat ini masih identik dengan baju baru, dan tradisi ini masih sulit dihilangkan dari masyarakat.

  • Oleh-oleh untuk keluarga

  • Pulang ke kampung akan terasa tidak lengkap bila tidak membawa buah tangan untuk keluarga tercinta yang telah menanti-nantikan kedatangan Anda dan keluarga. Nah, untuk itu, sisihkan pula anggaran Anda untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga Anda, misalnya dengan membawakan kue-kue, kacang atau kurma untuk sajian lebaran, buah-buahan, dan sebagainya. Meskipun harus repot, dan nilainya tidak seberapa, namun dengan melakukan ini, keluarga Anda tentu akan merasakan kepedulian Anda dan keluarga.

  • Sajian lebaran

  • Lebaran menjadi momen untuk saling bersilaturahmi. Saat lebaran biasanya keluarga, kerabat terdekat ataupun para tetangga datang untuk bersilahturahmi ke rumah. Sebagai tuan rumah, biasanya kita menyiapkan sajian lebaran bagi tamu yang nantinya akan datang berkunjung. Misalnya dengan menyediakan kue kering, minuman kaleng, bahkan makanan khas lebaran seperti opor ayam dan sambel goreng hati. Jangan lupa menyiapkan anggaran untuk sajian lebaran ini karena ini adalah bagian terpenting dari tradisi lebaran.

  • Advertisement
  • Hadiah lebaran

  • Memberi hadiah lebaran juga menjadi bagian dari pengeluaran yang perlu dianggarkan saat menjelang lebaran. Biasanya hadiah lebaran diberikan pada orangtua, saudara, atau orang penting lainya, seperti rekan bisnis. Hadiah lebaran ini bisa berupa parsel, mukena, baju koko, sarung, dan sebagainya tergantung selera Anda. Perhitungkan jumlah orang yang akan Anda beri hadiah dan sesuaikan pula untuk membeli hadiah lebaran ini dengan uang yang Anda miliki supaya tidak membuat dana Anda membengkak.

  • Bijaksanalah dalam mengatur anggaran pengeluaran lebaran keluarga, dan disarankan, untuk pengeluaran ini pakailah dari hasil tabuhan dan THR Anda bukan dari gaji Anda karena gaji Anda tetap diperlukan untuk kebutuhan harian Anda dan keluarga setelah lebaran nantinya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Lebaran sebentar lagi! Sudahkah Anda mempersiapkan anggaran pengeluarannya?

Meskipun Anda memiliki banyak pengeluaran dalam menyambut lebaran ini, Anda juga sebaiknya harus pintar mengatur uang. Jangan sampai membuat Anda malah pusing setelah lebaran usai karena tidak punya uang atau bahkan karena berhutang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr