Ketika buah hati harus merantau untuk mengenyam pendidikan...

Merantau dapat menjadikan anak mandiri dan menemukan jati dirinya. Jadi, jangan khawatir ketika anak Anda harus pergi merantau. Simak persiapan yang diperlukan ketika anak hendak merantau berikut ini.

1,261 views   |   4 shares
  • Sebagai orangtua yang memiliki anak yang lulus SMA tahun ini, tentunya Anda berbahagia dan terharu melihat si kecil telah beranjak dewasa. Namun, bukan berarti perjuangan Anda usai. Bagi Anda yang memiliki tabungan pendidikan bagi buah hati, arahkanlah anak untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Pilihannya banyak sekali. Anda bisa mengarahkan mereka berkuliah di kota asalnya, atau di luar kota atau bahkan di luar negeri.

  • Jika anak memilih untuk kuliah di luar kota atau luar negeri, beri dukungan kepadanya. Merantau juga merupakan pilihan yang baik untuk menjadikan anak mandiri dan menemukan jati dirinya. Jika memang anak Anda akan merantau, inilah yang harus Anda persiapkan:

  • 1. Memilih sekolah yang tepat

  • Tentunya Anda selalu menginginkan yang terbaik bagi anak Anda, bukan? Untuk itu hati-hatilah dalam memilih sekolah perguruan tinggi untuk anak. Belum tentu perguruan tinggi yang anak Anda sukai sudah masuk dalam kategori sempurna bagi Anda. Cari informasi beberapa perguruan tinggi terlebih dahulu, seperti bagaimana peringkatnya, reputasi dan lingkungannya. Setelah itu, putuskan mana yang terbaik.

  • 2. Asrama atau kos-kosan yang aman

  • Jangan khawatir jika anak tinggal sendiri. Yang perlu Anda lakukan hanya memastikan apakah anak mendapatkan tempat tinggal yang aman dan nyaman, entah itu asrama atau kos-kosan. Carilah tempat tinggal yang strategis dari sekolahnya, jika perlu masih berada di dekat lingkungan sekolah agar menghemat biaya trasportasi.

  • 3. Mempersiapkan segala kebutuhan anak untuk merantau

  • Saat anak masih tinggal bersama dengan Anda, tentunya segalanya telah Anda siapkan, baik sandang atau pangannya. Namun di saat anak merantau, tentunya dia harus menyediakan kebutuhannya sendiri. Nah, untuk memudahkannya di hari-hari pertama merantau, ada baiknya Anda membantu mempersiapkan hal-hal yang dia butuhkan, seperti pakaian, segala kebutuhan belajar, peralatan mandi, peralatan masak minimalis (kompor kecil, penanak nasi, piring, gelas dan sendok), lemari, kasur, rak dan sebagainya.

  • 4. Pilih kota atau negara yang satu daerah dengan kerabat terdekat

  • Jauh dari anak terkadang membuat kita khawatir kapan saja. Ada baiknya jika anak Anda memilih sekolah yang satu kota dengan kerabat terdekat Anda. Dengan begitu, anak Anda memiliki orang tua wali yang dapat mengawasi atau membantunya di saat darurat. Dan tentunya ini akan membuat Anda sebagai orangtua sedikit bernapas lega.

  • 5. Menggunakan internet

  • Advertisement
  • Di zaman yang moderen ini, manfaatkanlah kemajuan internet. Jangan menjadi orangtua yang kuno, tetapi ikutilah juga perkembangan zaman dan teknologi. Internet akan membantu Anda menantau anak dalam jarak jauh sekalipun, misalnya dengan menggunakan video callatauskypedan sebagainya, kapanpun dan dimanapun.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Ketika buah hati harus merantau untuk mengenyam pendidikan...

Merantau dapat menjadikan anak mandiri dan menemukan jati dirinya. Jadi, jangan khawatir ketika anak Anda harus pergi merantau. Simak persiapan yang diperlukan ketika anak hendak merantau berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr