5 Manfaat kasih tanpa syarat bagi anak

Pembentukan karakter dan masa depan anak-anak bergantung pada berapa banyak kasih tak bersyarat yang dicurahkan orangtua bagi mereka.

1,714 views   |   8 shares
  • Masa depan dunia berada di tangan anak-anak. Merekalah penerus peradaban manusia. Apa jadinya dunia kita ke depan bergantung bagaimana anak-anak di seluruh dunia dikasihi serta dibesarkan. Hindari kebiasaan orangtua memaksakan pada anak untuk menjadi yang terpandai di sekolah atau selalu unggul dalam pertandingan olahraga maupun perjalanan kariernya. Yang benar ialah orangtua membesarkan anak dengan kasih tanpa syarat akan menciptakan ikatan yang kuat antara orangtua dan anak yang pada akhirnya dapat mempersiapkan mereka menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri.

  • 1. Menolong anak memiliki mental seutuhnya

  • Bagi anak dalam masa pertumbuhannya tidak ada yang lebih berharga selain dari kasih orangtuanya. Kasih sayang yang cukup akan membuatnya percaya diri dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Tunjukkanlah senantiasa kata-kata kasih dan perhatiaan Anda sebagai ibu maupun ayah. Rasa peduli yang besar akan berdampak baik dalam jiwa anak. Tetapi tekanan dan makian dari orangtua tidak membuat anak merasa nyaman dalam lingkungannya.

  • 2. Merawat anak lebih sehat

  • Sesuai perkembangan usianya, akan ada suatu masa di mana anak-anak mulai susah makan. Para orangtua dituntut memiliki kesabaran dan kreativitas agar si anak mau makan sesuai dengan standar asupan gizi yang seimbamg. Semua usaha di atas mudah mengatakannya tetapi tidak gampang melakukannya. Karena masa 'susah makan' bisa berlangsung berbulan-bulan, diperlukan kasih yang tulus dari para orangtua. Pola makan yang sehat dapat mencegah anak-anak mudah terserang penyakit dan menjadi lebih sehat.

  • 3. Meningkatkan perkembangan otak dan daya ingat anak

  • Anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua yang merawat dan memperlakukan mereka dengan kasih dari sejak kecil seringkali memiliki perkembangan otak yang lebih baik menurut sebuah studi dari Washington University di St. Louis. Para peneliti mengatakan bahwa anak yang memiliki ibu yang peduli mempunyai daya ingat dan kemampuan belajar serta dapat menanggapi stres dengan baik. Betapa pentingnya Anda sebagai orangtua harus memberikan perhatian sepenuhnya dan yang terbaik dalam masa perkembangan anak.

  • 4. Menciptakan ikatan yang kuat antara anak dan orangtua

  • Ikatan batin antara orangtua dan anak sudah dimulai sejak si anak masih dalam kandungan. Suka cita yang melimpah dirasakan saat kelahiran mereka dalam keluarga. Segera setelah seorang ibu dan anaknya kembali dari rumah bersalin, dimulailah episode pengasuhan yang nyata. Si bayi yang tetap tidur di siang hari dan 'begadang" semalaman, bahkan kadang bercampur tangisan. Perlakuan yang tetap lemah lembut di tengah malam yang melelahkan memberikan rasa aman bagi si anak. Hubungan keduanya menjadi semakin kuat. Kasih tanpa syarat yang Anda lakukan bertambah kuat seiring berjalannya waktu dan memberikan rasa nyaman bagi si anak.

  • Advertisement
  • 5. Membuat anak tidak takut dan lebih berani

  • Orangtua yang menerapkan kasih yang tidak menuntut balasan membiarkan anak-anak bereksperimen dan menemukan sendiri hasilnya. Hal ini bukan berarti Anda lepas tangan. Dalam setiap eksperimen yang dibuat si anak, orangtua perlu melakukan dialog untuk membuka kesempatan si anak mengemukakan pendapatnya sewaktu orangtua mendengarkan dengan seksama. Dari diskusi-diskusi yang terjadi, si anak membangun rasa percaya diri dan keberanian untuk mengemukakan pendapat. Lain lagi hasilnya bila orangtua berbuat yang sebaliknya. Anda terlalu otoriter selalu mengarahkan anak melakukan perintah Anda akhirnya menjadikannya si 'pembeo' dan tidak punya keberaniaan untuk mengemukakan pendapat.

  • Jadi kasih tanpa syarat yang Anda miliki sebagai orangtua adalah membiarkan anak-anak membuat pilihannya sendiri karena hal ini memberikan dampak positif bagi perkembangan jiwanya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

5 Manfaat kasih tanpa syarat bagi anak

Pembentukan karakter dan masa depan anak-anak bergantung pada berapa banyak kasih tak bersyarat yang dicurahkan orangtua bagi mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr