Tiga langkah meraih cita-cita di tempat kerja

Jika Anda baru saja diterima di sebuah perusahaan, tentu Anda mempunyai beberapa impian masa depan di perusahaan tersebut. Namun tentu untuk mewujudkan impian itu tidak mudah.

2,739 views   |   3 shares
  • Jika Anda baru saja diterima di sebuah perusahaan, tentu Anda mempunyai beberapa impian masa depan di perusahaan tersebut, apalagi jika kantor itu adalah yang Anda incar selama ini. Namun tentu untuk mewujudkan impian itu tidak mudah. Banyak yang harus diperhatikan agar jalan karier Anda tetap berjalan mulus, berikut ini adalah tipsnya.

  • 1. Memilih pijakan yang tepat

  • Jika Anda telah diterima bekerja dalam sebuah kantor, Anda tentu akan terobsesi membangun karier setinggi mungkin. Namun ada baiknya jangan terburu-buru terbosesi, dan mencoba hal lain agar Anda bisa memilih jalur karier yang paling tepat. Jika Anda merasa tidak memiliki masa depan di pekerjaan yang sedang ditekuni, mulailah mencoba beralih profesi. Yang Anda tekuni saat ini tidak selalu menjadi akhir perjalanan karier, lho. Namun keputusan sebesar ini harus melalui pemikiran yang matang. Anda juga harus tahu apakah Anda sudah memiliki modal untuk menjalani pekerjaan yang baru?

  • 2. Menjaga _mood_

  • Belajar menerima kritik dan saran dari atasan Anda demi performa kerja yang lebih baik. Meski ada kalanya mood terganggu karena masalah di kantor, usahakan hal tersebut sudah dilupakan di keesokan harinya. Mulailah hari-hari Anda dalam menjalankan pekerjaan penuh dengan senyuman dan keramahan.

  • Cobalah untuk melihat gambaran besar sebuah organisasi pada kantor tempat Anda bekerja, jadikan diri Anda sebagai pemain yang baik. Tetap bersikap positif dan tidak terdorong masuk dalam lingkaran gosip atau hal yang negatif di kantor. Buatlah diri bernilai setiap harinya, jangan hanya mencari sesuatu imbalan dari kantor semata. Jika Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, imbalan akan datang dengan sendirinya.

  • Tinggalkan sifat egois setiap memasuki kantor, belajarlah untuk mengantisipasi kebutuhan dan pertanyaan atasan Anda. Jika ada masalah, bicaralah baik-baik dengan yang bersangkutan dan tawarkan solusi. Ketika atasan meyarankan untuk segera merealisasikan tugas-tugas kantor, segera jalankan sejauh hal itu masih dapat dinalar. Senyum dan tertawalah ketika Anda melakukannya, agar semua beban terasa ringan.

  • Jadilah diri Anda sendiri dan beranikan untuk berkenalan dengan orang yang mempunyai karier seperti yang Anda impikan. Dan jangan terlalu memaksa dalam bekerja sampai Anda melupakan sisi yang menyenangkan dari mengerjakan tugas kantor.

  • 3. Memperluas hubungan kerja

  • Bangun koneksi seluas mungkin agar orang lain di luar kantor bisa tahu kemampuan yang Anda miliki. Ketika akan melaksanakan tugas kantor, mulailah dengan semangat dan percaya diri. Manfaatkan semua jaringan relasi yang sudah Anda miliki. Ikuti perkembangan tugas tersebut dan tetap bertanya terhadap atasan bila ada tugas-tugas yang baru atau sulit dipecahkan.

  • Advertisement
  • Yang pasti, letakkan cita-cita setinggi mungkin, tetapkan niat untuk bekerja semaksimal mungkin sampai sukses, dan tetap berada di luar politik kantor.

Baca, hidupkan, bagikan!

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Tiga langkah meraih cita-cita di tempat kerja

Jika Anda baru saja diterima di sebuah perusahaan, tentu Anda mempunyai beberapa impian masa depan di perusahaan tersebut. Namun tentu untuk mewujudkan impian itu tidak mudah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr