Berbagi dengan srategi

Saling berbagi adalah kewajiban setiap manusia. Namun, tak semua orang yang meminta harus dibagi. Sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada strategi yang harus diterapkan agar bantuan dapat digunakan optimal. Apa sajakah itu?

803 views   |   1 shares
  • Sharing is caring. Ya benar. Punya kebiasaan berbagi kepada sesama adalah hal yang amat baik. Bahkan sangat dianjurkan. Namun ternyata tidak bisa sembarang berbagi. Kegiatan yang terpuji ini juga butuh strategi.

  • Mengapa?

  • Sebab tak semua orang bisa memanfaatkan hasil yang kita berikan, dengan sebaik-baiknya. Tidak semua orang memiliki kemampuan memberdayakan dirinya, dan memanfaatkan bantuan sebagai modal agar nantinya mandiri dan tidak perlu lagi meminta pertolongan. Masih banyak orang yang merasa nyaman dengan menjalani hidup dari belas kasih orang lain. Mereka berhenti berusaha, berhenti mencoba untuk berdiri di atas kakinya sendiri, sebab akan selalu ada orang yang akan membagi hartanya dengan mereka.

  • Maka, sebelum memberikan bantuan, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Krusial atau tidak?

  • Misalnya seseorang datang dan meminta bantuan dana pada kita. Tanyakan dengan jelas, dana tersebut untuk apa, lalu akan seperti apa mereka gunakan dana tersebut. Malahan, jika ada waktu dan kesempatan, kenali dengan benar siapa orang ini dan latar belakang keluarganya. Memberi bantuan dana untuk seorang anak yang nyaris putus sekolah, tentu lebih penting ketimbang memberikannya pada anak seorang asisten rumah tangga yang ingin les matematika. Sebab, les bukan sesuatu yang krusial. Ketimbang menyokong dananya, lebih baik berikan solusi. Misalnya, membelikan buku pelajaran, lalu berikan tips cara belajar yang efektif.

  • Jika bantuan untuk kebutuhan yang kurang penting seperti itu, terus kita berikan, maka ia akan kehilangan kreativitas. Ia akan kehilangan kemampuan bertahan hidup, dengan berusaha sendiri.

  • Cari orang yang benar-benar membutuhkan

  • Memberi bantuan, seharusnya memang tidak memilih-milih siapa dan apa latar belakangnya. Namun, masih banyak di sekitar kita yang sebenarnya masih memiliki kemampuan bekerja dan berusaha lebih keras lagi, hanya terlalu malas untuk bekerja giat. Bantuan untuk sepasang jompo yang sudah tak bisa bekerja tentu lebih penting ketimbang sepasang remaja yang baru menikah dan sehat.

  • Berbagi ilmu, sama nilainya dengan berbagi harta

  • Jika masih ada waktu di sela-sela kesibukan kita, tak ada salahnya untuk mengundang anak-anak tidak mampu yang tinggal di sekitar kita untuk belajar bersama. Atau turut serta dalam kegiatan-kegiatan LSM, badan amal, dan sejenisnya yang kini banyak bergerilya melakukan aktivitas pendidikan. Sebab dengan memberikan ilmu yang kita miliki, kepada orang-orang yang punya kesungguhan hati untuk belajar, akan membantu masa depan mereka.

  • Advertisement
  • Budaya hidup dari belas kasih seseorang, bisa hilang begitu saja jika mereka tumbuh menjadi orang yang berpendidikan.

  • Memberikan sumbangan ke yayasan atau lembaga terpercaya, kadang lebih efektif

  • Terutama lembaga yang sudah mendirikan sekolah, rumah sakit, atau melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat. Apalagi jika kita sendiri sibuk dan tidak punya waktu untuk mengenal peminta sumbangan, atau berbagi ilmu dengan mengajar. Biasanya, lembaga ini sudah punya prosedur survei dan tidak sembarangan menggunakan dana donasi.

  • Strategi tersebut sebaiknya dilakukan bukan karena perhitungan atau tebang pilih. Justru penting, demi mencegah timbulnya rasa sulit percaya pada orang lain karena pernah tertipu. Kapok berbagi, akan lebih parah ketimbang menerapkan strategi dalam berbagi. Apalagi, setiap kita punya kewajiban juga untuk saling mendidik.

  • Iya, mendidik sesama agar punya keinginan belajar, berhenti mengandalkan pemasukan dari belas kasih orang lain, keinginan untuk mandiri dan bertanggung jawab pada diri sendiri juga keluarganya, serta kewajiban untuk mengingatkan bahwa hidup dengan mengandalkan pemberian orang lain akan membuat seseorang lebih mudah patah arang. Tidak mau berusaha keras, biasanya dekat dengan tindakan kriminal. Kasus bunuh diri, meninggalkan anak, dan meninggalkan orangtua yang sudah renta biasanya juga dilakukan orang-orang yang menyerah pada kesulitan hidup.

  • Kewajiban setiap manusia juga untuk mengingatkan bahwa Tuhan selalu ada untuk setiap mahluk-Nya. Maka, mari kita berbagi. Sebanyak-banyaknya yang bisa dibagi. Tapi jangan lupa, berbagi dengan strategi.

Bantu kami menyebarkan

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Berbagi dengan srategi

Saling berbagi adalah kewajiban setiap manusia. Namun, tak semua orang yang meminta harus dibagi. Sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada strategi yang harus diterapkan agar bantuan dapat digunakan optimal. Apa sajakah itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr