Membuat daftar permintaan kado... Pantas nggak sih?

Merasa bingung saat harus membelikan kado pada orang lain, karena kita tidak tahu kebutuhannya? Hal ini bisa sangat merepotkan, karena semua ingin kadonya terpakai. Solusi terbaik adalah membuat wish list!

730 views   |   shares
  • Ketika diundang menghadiri acara pernikahan, kelahiran bayi, ulang tahun, maupun perayaan rumah baru, bukannya senang, tapi kita malah kebingungan. Bingung harus membawakan kado apa karena tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh sang pengundang.

  • Yang diundang akan merasa segan bertanya, sementara pihak penerima juga merasa segan meminta. Maka, biasanya hadiah yang diberikan banyak yang tak terpakai, dan menumpuk begitu saja. Sayang, kan?

  • Ada satu solusi yang bisa diadopsi dari budaya barat untuk mengatasi hal ini: memberikan wish list atau daftar keinginan secara tertulis, misalnya social media maupun blog. Hal ini tentunya amat membantu kedua pihak, dan hadiah yang diberikan akan terpakai terus karena sesuai kebutuhan.

  • Yang penting, kita tidak boleh merasa segan. Menulis daftar keinginan bukan berarti meminta-minta. Daripada barang yang diberi tak terpakai, akan lebih baik jika pihak pemberi sudah tahu sejak awal benda apa saja yang dibutuhkan.

  • Ini artinya, pihak pengundang harus mendata dengan benar barang yang dibutuhkan dan diinginkan. Setelah itu, siapkan wishlist berupa barang-barang yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda memersiapkan kehadiran seorang bayi, Anda bisa menulis stroller, gendongan bayi, mainan, buku dan lain sebagainya sebagai wish list.

  • Hal penting lainnya adalah, sebaiknya berikan beberapa alternatif untuk barang yang dicantumkan dalam wish list karena tidak semua calon pemberi mampu memenuhi keinginan Anda. Contohnya Anda ingin memiliki sebuah stroller dengan kualitas terbaik, namun harganya amat mahal. Ada baiknya jika Anda juga memberikan alternatif seperti, menerima barang bekas dengan kondisi yang masih baik, atau jenis strollerlain yang lebih murah.

  • Ini akan memudahkan para calon pemberi untuk menyesuaikan diri. Ada pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial maupun waktunya. Toh Anda juga tidak bisa memaksakan seseorang memberi barang-barang mahal, yang sengaja Anda letakkan di daftar keinginan, karena Anda sendiri tidak mampu membelinya.

  • Selain itu juga, ada saatnya memberikan pilihan terbuka dalam wish list. Misalnya "kebutuhan kosmetik bayi yang aman tanpa bahan kimia", jelaskan maksud bahan kimia yang tidak Anda inginkan, lalu biarkan calon pemberi mencari barang tersebut dari banyak pilihan produk yang ada. Kadang, pemberi hadiah juga tetap ingin memberi kejutan, agar masih terasa suasana "ritual" pemberian hadiah.

  • Advertisement
  • Ada juga pemberi yang ingin berusaha mencarikan sesuatu yang manis, menarik dan menurutnya baik bagi Anda, calon penerima. Maka, kadang, bebaskan saja isi kemasan berpita itu, namun tetap dibatasi dengan koridor sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

  • Terakhir, jangan berharap terlalu banyak. Wish list hanya berisi daftar barang yang Anda butuhkan, untuk memudahkan. Selanjutnya terserah pihak pengunjung ingin memberi hadiah atau hanya datang berkunjung dan membawa buah-buahan atau sekadar buah tangan. Jika ada barang-barang dari wish list yang tidak terpenuhi, ya biarkanlah. Mungkin memang Anda harus membelinya sendiri.

  • Jadi, tunggu apalagi? Mari mulai menyusun daftar permintaannya!

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Membuat daftar permintaan kado... Pantas nggak sih?

Merasa bingung saat harus membelikan kado pada orang lain, karena kita tidak tahu kebutuhannya? Hal ini bisa sangat merepotkan, karena semua ingin kadonya terpakai. Solusi terbaik adalah membuat wish list!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr