Ibu hamil, tetaplah berbahagia!

Kehamilan itu adalah fase yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Meski pada kenyataannya, lebih banyak kelelahan yang terasa. Namun segera singkirkanlah semua bentuk keluhan, sebab ibu hamil harus bahagia. Agar anak pun tumbuh dengan baik.

1,098 views   |   7 shares
  • Saat Anda melihat dua garis merah di test pack, sudah pasti ada kebahagiaan membuncah di hati. Anda akan segera menimang seorang anak, dan menjadi ibu. Kebahagiaan pun pasti dirasakan oleh setiap anggota keluarga bahkan para kerabat.

  • Namun, biasanya, memasuki masa kehamilan berikutnya, mulailah rasa kelelahan melanda. Ya, sebab pada umumnya, di trimester pertama kehamilan Anda akan merasakan mual, mudah mengantuk dan sulit beraktivitas karena badan terasa lemas. Trimester berikutnya mual mulai hilang, namun bayi di perut mulai terasa berat.

  • Hidup, bukan dongeng. Kebahagiaan hamil bisa jadi pupus dengan kenyataan tersebut. Saat Anda sudah merasakan hal ini, tenangkan diri, tarik nafas dalam-dalam dan ingatlah bahwa Anda adalah seorang ibu. Anda akan mendapatkan hadiah terbesar dan kebahagiaan tidak terkira, saat nanti tiba saatnya buah hati Anda lahir ke dunia.

  • Maka, tugas Anda untuk menjaganya sejak masih berada di dalam kandungan. Bayangkan, Anda, dipercaya oleh Tuhan untuk menjadi segalanya bagi seorang manusia baru. Anda adalah manusia terpilih yang diberikan kesempatan untuk memerbaiki dunia. Akan jadi seperti apa anak itu, jika sejak dalam kandungan ia terbiasa mendengar keluhan dan ketidakbahagiaan dari penjaganya? Satu-satunya manusia yang ia kenal dan ia akan percaya untuk jadi pelindungnya.

  • Pendidikan anak dimulai sejak ia masih berbentuk embrio dengan detak jantung kecil yang berdenyut pelan. Berikan ia yang terbaik, sejak saat itu tiba. Maka ia pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik. jauhkanlah ia dari segala marabahaya yang dapat mencelakakannya sejak masih menjadi bagian dari diri Anda, di rahim Anda.

  • Caranya? Makanlah makanan sehat, perbanyak serat, cukup istirahat, dan berikan ia tuntunan emosi yang tidak kalah sehat. Selelah apapun Anda menggotongnya ke sana ke mari, jangan tunjukan itu pada si janin. Ajaklah ia bicara, dan bicarakanlah hal-hal yang menyenangkan. Ajari ia kearifan dan kebahagiaan. Ajak ia tertawa dan bersenang-senang.

  • Perbanyaklah membaca buku pengetahuan, dan bacakan itu pada si calon bayi. Ajak ia mempelajari dunia dan segala keindahannya. Ajak ia bertamasya dan menghirup udara segar. Perdengarkanlah musik-musik yang menenangkan dan suara tawa canda orangtuanya. Setiap kali terasa dorongan ingin marah, lupakanlah. Tetaplah berusaha keras untuk ikhlas. Karena emosi akan terasa hingga jauh di dalam sana. Anak akan belajar untuk meniru apa yang ibunya rasakan, sejak ia masih di dalam perut.

  • Advertisement
  • Ingatlah, ia adalah bagian dari Anda. Ia akan menyerap segala hal yang Anda contohkan. Ia akan mempelajari segala hal yang Anda rasakan. Ia akan menjadi Anda, versi mini. Lalu apa yang Anda harapkan darinya? Anak yang gemar mengeluh dan marah, atau anak yang bahagia?

  • Ajak ia berdoa, dan mengenal Tuhannya. Bawalah ia ke tempat peribadatan dan melakukan ibadah sebanyak-banyaknya. Agar ia tumbuh menjadi pribadi yang takut pada Tuhan dan aturan-Nya. Sehingga ia dapat menjadi manusia yang taat dan selalu ingat bahwa apapun yang dilakukannya akan dicatat dan dibalas dengan setimpal.

  • Bahagiakan diri Anda, karena kebahagiaan bukan berasal dari luar, namun dari dalam diri sendiri. Anda tidak perlu meyalahkan siapapun jika Anda tidak mendapatkan segala fasilitas atau keinginan Anda. Bahagiakan diri Anda dengan atau tanpa kenikmatan dari luar. Apapun yang Anda dapatkan, jagalah hati Anda agar tetap ceria. Karena anak Anda adalah tanggung jawab Anda. Dan Anda akan lebih bahagia lagi, jika nanti ia tumbuh menjadi anak yang menyenangkan.

  • Selamat menjalani kehamilan, dan jangan lupa tersenyum. Kapanpun dan di manapun.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Ibu hamil, tetaplah berbahagia!

Kehamilan itu adalah fase yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Meski pada kenyataannya, lebih banyak kelelahan yang terasa. Namun segera singkirkanlah semua bentuk keluhan, sebab ibu hamil harus bahagia. Agar anak pun tumbuh dengan baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr