Sarapan penuh nutrisi terbukti dukung anak jadi lebih produktif

Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum sebelum kita memulai aktivitas fisik dan rutinitas sehari-hari. Sarapan merupakan asupan paling penting yang bahkan dapat menentukan produktivitas seseorang sepanjang hari.
  • Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum sebelum kita memulai aktivitas fisik dan rutinitas sehari-hari. Para ahli setuju bahwa sarapan merupakan asupan paling penting yang bahkan dapat menentukan produktivitas seseorang sepanjang hari. Bagi anak-anak, sarapan dapat membentuk perilaku makan sehat dan juga berkontribusi terhadap pembentukan berat badan dan produktivitas Si Kecil.

  • Menurut Nutrisionis, Victoria Djajadi MnutrDiet., APD, sarapan bernutrisi merupakan kunci awal agar anak semangat menjalani aktivitasnya. "Bagi anak, terutama di usia sekolah, sarapan bernutrisi sangat penting karena dapat meningkatkan fungsi kognitif yang dapat dilihat dari tingkat kehadiran serta prestasi yang lebih baik. Sebagai asupan paling penting dalam sehari, sarapan membantu terciptanya perilaku makan sehat dan berkontribusi terhadap pembentukan berat badan sehat," jelasnya dalam konferensi pers KRAFT.

  • Ia menambahkan, sarapan tidak boleh dilewatkan oleh anak maupun orang dewasa, dan harus dilakukan sebelum jam 9 pagi. Ia juga menjelaskan tentang kriteria sarapan bernutrisi yang harus memenuhi kombinasi beberapa asupan, yaitu karbohidrat, serat, dan protein.

  • Menurutnya, Sarapan harus mencakup karbohidrat, serat, dan protein. Karbohidrat bisa didapat dari roti atau nasi, serat bisa didapat dari buah dan sayuran, sedangkan protein bisa didapat dari susu, telur, atau keju. Selain itu, jangan lupa perhatikan porsi makan saat sarapan. Ini bisa menjadi acuan bagi para ibu yang bertugas menyiapkan sarapan untuk keluarga setiap paginya.

  • Selain meningkatkan produktivitas anak, sarapan bernutrisi juga disebut bisa mengurangi risiko seorang anak mengalami lethargy syndrome, yaitu keadaan dimana anak merasa tidak bertenaga, lemas, lesu, merasa ngantukatau letih.

  • "Lethargy syndromedapat terjadi terutama saat otak tidak tercukupi kebutuhan energinya dan sebagian otot-otot lemas karena kurangnya protein. Hal ini bisa mengakibatkan rendahnya konsentrasi, lamban berpikir dan bergerak; bahkan bisa menyebabkan mood swing.Agar terhindar dari keadaan tersebut, ibu harus memastikan anak-anak mengonsumsi sarapan bernutrisi setiap hari, sehingga anak memiliki energi cukup untuk memulai aktvitasnya," tambah Victoria.

  • Dalam kesempatan yang sama, Donna Agnesia, sebagai Brand Ambassadorkeju KRAFT juga berbagi pengalaman menyiapkan sarapan bernutrisi untuk anak-anaknya. Sebagai seorang ibu, ia mengaku selalu ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya, termasuk menyiapkan sarapan bernutrisi bagi ketiga buah hatinya. "Setiap hari saya meluangkan waktu menyiapkan sarapan bernutrisi bagi mereka. Ketika anak-anak mendapatkan sarapan bernutrisi di pagi hari; mereka akan lebih fokus mengikuti pelajaran di sekolah, lebih berprestasi dan semangat menjalani aktivitas mereka yang cukup padat," ungkap Donna.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Sarapan penuh nutrisi terbukti dukung anak jadi lebih produktif

Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum sebelum kita memulai aktivitas fisik dan rutinitas sehari-hari. Sarapan merupakan asupan paling penting yang bahkan dapat menentukan produktivitas seseorang sepanjang hari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr