Sayang-sayang mobil pertama

Bagi setiap pemilik mobil, merawat kendaraan Anda adalah peraturan pertama untuk mengemudi dengan aman.

348 views   |   0 shares
  • Musim mudik sebentar lagi datang, dan Anda mungkin berencana pulang kampung dengan kendaraan pribadi pertama Anda. Sebelum terlalu bersemangat memamerkan mobil baru, ingatlah bahwa merawat kendaraan adalah peraturan pertama untuk mengemudi dengan aman. Banyak yang mengira bahwa melakukan pemeriksaan rutin dan belajar merawat mobil itu sulit. Padahal sesungguhnya proses itu sederhana dan dapat menghemat uang dan waktu. Anda bisa meminta bantuan montir, tapi Anda perlu mengenal dasar-dasarnya.

  • Kapan oli mesti diganti?

  • Tergantung merk dan tahun berapa mobil itu serta oli yang dipakai. Ganti oli dianjurkan setiap 5000, 7000 atau 10.000 km. Baca buku pedoman untuk mengetahui petunjuk khusus bagi mobil Anda. Oli berfungsi memberi pelumas, dan mengurangi gesekan pada bagian-bagian mesin dan mendinginkannya. Saringan oli yang berfungsi menyaring segala sesuatu yang dapat membahayakan mesin juga sebaiknya diganti ketika Anda mengganti oli.

  • Berapa sering ban mesti diganti?

  • Umur ban tergantung model mobil dan jenis ban. Cuaca juga mempengaruhi. Memeriksa tekanan udara dan benang ban sangat penting untuk keamanan mengemudi. Ambillah meteran, jika ceruknya 1/2 cm berarti ban masih bagus, jika kurang berarti ban sudah agak gundul. Untuk menentukan tekanan udara yang sesuai bagi ban, bacalah buku petunjuk kendaraan. Anda dapat membeli alat mengukur tekanan udara ban mobil. Jangan mengemudi dengan ban mobil yang tekanan udaranya berlebihan. Tekanan udara yang kurang juga mempengaruhi stabilitas kendaraan ketika Anda menginjak rem dan berbelok, dan dapat mengakibatkan tabrakan. Saat cuaca panas, periksalah tekanan udara ban mobil secara teratur. Ban yang gundul juga berbahaya, khususnya di hari hujan, kendaraan sulit dikendalikan karena ban kurang mencengkeram aspal yang licin. Ban gundul juga cenderung kempis.

  • Fungsi aki

  • Aki menggerakkan sistem elektris mobil. Tanpa aki, mobil Anda tidak dapat dijalankan. Aki yang bagus biasanya bisa bertahan sampai empat tahun. Pertanda bahwa aki masih bagus ialah mobil dapat distarter dengan lancar. Bila aki sudah tua, mobil sulit distarter. Bersihkanlah aki dari karat berwarna putih yang muncul di atas dan bagian samping aki. Karat ini menandakan aki sudah tua.

  • Air pendingin

  • Air pendingin mencegah mesin terlalu panas dan melindungi onderdil mesin. Merk mobil dan udara menentukan seberapa sering air pendingin harus ditambah atau diganti. Tunggulah sampai mesin dingin sebelum memeriksa banyaknya air pendingin. Membuka radiator mobil yang mesinnya masih panas adalah berbahaya. Sesudah mobil berhenti beberapa saat, bukalah kap mobil dan lihatlah tempat air pendingin di dekat radiator. Periksa apakah perlu ditambah.

  • Advertisement
  • Wiper

  • Bila hari hujan dan wiper tidak dapat membersihkan kaca depan (atau belakang) dengan baik berarti sudah saatnya mengganti wiper mobil Anda. Ini penting supaya tidak mengganggu pandangan Anda ketika mengemudi.

  • Lampu

  • Bila hari sudah gelap, periksalah lampu-lampu depan dan belakang mobil Anda. Begitu juga lampu sign kanan dan kiri. Jika mati, gantilah bola lampunya supaya Anda dapat berkendaraan tanpa mengganggu pemakai jalan lainnya. Anda juga dapat kena tilang bila polisi melihat bahwa lampu Anda tidak menyala.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sayang-sayang mobil pertama

Bagi setiap pemilik mobil, merawat kendaraan Anda adalah peraturan pertama untuk mengemudi dengan aman.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr