5 Cara untuk Menghilangkan Ketakutan Anak-Anak Anda ketika Listrik Padam

Jauhkan mereka dari sumber listrik ketika listrik telah kembali pulih. Membantu anak-anak Anda memahami apa yang sedang terjadi akan mengurangi banyak kebingungan dan ketakutan mereka.

1,043 views   |   shares
  • Pada zaman MP3 player, handphone, laptop, dan video game, saya harus mengakui saya masih menyambut baik pemadaman listrik. Hal ini bisa menyatukan keluarga kami dengan cara yang biasanya menjadi sebuah berkat yang terselubung.

  • Kadang-kadang anak-anak tidak selalu setuju. Pada malam hari, pemadaman listrik bisa menjadi sangat menakutkan. Tiba-tiba segalanya menjadi sunyi tidak seperti biasanya. Tentu saja, sangat gelap. Bahkan anak remaja saya harus beringsut sedikit ketepian ketika listrik mati. Namun, kami telah menemukan beberapa trik yang bisa merubah ketakutan menjadi kesenangan. Karena kami tinggal di sebuah lingkungan dengan banyak pohon-pohon besar, sangat wajar seringkali sebuah dahan jatuh mengenai kabel listrik dan membuat listrik mati selama beberapa jam, kami telah belajar bagaimana memanfaatkan kejadian seperti ini.

  • Belajarlah

  • Ketika listrik padam, ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan perhatian anak-anak Anda. Jika kondisi cuaca adalah alasan pemadaman listrik, buka jendela dan dengarkan suara hujan dan petir, yang mungkin bisa menenangkan mereka. Libatkan mereka dalam usaha menghubungi PLN untuk melaporkan pemadaman litrik. Jauhkan mereka dari sumber listrik ketika listrik telah kembali pulih. Membantu anak-anak Anda memahami apa yang sedang terjadi akan mengurangi banyak kebingungan dan ketakutan mereka.

  • Permainan dengan cahaya lilin

  • Kumpulkan seluruh keluarga bersama-sama. Untuk bisa duduk bersama dan memainkan sebuah permainan bisa jadi sangat sulit dengan begitu banyaknya gangguan dalam kehidupan kita. Untungnya, ada permainan-permainan kegemaran di atas lemari yang tidak memerlukan terang listrik, dan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan malam bersama-sama dengan tanpa listrik. Terangi ruangan dengan cahaya lilin menambahkan elemen gaib, dan berbagai macam permainan bisa menciptakan sebuah ruangan yang dipenuhi dengan gelak tawa.

  • Lampu senter

  • Ini adalah versi dari petak-umpet dikegelapan sangat menyenangkan. Dibagi ke dalam dua pasangan (terutama jika anak-anak Anda kecil). Satu tim memegang senter. Yang lainnya menghitung sampai 30 selanjutnya tim lainnya bersembunyi di manapun di dalam rumah. Tim yang lain hanya boleh menggunakan satu senter untuk mencoba menemukan mereka. Jika mereka ditemukan, mereka kalah dan berganti peran. Jika tidak, yang sembunyi harus bersembunyi lagi, sampai mereka menemukannya.

  • Bermain musik

  • Menyanyikan lagu-lagu adalah cara bagus lainnya untuk semua orang bergabung bersama dan mengalihkan anak-anak dari situasi yang menakutkan. Jika Anda memiliki alat-alat musik, mainkan. Jika tidak, biarkan anak-anak membuat drum mereka sendiri dari mangkuk plastik dan sendok kayu. Beras atau biji-bijian kering yang dimasukkan ke dalam botol juga dapat menciptakan suara, dan alat musik yang terbaik adalah, suara mereka sendiri.

  • Advertisement
  • Pesta tidur di ruang tamu

  • Nyalakan beberapa lilin di sudut ruangan dan buat ruangan untuk seluruh keluarga untuk berbaring bersama. Berbicara, berbagi cerita, memaikan permainan kata seperti apa yang Anda lakukan selama perjalanan keluarga di dalam mobil. Rencanakan sebuah pesta tidur pada kesempatan istimewa ini, yang tentunya akan menenangkan bagi anak-anak kecil.

  • Mati lampu bisa jadi sangat mengejutkan, terutama untuk anak-anak kita. Namun, dengan sedikit kreatifitas, kesempatan ini bisa menjadi emas murni bagi kedekatan keluarga. Saya percaya kita dapat memanfaatkan kesempatan ini semua sebagai suatu cara dimana kita bisa menikmati satu sama lain tanpa gangguan dari kehidupan sehari-hari.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “5 dark diversion: Fun ways to ease your child’s fear when the power goes out” karya Margaret Crowe.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

5 Cara untuk Menghilangkan Ketakutan Anak-Anak Anda ketika Listrik Padam

Jauhkan mereka dari sumber listrik ketika listrik telah kembali pulih. Membantu anak-anak Anda memahami apa yang sedang terjadi akan mengurangi banyak kebingungan dan ketakutan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr