Diabetes dan pencegahannya

Semakin meningkat taraf kehidupan masyarakat kita, semakin banyak pula penderita diabetes melitus. Memang tidaklah mudah untuk mengendalikan jenis dan pola makan sehat, serta kedisiplinan untuk berolahraga.

3,399 views   |   16 shares
  • Semakin meningkat taraf kehidupan masyarakat kita, semakin banyak pula penderita diabetes melitus. Dewasa ini, diperkirakan jumlahnya terus bertambah seiring perubahan gaya hidup dan perilaku manusia yang makan berlebihan dan tidak memikirkan kandungan nutrisi di dalamnya. Urusan besok sakit dipikirkan nanti saja yang penting nikmati saat ini. Tidak pikir akan ada asam urat, kolestrol tinggi atau darah tinggi apalagi sakit gula. Berapa banyak orang telah meninggal disebabkan hal tersebut. Kalau sudah begini apa saja sih yang harus dilakukan agar tidak terkena penyakit dengan banyak nama, sakit gula, kencing manis, diabet, atau diabetes? Adakah cara mencegahnya? Simak uraian di bawah ini.

  • Mengenal diabetes melitus (DM)

  • Tubuh Anda membutuhkan energi, yang akan diserap oleh darah dalam bentuk glukosa untuk kemudian disalurkan ke sel-sel yang membutuhkannya atau disimpan sebagai persedian dalam hati dan otot. Glukosa Anda membutuhkan hormon insulin untuk melakukan tugasnya. Bila insulin Anda tidak berproduksi secara cukup atau tubuh tidak dapat memanfaatkannya, maka semakin banyak glukosa yang berkeliaran dalam darah melampaui kemampuan ginjal, maka glukosa akan tertumpah ke dalam air seni inilah penyakit kencing manis atau diabetes melitus itu.

  • Perubahan gaya hidup

  • Menurut Dr.William C. Knowler dari kelompok "Diabetes Prevention Program Research Group" dari Amerika sebagaimana diterbitkan melalui The Lancet, bahwa Anda dengan risiko diabetes tipe 2 dapat mencegah perkembangan penyakitnya dengan berdiet dan dengan program olahraga". "Mencegah atau menunda diabetes Anda dengan perubahan gaya hidup dapat mempertahankan kondisi usia Anda selama 10 tahun," kata Knowler dan kelompoknya, seperti yang dikutip ABC News.

  • Komitmen berolahraga

  • Banyak penelitian dilakukan para ahli dari kelompok itu dan menemukan bahwa olahraga yang konsisten berhasil mengurangi perkembangan penyakitnya. Olahraga begitu penting bagi kehidupan Anda yang selalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan kegiatan lainnya. Usahakan untuk berolahraga 4-5 kali seminggu selama 20-30 menit, khususnya Anda yang mengalami kebihan berat badan dan memiliki riwayat keluarga menderita kencing manis. Pengalaman menunjukkan bahwa kurang olahraga dapat menyebabkan penyakit 'antri' untuk mendatangi kehidupan Anda.

  • Atur pola makan yang tepat

  • Makanan yang dianjurkan bagi Anda adalah yang seimbang komposisinya antara karbohidrat, protein, dan lemak serta yang sesuai dengan kebutuhan usia dan kegiatan jasmani yang Anda lakukan. Dianjurkan agar apa yang kita makan terdiri dari unsur makanan yang beraneka warna. Warna-warna tersebut dapat menunjukkan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Misalnya, ada wortel, sayuran hijau, buah pepaya, ubi kuning/putih/ungu, dan sebagainya.

  • Advertisement
  • Tanda-tanda atau gejalanya

  • Sejak dini kenali gejala awalnya di antaranya bila Anda sering buang air seni terutama pada malam hari, serta cepat merasa lapar dan haus. Biasanya bila sudah menahun atau lama terkena penyakit ini maka akan dirasakan seperti gatal-gatal, kesemutan, cepat lelah, mengantuk dan luka yang sukar sembuh serta menurunnya gairah seks pada penderita.

  • Usaha seumur hidup

  • "Pencegahan diabetes merupakan jalan panjang dan berliku," tutur Dr. Anoop Misra dari Fortis Hospitals New Delhi, India. "Tidak ada jalan singkat. Perubahan gaya hidup yang intensif dan tepat dalam jangka panjang tampaknya yang paling efektif." Memang tidaklah mudah untuk menjalani hidup dengan diabetes, perlu perjuangan untuk mengendalikan jenis dan pola makan, serta kedisiplinan untuk berolahraga. Semua perjuangan itu menghasilkan kualitas hidup yang prima dan cenderung memperpanjang usia.

Baca, hidupkan, bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Diabetes dan pencegahannya

Semakin meningkat taraf kehidupan masyarakat kita, semakin banyak pula penderita diabetes melitus. Memang tidaklah mudah untuk mengendalikan jenis dan pola makan sehat, serta kedisiplinan untuk berolahraga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr