Vaksinasi anak justru bisa ringankan beban keuangan keluarga

Tahukah Anda? Sebanyak 1,4 juta kematian anak di bawah usia 5 tahun yang terjadi setiap tahunnya ternyata disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.
  • Tahukah Anda? Sebanyak 1,4 juta kematian anak di bawah usia 5 tahun yang terjadi setiap tahunnya ternyata disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Penyakit tersebut di antaranya difteri, tetanus,pertusis, hepatitis B, rotavirus, infeksi pneumokokus, polio, haemophilus influenzae type b, hepatitis A, influenza, dan kanker serviks. Itulah mengapa, kampanye akan pentingnya pemberian vaksinasi terus digaungkan oleh berbagai pihak, baik dokter, aktivis kesehatan, penggiat parenting, dan lainnya.

  • "Untuk menciptakan kekebalan terhadap infeksi suatu penyakit, tubuh perlu mengenal mikroorganisme yang dimasukkan melalui vaksinasi. Dan, pengenalan itu harus dilakukan secara berkala sejak anak baru lahir hingga sepanjang hidupnya. Setelah divaksinasi, seorang anak memang tetap bisa terkena penyakit tertentu, namun risikonya tidak terlalu parah," jelas dr. Piprim Basarah Yandarso, Sp.A (K), sekretaris IDAI, dan pendiriRumah Vaksinasi dalam acara Kampanye Smart Parents 2015 yang digelar GSK Indonesia.

  • Di dalam kesempatan tersebut, dr. Piprim pun menjelaskan mengenai 6 manfaat vaksinasi yang tidak hanya berguna bagi kesehatan anak, tetapi juga dapat mengurangi beban finansial yang harus dikeluarkan. Apa saja manfaat tersebut?

  • Berikut penjelasanya.

    1. Vaksinasi dipastikan dapat mengurangi jumlah penderita yang terjangkit penyakit tertentu. Jadi semakin banyak anak yang divaksinasi, semakin banyak pula anak yang kebal terhadap suatu penyakit, sehingga jumlah penularannya pun akan menurun.

    2. Ungkapan "mencegah lebih baik daripada mengobati" adalah benar adanya. Biaya perawatan yang akan dikeluarkan jika seorang anak terjangkit suatu penyakit tentu akan lebih besar daripada biaya 1 kali vaksinasi.

    3. Dengan melakukan vaksinasi secara lengkap, anak akan terhindari dari kecacatan yang mungkin mengintainya, seperti polio.

    4. Memberikan vaksinasi secara lengkap kepada seorang anak dapat menghindarinya dari pengobatan jangka panjang yang harus dilakukan jika sudah terkena suatu penyakit.

    5. Vaksinasi dapat meningkatkan produktivitas seorang anak. Tanpa vaksinasi, ia mungkin akan lebih mudah terserang kuman dan harus melakukan pengobatan yang akan menghambat aktivitasnya.

    6. Jika anak jarang sakit, biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan tentu lebih sedikit. Orangtua pun dapat menggunakan biaya tersebut untuk kebutuhan lain, seperti menyiapkan pendidikan anak.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Vaksinasi anak justru bisa ringankan beban keuangan keluarga

Tahukah Anda? Sebanyak 1,4 juta kematian anak di bawah usia 5 tahun yang terjadi setiap tahunnya ternyata disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr