Bagaimana Meminjam Uang Setiap Bulan Bisa Memperburuk Keuangan Anda dengan Cepat

Pembahasan ini menyoroti pentingnya anggaran mengontrol pengeluaran Anda dan perlunya bagi keluarga untuk membuat beberapa pengorbanan bersama untuk membantu Anda sampai keuangan Anda sehat kembali.

1,926 views   |   shares
  • Hal yang tidak biasa bagi sebuah keluarga kehabisan uang pada akhir bulan. Bagaimana sebuah keluarga menangani situasi semacam itu mungkin lebih penting daripada yang Anda pikirkan.

  • Jika keluarga Anda kekurangan uang Rp100.000 setiap bulan dan meminjam uang itu dari kartu kredit dengan bunga 12%, defisit pada bulan kedua akan bertambah menjadi Rp101.000 Bulan berikutnya, defisit tersebut akan tumbuh lebih dari Rp102.000 Dalam setahun, defisit akan menjadi Rp112.000 setelah dua tahun Rp127.000 dan setelah tiga tahun Rp 143.000 Anda juga akan memiliki hutang baru sebesar Rp4.308.000 pada akhir 36 bulan.

  • Jika Anda meminjam uang pada kartu kredit yang lebih mahal, katakanlah dengan tingkat bunga 24%, setelah tiga tahun defisit bulanan akan bertambah menjadi Rp204.000 setiap bulan. Pada tingkat bunga tertinggi, hutang Anda akan bertambah menjadi Rp5.200.000

  • Angka-angka tersebut tidak berbahaya bila dibandingkan dengan apa yang terjadi jika Anda mulai menggunakan pinjaman akhir bulan untuk menutup kesenjangan dalam anggaran Anda. Pinjaman akhir bulan seringkali menampilkan biaya dan persyaratan yang membawa tingkat bunga jauh di atas 100% per tahun. Jika Anda menggunakan 200% sebagai perkiraan terendah dari biaya, setelah satu tahun defisit bulanan Anda akan bertambah menjadi Rp636.000 per bulan dan saldo Anda setelah satu tahun akan menjadi menakutkan Rp3.215.000. Jauh sebelum tiga tahun, saldo pinjaman bulanan Anda akan melebihi apa pun yang pemberi pinjaman akan memberi pada akhir bulan.

  • Pembahasan ini menyoroti pentingnya anggaran mengontrol pengeluaran Anda dan perlunya bagi keluarga untuk membuat beberapa pengorbanan bersama untuk membantu Anda sampai keuangan Anda sehat kembali.

  • Jika Anda sudah kehabisan uang pada tiga hari terakhir setiap sebulan, pikirkan tentang hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa melewati hari-hari itu.

  • Apakah Anda memiliki simpanan makanan darurat sehingga Anda tidak perlu berbelanja, termasuk susu bubuk dan bahan pokok lainnya agar bisa mempermudah Anda?

  • Bisakah Anda memarkirkan mobil, berjalan, mengendarai sepedah motor atau nebeng bersama teman menuju ke sekolah dan bekerja sehingga Anda tidak perlu meminjam uang untuk membeli bahan bakar?

  • Bisakah Anda menghentikan keinginan untuk membeli pakaian baru untuk beberapa hari sampai saat gajian berikutnya?

  • Apakah memungkinkan untuk mendapat bantuan makanan dari komunitas Anda?

  • Tidakkah orang tua Anda suka untuk memberi makanan cucu-cucu mereka – dan Anda – makan malam sesekali?

  • Advertisement
  • Kebanyakan lembaga bantuan memiliki program untuk membantu orang-orang yang berjuang untuk mempertahankan harta benda mereka, hubungi mereka untuk mencari tahu jika Anda memenuhi syarat bulan ini.

  • Hutang bisa menjadi jembatan masalah, jika Anda tidak mengetahui darimana uang untuk membayar hutang berasal, itulah permasalahan sebenarnya. Sebuah jembatan masalah adalah sebuah jembatan yang Anda tidak akan pernah ingin untuk mengambilnya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “How borrowing money each month can quickly ruin your finances” karya Devin Thorpe.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Bagaimana Meminjam Uang Setiap Bulan Bisa Memperburuk Keuangan Anda dengan Cepat

Pembahasan ini menyoroti pentingnya anggaran mengontrol pengeluaran Anda dan perlunya bagi keluarga untuk membuat beberapa pengorbanan bersama untuk membantu Anda sampai keuangan Anda sehat kembali.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr