Bagaimana saya bisa menjadi orang yang dapat dipercaya?

Bisa menjadi pribadi yang bisa dipercaya adalah suatu keuntungan yang patut untuk dijaga dan dipelihara. Karena kepercayaan dari orang lainlah karier dan peran kita bisa semakin naik atau maju dan juga kita bisa menjadi seseorang yang disukai.

12,942 views   |   30 shares
  • Mendapat kepercayaan dari seseorang bukan perkara yang mudah untuk kita peroleh. Tidak banyak seseorang mau memberikan suatu kepercayaan terhadap orang lain meskipun orang tersebut sudah lama dikenalnya. Menjadi orang yang dapat dipercaya sangat penting dalam kehidupan sosial kita baik di dalam lingkungan rumah, pekerjaan, dan juga pergaulan kita. Bisa menjadi pribadi yang bisa dipercaya adalah suatu keuntungan yang patut untuk dijaga dan dipelihara. Karena kepercayaan dari orang lainlah karier dan peran kita bisa semakin naik atau maju dan juga kita bisa menjadi seseorang yang disukai oleh banyak orang. Memang tidak mudah meyakinkan seseorang untuk dapat mempercayai kita sepenuhnya, perlu adanya pembuktian bahwa kita layak untuk menerima suatu kepercayaan tersebut. Berikut kiat–kiatnya:

  • 1. Mengembangkan dan mengerjakan tugas atau pekerjaan yang sudah diberikan

  • Tugas dan pekerjaan adalah alat ukur untuk mengetahui seberapa mampu seseorang menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang diberikan. Jika kita sudah sering menyelesaikannya dengan baik dan sesuai dengan apa yang diminta oleh orang yang memberikan pekerjaan itu maka kita bisa menjadi bahan pertimbangan untuk diberi suatu kepercayaan tertentu. Tetapi hal ini saja masih belum cukup untuk menyakinkan bahwa Anda adalah orang yang pantas untuk menerima kepercayaan itu.

  • 2. Tidak pernah mengabaikan hal–hal yang kecil atau sederhana

  • Kepercayaan adalah suatu tanggung jawab yang harus kita jaga dan kerjaan, meskipun hal tersebut adalah tanggung jawab yang dapat dibilang kecil atau sederhana. Tanggung jawab yang besar tidak akan pernah datang kepada Anda jika tanggung jawab yang kecil saja Anda sepelekan. Jika Anda setia dengan hal-hal yang sederhana, hal–hal yang besar nantinya juga akan Anda terima. Dan juga kerjakanlah tanggung jawab yang telah diberikan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita.

  • 3. Rendah hati dan juga tidak mengingkari janji

  • Salah hatu hal yang bisa menjadi pertimbangan seseorang memberikan kepercayaannya kepada Anda adalah melalui sifat dan karakter Anda. Jika Anda adalah orang yang banyak bicara dan cenderung suka membicarakan diri Anda sendiri (menyombongkan diri) maka kepercayaan tersebut akan semakin menjauh dari Anda, dan begitu sebaliknya. Biasakan juga untuk menepati janji yang sudah Anda buat, apapun janji tersebut sebisa mungkin Anda tepati. Karena kebiasaan ini membuat seseorang dengan mudah mempercayai Anda.

  • 4. Jujur dalam setiap hal

  • Advertisement
  • Bukan hanya orang baik saja yang menyukai kejujuran orang jahat pun menyukainya. Menjadi pribadi jujur sepanjang hidup memang tidak mungkin, pasti ada saat-saat di mana seseorang berbohong. Tetapi jika kita ingin menjadi orang yang dapat dipercaya maka syarat utamanya adalah kejujuran tersebut. Mungkin akan ada yang terluka entah itu Anda atau orang lain dengan kejujuran yang Anda miliki, tetapi ingat bahwa kebohongan akan melahirkan kebohongan lain juga yang tentunya juga akan merugikan diri Anda.

  • 5. Milikilah ketekunan dan kesetiaan

  • Ketekunan dan kesetiaan juga tidak lepas dari kesabaran, ketahanan, dan juga sebuah harapan. Mungkin kita pernah merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan yang telah lama kita kerjaan, tetapi ingat bahwa jika kita mengerjakan segala sesuatu dengan tekun dan penuh dengan kesetiaan, sesuatu hal yang besar pasti akan datang kepada kita.

  • 6. Mengesampingkan kepentingan diri sendiri

  • Tidak banyak orang mau untuk mengesampingkan kepentingan pribadinya untuk sebuah kepentingan bersama. Jika kita berada dalam kondisi di mana kita dituntut untuk profesional dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, mau tidak mau keegoisan kita harus dikesampingkan dahulu, dengan begitu orang lain akan menilai kita bahwa kita memang pantas memperoleh kepercayaan tersebut.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Bagaimana saya bisa menjadi orang yang dapat dipercaya?

Bisa menjadi pribadi yang bisa dipercaya adalah suatu keuntungan yang patut untuk dijaga dan dipelihara. Karena kepercayaan dari orang lainlah karier dan peran kita bisa semakin naik atau maju dan juga kita bisa menjadi seseorang yang disukai.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr